[LAST DAY] PAYDAY SURPRISE SALE!
Belajar Data 6 Bulan Hanya Rp. 99K
0 Hari 17 Jam 40 Menit 45 Detik

Peran Penting Data Science di Ragam Sektor Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 06-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e156f9bd464324c91e07bfaac1263a4b_x_Thumbnail800.jpeg

Di era digital seperti ini pertumbuhan data semakin hari semakin banyak dan juga cepat. Maka diperlukan suatu wadah untuk mengolah data ini. Data Science adalah jawabannya, karena data science ini memiliki peranan yang cukup penting di beberapa sektor salah satunya adalah sektor bisnis. Contoh yang bisa diambil dari sisi sektor bisnis ini adalah data penjualan, data para konsumen, data produk, data karyawan, dan data lainnya. 


Proses pengolahan data ini juga haruslah dilakukan secara baik dengan menggunakan teknik pengolahan data yang sesuai dengan jenis data dan tujuan dari penelitian tersebut. Setelah mendapatkan hasil dari analisisnya, nantinya hasil tersebut akan bisa disimpulkan atau bisa menjadi sebuah bahan pertimbangan untuk menjadi sebuah strategi pemasaran. Selain hal tersebut apalagi sih yang membuat Data Science ini dapat membantu sektor bisnis? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasnya. Jadi simak terus artikel dibawah ini.


1. Menganalisis Peluang Bisnis

Dengan menggunakan ilmu data science ini memungkinkan perusahaan untuk mencari sebuah peluang lebih di dalam bisnis ini. Data scientist adalah salah satu profesi yang bisa membantu menganalisis peluang bisnis di dalam perusahaan. Nantinya data scientist akan mempertanyakan bagaimana proses dan juga asumsi yang ada untuk tujuan mengembangkan sebuah metode tambahan dan juga bagaimana algoritma analitiknya. Profesi ini dituntut untuk terus-menerus meningkatkan nilai yang diperoleh perusahaan untuk bisnis mereka.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Mengambil Sebuah Keputusan

Dengan adanya ilmu data science dan juga profesi data scientist ini, pengumpulan dan juga analisis datanya dari berbagai macam saluran yang sudah mengesampingkan sebuah kebutuhan untuk mengambil resiko yang cukup tinggi dalam bisnis. Data scientist ini akan membuat model dengan menggunakan data yang sudah dikumpulkan ataupun data yang sudah ada dan mensimulasikannya di berbagai macam tindakan potensial, dengan menggunakan cara ini perusahaan akan dapat dengan mudah untuk mempelajari jalur mana yang akan memberikan sebuah hasil bisnis yang terbaik bagi mereka.


3. Tercapainya Kepuasan Konsumen

Dengan menggunakan ilmu data science memungkinkan perusahaan dapat dengan mudah untuk mengetahui kebutuhan konsumennya seperti apa. Karena salah satu kunci utama dalam suatu bisnis adalah mempertahankan kepuasan dari konsumen. Cara agar mempertahankan kepuasan konsumen adalah dengan mempelajari pola perilaku dari para konsumen di dalam big data yang sudah di analisis.  Data science juga bisa membantu para tim sales dan juga marketing untuk memahami kebutuhan para konsumen seperti apa secara rinci. Pengetahuan ini akan menjadi sebuah modal yang berharga agar bisa menciptakan pengalaman sebaik mungkin untuk para konsumen mereka.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Meningkatkan Kualitas SDM Perusahaan

Data science ini tidak hanya berfokus pada satu hal dalam bisnis, tetapi data science ini membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya di dalam perusahaan. Pastinya perusahaan akan menerima begitu banyak CV yang hampir setiap hari masuk dan keluar. Tentu hal ini kurang begitu efisien, jika perusahaan membutuhkan karyawan secepatnya. Dengan menggunakan ilmu data science akan mampu untuk menyelesaikannya dengan menggunakan pemodelan khusus untuk mengenali calon karyawan yang memiliki kemampuan tertentu sesuai dengan perusahaan butuhkan. Selain cepat dan efisien, dengan menggunakan data science ini bisa memudahkan perusahaan untuk mendapatkan kandidat yang benar benar-benar tepat untuk perusahaan karena lebih akurat dibandingkan dengan cara manual.


Gimana sahabat DQ? Kamu bisa belajar lebih lanjut terkait data science dan rangkaian skillset untuk menjadi praktisi data. DQLab merupakan salah satu situs belajar online yang tepat kamu pilih terutama jika kamu adalah seorang pemula atau profesional yang ingin beralih profesi sebagai praktisi data. Karena pembelajaran DQLab berfokus dengan pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti python dan R.


Selain itu juga merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasikan fitur ChatGPT. DQLab juga menerapkan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome Based yang dirancang ramah untuk pemula. Sehingga membuat kamu terlatih berdasarkan trial and error. 


Yuk, langsung saja sign up sekarang mudah banget kok caranya cukup ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Berikan Penilaian Kamu

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :