PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 49 Menit 14 Detik 

Bagaimana Machine Learning Diimplementasikan?

https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6ea71659d986acda724b6bfaee188fe6_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan mesin dapat bekerja secara otomatis dan meniru pola pikir manusia dalam pembuatan keputusan. Untuk bisa membuat keputusan sendiri, mesin ini harus melalui proses pembelajaran terhadap data-data history atau yang dikenal dengan proses training.


Ketika akan membangun model Machine Learning, data yang ada akan dibagi untuk menjadi data yang bisa digunakan untuk training dan data yang bisa digunakan untuk testing atau menguji akurasi dari Machine Learning.


Siapa yang menyangka bahwa Machine Learning telah ada sejak lama? Istilah Machine Learning baru booming di Indonesia seiring dengan terjadinya revolusi industri 4.0 dan lahirnya big data. Padahal istilah Machine Learning sudah diciptakan sejak tahun 1959 oleh Arthur Samuel, dimana Machine Learning ini dianggap sebagai bidang studi yang membuat komputer bisa belajar tanpa harus diprogram secara eksplisit.


Sadar atau tidak, Machine Learning ini sudah sering digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Apa saja sih contohnya? Yuk, simak pembahasannya! 


1. Auto Suggested di Search Engine

machine learning


Search Engine atau mesin pencarian menjadi hal yang sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari, misalnya saja penggunaan Google. Siapa yang tidak pernah menggunakan Google saat ini? Bahkan ketika kita sangat buntu dan tidak memiliki jawaban atas pertanyaan, hal yang akan kita lakukan adalah bertanya pada “Mbah” Google.


Tapi pernahkah kalian memperhatikan ketika kita mengetik keyword tertentu, Google sering memberikan saran atau auto suggest. Contohnya ketika kita mengetikkan kata lokasi, maka Google akan memberikan rekomendasi yang sesuai dengan referensi kita dan juga sering dicari oleh kebanyakan orang, seperti “lokasi vaksin booster”, “lokasi citayam fashion week”, dll. Hal ini termasuk ke dalam contoh penerapan Machine Learning.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Rekomendasi Lagu

machine learning


Bagi yang sering mendengarkan lagu melalui aplikasi musik seperti platform musik dan lainnya, pasti tidak akan asing jika menemukan rekomendasi lagu dari aplikasi yang sesuai dengan preferensi kita atau mirip dengan lagu-lagu yang telah kita dengarkan sebelumnya.


Pada dasarnya, aplikasi-aplikasi ini menggunakan algoritma Machine Learning untuk membuat rekomendasi tersebut. Hal ini diharapkan agar para pengguna betah berlama-lama menggunakan aplikasi tersebut.


3. Chatbot yang Menjadi Customer Service

machine learning

Saat ini posisi Customer Service bisa dikatakan cukup terancam karena sudah mulai digantikan oleh mesin, meskipun belum semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan oleh mesin. Kita pasti sering dihadapkan pada keadaan dimana customer care nya dijawab oleh Chatbot.


Meskipun terkesan kaku, namun banyak pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan bisa terjawab dalam waktu singkat dan dengan jawaban yang tepat. Chatbot ini merupakan salah satu contoh aplikasi yang dibuat dengan menggunakan Machine Learning. Salah satu contoh aplikasi yang menggunakan chatbot ini bisa temukan pada aplikasi AxisNet, salah satu aplikasi dan layanan dari provider Axis.


4. Rekomendasi Orang yang Dikenal pada Sosial Media

machine learning

Facebook merupakan salah satu sosial media yang cukup akrab dengan kehidupan sehari-hari. Tidak hanya banyak digunakan oleh anak muda, namun banyak juga orang tua yang memanfaatkan aplikasi ini. Tidak jarang aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat status, menjalin komunikasi, bahkan untuk mempromosikan barang dagangan.


Dengan memanfaatkan Machine Learning, Facebook dapat merekomendasikan orang yang mungkin kita kenal. Hal ini bisa dilihat dari domisili, teman yang sama, serta hal-hal yang dicari atau dibahas. Wah, keren banget kan?


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa.


Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :