MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 12 Menit : 32 Detik

Bagaimana Peran Data dalam Menghadapi Big Data pada Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 26-Agustus-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eb04f156c82bd4d6d01c96a732d0dd5b_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini Big Data seakan menjadi hal yang penting dalam menentukan strategi dan keberhasilan suatu produk. Penting memahami bagaimana data bisa digunakan dan pengertian dari data itu sendiri seperti apa. Big Data merupakan kumpulan data yang sangat besar yang dapat digunakan dalam menunjukkan bahwa kemampuan perusahaan bersaing dapat dilihat dari seberapa sukses penerapan hasil analisis data tersebut.

Namun apa yang dimaksud dengan data itu sendiri? Dimana data didapatkan? dan Bagaimana data digunakan dalam Big Data? Yuk, kita simak pembahasannya!

1.  Pahami Pengertian Data

Data adalah kumpulan fakta-fakta, seperti angka, kata-kata, hasil pengukuran, hasil pengamatan dan penggambaran hal-hal lainnya yang digunakan sebagai dasar penalaran, pembahasan, atau perhitungan. Di dalam Big Data, data dibutuhkan pada tahap awal sebelum melakukan analisis. Menurut sifatnya, data dapat bersifat kualitatif dan kuantitatif. Sebuah data sangat dibutuhkan untuk dasar dalam pengambilan suatu keputusan dengan raw data yang terorganisasi dan disimpan dalam bentuk digital. Sebenarnya, data seperti apa yang digunakan dalam Big Data?

Baca juga: Data Science: Belajar Analisa Data

2.  Dimana Data Bisa Ditemukan?

Big Data adalah data yang jumlahnya sangatlah banyak dan bentuknya pun juga abstrak, lalu dari mana saja sumber data tersebut? Berikut ini adalah sumber data yang paling sering digunakan oleh Big Data, diantaranya adalah sensor, contohnya seperti CCTV, GPS, detector panas, dan lainnya. 

Sumber lainnya adalah user interface, contohnya adalah aktivitas yang ada di media sosialmu atau aplikasi sejenis yang bisa memproduksi banyak input data, karena setiap klik ataupun aktivitas didalamnya akan berpotensi menjadi data. Dan masih banyak sumber lainnya seperti, transaksi pembelian, machine data, knowledge, media, ilmu pengetahuan dan kesehatan.

3. Bagaimana Data Digunakan di dalam Big Data?

Lalu bagaimana data dari berbagai sumber tersebut dikumpulkan? Bagaimana proses yang tepat agar data bisa digunakan dalam hal menganalisis Big Data? Proses ini dilakukan dengan beberapa tahap dengan menggunakan beberapa tools agar bisa mengumpulkan semua data.

Secara garis besar, terdapat dua teknik yang diperlukan dalam mengolah data yaitu Data Collection dan Data Mining. Data Collection adalah proses pengumpulan data dari web ke dalam suatu database. Software yang biasa digunakan untuk menyimpan data tersebut adalah Hadoop. Dan teknik Data Mining adalah sebuah proses pengumpulan informasi penting dari suatu data yang besar. R, Python, dan Scala adalah tiga program language yang biasa digunakan dalam Data Mining.

Baca juga: Belajar Data Science: Bahasa Pemrograman R Cocok untuk Pemula

4. Persiapkan Diri Menghadapi Era Big Data dengan Mulai Terapkan Ilmunya Belajar Data bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

·       Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab


Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!