PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 44 Menit 17 Detik

Bangun Portfolio Data Scientist dengan 4 Project Ini

Belajar Data Science di Rumah 10-Maret-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/200d8ac6565470070e93707188a0c3e4_x_Thumbnail800.jpeg

Portfolio Data Scientist dapat menjadi golden ticket dan memberi peluang yang lebih besar untuk berkarir di bidang tersebut. Portfolio sendiri merupakan rangkuman informasi mengenai prestasi, hasil karya, kemampuan, pelatihan dan pengalaman kerja yang pernah dijalani. Keahlian dan potensi yang ada dalam portofolio akan terangkum kemudian menjadi bahan perimbangan bagi para recruiter.


Membangun portfolio tentu memerlukan rangkaian project dan pengalaman sesuai dengan profesi yang ingin dilamar. Berikut beberapa project data yang bisa kamu gunakan untuk membangun portfolio yang outstanding pada bidang data scientist. Yuk, simak penjelasan berikut ini!


1. Project Customer Segmentation

Bagi kalian yang ingin menjadi seorang data scientist dan berencana untuk melamar di ranah industri marketing, kalian bisa coba untuk membuat portofolio dalam Data Science in Marketing. Ada ragam manfaat yang bisa diimplementasikan menggunakan data science di ranah marketing.

 Data Scientist


Contoh project pada ranah ini dapat kalian lihat pada module 'Data Science In Marketing: Customer Segmentation' DQLab. Project ini membawa kamu untuk mempelajari metode analisis data untuk membagi data-data customer menjadi beberapa segmen yang bermanfaat bagi bisnis di marketing dan CRM.


2. Project Data Science in Finance

Memberikan nilai tambah pada produk yang ditawarkan pada konsumennya menjadi salah satu hal yang penting dalam suatu bisnis. Data Science membuka peluang baru bagi finance untuk memberikan New Value Added, yakni penambahan nilai ekonomi pada sebuah sebuah produk atau jasa yang ditawarkan pada konsumen. 


Data Scientist


Di DQLab, kamu bisa mengerjakan project yang mempelajari bagaimana melihat performa suatu company setiap bulannya. Pada project ini, kamu akan diposisikan sebagai seorang Data Scientist di suatu perusahaan dan memantau setiap cabang dengan agen yang mencari dan mendata calon mitra yang akan mengajukan pinjaman. Kamu akan mempelajari bagaimana pembuatan laporan untuk mengasah kompetensi analisamu.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

 

3. Project Customer Analytics Report 

Sektor ritel sebagai penyedia barang atau jasa yang digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari sudah sejak lama memulai transformasi digital dalam bisnisnya. Dengan penggunaan model yang tepat, teknologi digital dapat membantu industri ritel mengumpulkan data-data pelanggan yang berharga.


Data Scientist


Dengan memanfaatkan ilmu Data Science, ritel dapat membuat Customer Analytics Report. Customer Analytics Report merupakan sebuah laporan yang menyediakan informasi terkait perilaku konsumen suatu perusahaan/produk dalam periode tertentu. Data-data yang dikumpulkan akan dilihat hubungannya satu sama lain untuk dibuat sebagai pola prediksi konsumen.


4. Project Sales Performance Report

Sales Performance Report atau laporan kinerja penjualan merupakan sebuah laporan yang menyediakan informasi tentang total dan perkiraan penjualan dimana pada kasus ini adalah penjualan pada retail. Metode paling sederhana untuk melacak kinerja penjualan adalah dengan menetapkan tujuan penjualan untuk secara individu atau tim, kemudian mengevaluasi kinerja penjualannya baik secara bulanan atau tahunan


Melalui “Project Data Analysis for Retail: Sales Performance Report” di DQLab, kamu bisa membangun project tersebut dan dijadikan sebagai portofolio data. Dalam project ini, kamu sebagai Data Scientist, ditugaskan manajemen untuk memberikan laporan yang membahas overall sales performance secara umum dan per sub kategori, efektivitas dan efisiensi promosi yang dilakukan selama ini, serta analisis terhadap konsumen.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar



Berkarir menjadi data scientist dapat dimulai dengan menyiapkan skill dan membangun portfolio data. Sahabat data bisa mulai bangun portofolio data dengan Sign Up di DQLab. Nikmati pengalaman belajar Data Science yang menarik dan interaktif dengan live code editor DQLab.


Kamu juga bisa menikmati benefit di berbagai modul DQLab terupdate, mulai dari modul GRATIS hingga platinum!


Tunggu apa lagi? Yuk, Sign Up di DQLab.id sekarang!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login