PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 53 Menit 20 Detik

Bangun Self-Confidence dari Belajar di Bootcamp Python

Belajar Data Science di Rumah 31-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-01-2023-11-01-104513_x_Thumbnail800.jpg

Belajar bahasa pemrograman Python memang terbilang menantang dan sulit. Apalagi kalau kamu adalah orang yang masih newbie dan baru mengenal bahasa pemrograman. Namun, jangan khawatir sahabat DQ!


Walaupun kamu masih newbie dan pemula untuk belajar menekuni bahasa pemrograman Python, ternyata membangun self-confidence atau rasa percaya diri adalah kunci utamanya lho!


Membangun rasa percaya diri (self-confidence) dalam belajar dan menerapkan keterampilan pemrograman adalah langkah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam karir sebagai seorang praktisi data. Salah satu wadah yang bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari keterampilan bahasa pemrograman Python adalah dengan mengikuti bootcamp Python.


Selama masa pembelajaran di bootcamp Python, tentunya peserta akan dihadapkan oleh tantangan yang sulit. Dalam perjalanan belajar coding di bootcamp Python, membangun rasa percaya diri adalah kunci untuk sukses.


Ingatlah bahwa proses belajar memerlukan waktu, dan kesabaran adalah kunci. Dengan praktek yang konsisten, pengetahuan, dan dukungan yang tepat, kamu dapat membangun self-confidence yang kuat dan menjadi seorang praktisi data yang percaya diri dan kompeten.


Mau tahu gimana caranya meningkatkan self-confidence dalam mempelajari bahasa pemrograman Python? Simak artikel ini sampai habis ya sahabat DQLab!


1. Pahami bahwa Kesalahan Adalah Bagian dari Proses

Salah satu langkah pertama dalam membangun rasa percaya diri saat belajar bahasa pemrograman adalah memahami bahwa membuat kesalahan adalah hal yang wajar. Jangan takut untuk membuat kesalahan, karena dari kesalahan inilah kamu bisa belajar.


Kesalahan adalah peluang untuk memperbaiki diri dan menjadi seorang programmer yang lebih baik. Salah dikit nggak ngaruh, yang penting kamu paham sama apa kesalahan yang kamu alami dan perbaiki lagi ketika mendapatkan problem yang serupa.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


2. Berlatih dan Berlatih Lagi

Kepercayaan diri dalam mempelajari bahasa pemrograman muncul apabila kita sering-sering latihan dan praktek yang konsisten. Luangkan waktu untuk berlatih coding setiap hari.


Tantang diri kamu untuk menuntaskan proyek-proyek kecil dan meningkatkan kompleksitasnya seiring waktu. Semakin banyak yang kamu pelajari, latih, dan praktekkan, semakin percaya diri kamu dalam menangani kode apapun.


3. Belajar Bersama dengan Rekan Sejawat

Belajar bersama dengan orang lain dapat membantu dalam membangun self-confidence. Diskusikan proyek dan tantangan dengan teman-teman satu kelas di bootcamp. Bekerjasamalah dalam memecahkan masalah dan memberikan dukungan satu sama lain.


Jika ada teman yang bisa dan sedikit mahir dalam bahasa pemrograman, sebisa mungkin luangkan waktu untuk mendukung temanmu yang belum bisa. Berbagi pengalaman dan solusi dapat menguatkan keyakinan dirimu bahwa belajar bahasa pemrograman memang tidak sesulit yang ia bayangkan sebelumnya.


Python

Sumber Gambar: freecodecamp


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


4. Ikut Proyek yang berhubungan dengan Kelas di Bootcamp

Selain tugas-tugas dalam bootcamp, cobalah untuk memulai proyek pribadi yang kamu minati. Hal ini memungkinkan kamu untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari dengan cara sesukamu dan senyaman kamu.


Bangun proses belajar yang menyenangkan sehingga membuat kamu tidak bosan dalam mempelajarinya lagi dan lagi. Melihat hasil dari proyek kamu sendiri akan meningkatkan rasa percaya dirimu dalam menggali belajar bahasa pemrograman secara konsisten. 


Proyek dalam bootcamp biasanya diberikan waktu yang terbatas sehingga peserta tidak mungkin bisa mengeksplor lebih banyak. Apabila kamu belajar mandiri dan mencoba proyek sesuai dengan apa yang sudah dipelajari, kamu jadi bisa mengukur diri, kira-kira sudah baikkah sintaks yang ku ketikkan dalam environment yang ada?


Masih asing saat menulis code di python? Atau ingin membiasakan diri dengan environment python? Yuk biasakan diri kamu menulis dan membangun code python dengan modul dari DQLab


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa mencoba menulis code python secara langsung dengan berbagai case yang banyak dikerjakan di berbagai bidang industri. 


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login