TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 15 Menit 22 Detik 

Basic Skill Data Scientist yang Harus Dikuasai Untuk Menjadi Praktisi Data Idaman

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a7f5e0628cb669846b3e7bd44b0074d1_x_Thumbnail800.png

Dalam perkembangan zaman pada saat ini, manusia dituntut untuk berkompetisi dalam mengikuti kemajuan zaman. Perkembangan kecanggihan teknologi di era transformasi digital ini membuat orang-orang secara langsung maupun tidak langsung memudahkan kegiatan keseharian. Termasuk jika kamu ingin berkarir di bidang Data Scientist, profesi yang berperan dalam mengumpulkan data yang nantinya akan diolah dan dianalisis yang pada akhirnya hasil analisis digunakan sebagai informasi bagi perusahaan. Peningkatan jumlah data yang semakin meningkat ini dapat menjadi informasi jika dikelola oleh Data Scientist. Dalam melakukan tanggung jawabnya, Data Scientist pastinya harus memiliki kemampuan yang dapat menunjang pekerjaan ini.


Pada beberapa perusahaan, profesi Data Scientist memiliki definisi yang berbeda-beda tergantung dari ukuran perusahaan tersebut. Seperti di startup peran Data Scientist berbeda dengan Data Scientist di perusahaan multinasional yang biasanya memiliki tim data yang lebih besar. Kompetensi Data Scientist sangat diperlukan oleh Data Scientist sebagai dasar atau ilmu untuk melakukan proses analisis data. Dalam melakukan tugasnya Data Scientist perlu mempersiapkan ilmu baik itu hard skill maupun soft skill.


Jika profesi ini sangat menarik bagimu, maka ada baiknya kamu mempersiapkan dirimu dengan meningkatkan kemampuan yang diperlukan oleh seorang Data Scientist. Seperti apa kemampuan yang wajib kamu kuasai? Yuk simak pembahasan berikut ini!



1. Berpikir Seperti Seorang Data Scientist

Untuk menjadi seorang Data Scientist, kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan berharga dalam profesi yang menjadi favorite kebanyakan orang belakangan ini. Berpikir kritis berarti memandang seluruh sudut permasalahan dan mempertimbangkan sumber datanya. Pemikiran yang kritis dapat membingkai persoalan dengan tepat dan menguasai bagaimana persoalan tersebut berhubungan dengan bisnis yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam tindakan. Kemampuan berpikir kritis dan terstruktur sangat membantu Data Scientist dalam menemukan solusi dari permasalahan. Hal ini menjadi dasar utama yang perlu dimiliki seorang Data Scientist untuk menghasilkan suatu output yang insightful.

Selain itu, dalam menganalisa data diperlukan untuk memperbaiki perencanaan serta pengawasan, mengidentifikasi masalah, dan mengidentifikasi kapan dan seperti apa tindakan yang diperlukan. Kandidat yang dipilih suatu perusahaan adalah kandidat yang dapat berpikir sebagai Data Scientist, artinya kandidat yang dipilih dapat berpikir sebagai problem solver yang menggunakan metode-metode dengan alasan yang tepat untuk memecahkan suatu permasalahan di perusahaan. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memahami Matematika, Analisis Statistik dan Menguasai Tools & Pemrograman Dasar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa analisis statistik diperlukan untuk memperbaiki perencanaan serta pengawasan, mengidentifikasi masalah dan mengidentifikasi kapan tindakan perlu dilakukan. Memahami bahasa pemrograman adalah hal mutlak dalam hal ini. Di perusahaan manapun seorang Data Scientist bekerja, kemampuan akan programming sudah menjadi suatu keharusan guna mempermudah proses pengerjaan data. 

Adapun tools analisis populer yang sebaiknya kamu pahami seperti Bahasa pemrograman Python atau R, Matlab, Octave dan bahasa database seperti SQL, Microsoft Excel, SPSS, Hadoop, SAS, Hive, Spark, dan Pig. Akan tetapi, biasanya perusahaan mensyaratkan para Data Scientist agar minimal memahami C//C++, Python, SQL dan R. 

Seperti pemrograman, kemampuan statistik dan matematika berperan penting dalam Data Science. Ilmu matematika sangat perlu dipahami oleh para Data Scientist dalam mengolah suatu data. Data akan dikelola menggunakan model matematis dan statistik agar lebih mudah melakukan data mapping sesuai tipe data.


3. Data Mining dan Algoritma Machine Learning

Bagi seorang Data Scientist yang bekerja di perusahaan dimana produknya bersifat data driven seperti Google Maps, Netflix, atau Gojek sangat membutuhkan algoritma Machine Learning untuk memproses data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar. Maka dari itu seorang Data Scientist harus bisa memahami Machine Learning untuk dikembangkan dan dipakai dalam sebuah konsep AI (Artificial Intelligence) dan juga Data mining.

Bicara soal Data mining, teknologi ini merupakan proses penambangan data untuk menemukan sebuah pengetahuan yang berharga dan tersembunyi dengan menganalisis sejumlah data yang disimpan dalam database. Terdapat beberapa teknik dan algoritma Data Mining yang perlu dipahami dan diterapkan dalam proses analisis data seperti AI, Machine Learning, dan statistik. 


4. Pengetahuan Bisnis dan Visualisasi, Komunikasi yang Baik

Ketiga poin sebelumnya merupakan beberapa contoh basic skill yang perlu dimiliki oleh Data Scientist. Kemampuan satu ini juga tidak kalah penting untuk dikuasai sebelum merintis karir menjadi Data Scientist yaitu ketelitian dalam melihat detail data yang akan dikelola, pemahaman bisnis sehingga mampu memprioritaskan masalah yang perlu diselesaikan, komunikasi yang baik agar dapat menyampaikan hasil analisis dengan jelas dan tepat sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau oleh pihak perusahaan.

Oleh karena itu seorang Data Scientist, perlu memiliki kemampuan komunikasi dan visualisasi data. Terlebih jika perusahaan tempat kamu bekerja membutuhkan data yang akurat dalam menentukan kebijakan perusahaan dan stakeholder lain perlu memahami insight apa yang didapat dari hasil pengolahan data. Jadi sudah jelas ya memiliki kemampuan komunikasi dan visualisasi data merupakan skill dasar yang juga sangat penting. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Persiapkan Dirimu Menjadi Data Scientist Idaman Perusahaan Bersama DQLab

Ilmu Data Science akan sangat menguntungkan bagi kalian yang sedang ingin mempelajari suatu hal yang baru, namun diperlukan keseriusan agar tidak sia-sia. Kalian bisa mulai belajar Data Science dari awal hingga menjadi expert di DQLab, dengan SIGN UP di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi awal kalian di DQLab. Ayo, belajar Data Science bersama DQLab dan raih jenjang karir tertinggi dari salah satu profesinya!


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!