GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 31 Menit 11 Detik 

Beasiswa Tetris Jebolkan Kevin Bennett Berkarir Jadi Data Analyst Intern

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a5e37ba2d7017433fd4ec1a6175aeb7f_x_Thumbnail800.jpg

Tak ada salahnya mempersiapkan diri untuk siap menjadi seorang praktisi data profesional sejak dini. Seperti pemilik nama lengkap Kevin Bennet Haryono, yang mengambil satu langkah lebih maju diantara teman-temannya. Kevin yang kini masih duduk di bangku kuliah semester 4 memilih untuk menjalani status barunya sebagai karyawan internship sebagai Data Analyst di salah satu perusahaan e-commerce penyedia barang-barang kebutuhan rumah tangga, RupaRupa.com, khususnya fokus pada PT ACE Hardware.


Perlu diketahui nih, Sahabat DQ, Kevin merupakan salah satu alumni program beasiswa DQLab, Tetris Batch 1 yang berhasil meraih kesempatan internship. Sebelum mengikuti program beasiswa ini, ia sudah lebih dulu mengikuti berbagai kursus data science.


Seperti apa ya cerita perjuangan di balik kesuksesan seorang Kevin yang sudah bisa menembus industri data di usianya yang masih terbilang belia?


1. Mengatur Time Management antara Kuliah & Tetris

Sebagai mahasiswa aktif, tentu mengatur time management adalah hal yang harus diperhatikan, antara jam kuliah dengan jam belajar intensif yang diberikan Tetris Program. Tapi Kevin mengaku, ia lebih memprioritaskan waktu kuliahnya.


Pagi hari sudah menjadi jadwal Kevin untuk mengikuti kelas secara online. Ditambah saat itu ia sedang padat-padatnya mempersiapkan diri menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS). Di sela-sela waktu kuliah itulah ia mencicil pelajaran dari materi yang diberikan Tetris Program. 


Setelah melewati program belajar intensif selama satu bulan, Kevin akhirnya berhasil meraih kesempatan magang sebagai Data Analyst. Meski menjalani dua aktivitas bersamaan antara kuliah dan magang, ia mengaku sangat menikmatinya. 


œSaya malah enjoy dengan padatnya jadwal saya sekarang. Entah mengapa saya menikmati momen underpressure ini. Kuncinya pintar bagi waktu, kalau ada tugas langsung dikerjain, ini yang bikin saya makin termotivasi. Terus di sini problem solving saya sangat diasah paralel, intern dan kelas online, kata Kevin.


Baca juga: Belajar 3 Bulan, Elkan Jeremy Berhasil Menjadi Data Analyst Intern


2. Pembelajaran Berkesan di Tetris Program Batch 1

Dari sekian materi yang diberikan, menurut Kevin pembelajaran yang paling ia nikmati adalah silabus dari SQL, R, dan Pentaho. Pada saat semester 3, Kevin sudah lebih dulu mempelajari SQL. Untuk R sendiri, Kevin sudah cukup menguasai karena sudah mengenal bahasa ini dari awal kuliah dan juga sempat mempelajari Python.


Capstone Project dan Data Journalism menjadi momen berkesan yang ia rasakan selama mengikuti Tetris Program. Topik yang Kevin ambil saat itu adalah bagaimana meningkatkan performa e-commerce di Indonesia dan ini merupakan tantangan yang cukup berat selama mengikuti Tetris Program Batch 1.


Menurut Kevin, Capstone Project yang dilalui semua peserta Tetris sangat berguna bagi mereka yang memiliki passion untuk berkarir sebagai Data Analyst. Jadi, para peserta bisa mendapatkan gambaran bagaimana melakukan data driving hingga akhirnya menjadi sebuah insight yang divisualisasikan.


œWalaupun menurut saya itu challenging banget ya saat Capstone Project, tapi saya sangat enjoy banget dan excited untuk bisa implementasi di dunia data yang sesungguhnya, jawab Kevin saat ditanya kesannya melewati tahap Capstone Project.


3. Pernah Alami Burnout saat Magang

Namanya manusia, wajar jika merasa lelah. Seperti yang dirasakan Kevin. Meskipun merasa enjoy dengan semua yang ia jalani saat ini, tapi ia pun mengaku pernah merasa lelah hingga burnout saat diberikan project oleh user untuk mengolah data. 


œJadi saya dikasih project untuk mengolah data dalam jumlah banyak, pusing juga tapi saya jadi semangat. Gak jarang juga tugas kuliah bikin overwhelmed, biasanya saya refreshing sejenak, cukup main aja biar fresh lagi, ujarnya.


4. Tips Kevin Hadapi Recruiter

Sebelum akhirnya menempati posisi Data Analyst Internship saat ini, tentu Kevin sudah melewati tahap interview lebih dulu dengan recruiter. Buat Sahabat DQ yang akan menghadapi tahap interview, yuk simak tips ala Kevin untuk siap hadapi recruiter!

  • Kevin menyiapkan project yang sudah ia selesaikan sebaik mungkin

  • Melalui Speed Dating, Kevin berkesempatan memperlihatkan projectnya di depan user dan HR

  • Belajar komunikasi dan latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan saat interview

  • Tidak hanya hardskill, namun kemampuan problem solving pun menjadi kunci penentu


Baca juga: Ghinna, Mahasiswi Teknik Kelautan yang Berhasil Intern lewat Beasiswa Tetris


5. Day to Day sebagai Data Analyst Internship 

Kini, Kevin pun memiliki aktivitas baru sebagai Data Analyst Internship. Di tempat magangnya sekarang, Kevin bekerja sama dengan tim untuk menyelesaikan project dari user dan membuat dashboard bulanan yang ia buat menggunakan Google Data Studio, untuk reporting ia memilih R sebagai toolsnya. Tak jarang, Kevin menunggu permintaan lebih dulu dari Tim Bisnis mengenai membership. Untuk urusan ini, tools yang digunakan adalah R dan SQL.


Setelah melewati beberapa bulan magang, Kevin mengaku sangat senang, karena suasana lingkungan kerja terasa sangat positif dan suportif. Salah satu momen bahagia baginya adalah saat mendapatkan feedback dari manager setelah Kevin mempresentasikan project yang ia kerjakan. Baginya, ini adalah suatu achievement berharga untuknya.


DQLab sebagai wadah, karena memberikan kesempatan program sebagus ini. Ingat, kesempatan tidak datang 2 kali. Sisi positif lainnya, pandemi membuka peluang terutama untuk mahasiswa bisa berkesempatan berkuliah sambil internship. Gak usah takut dan minder, ini waktu untuk kalian explore diri sendiri, semangat! pesan Kevin untuk Sahabat DQ.


Apa yang telah diraihnya kini tentu merupakan buah hasil perjuangan Kevin selama ini. Di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa, ia masih menyempatkan waktunya untuk mengikuti belajar intensif yang diberikan Tetris Program. Kevin pun sukses memetik buah perjuangannya. Buat Sahabat DQ yang ingin seperti Kevin, semangat ya, kalian pasti bisa seperti Kevin! 


Sahabat DQ bisa mulai penjelajahan kalian di dunia Data Science bersama DQLab. Di sini kalian akan mendapatkan materi pembelajaran yang dikemas secara unik dan efektif. Akan ada para mentor juga lho yang siap untuk jadi pembimbing kamu selama belajar di DQLab. Yuk, mulai sama-sama persiapkan diri jadi praktisi data andal dengan belajar bersama DQLab


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :