PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 16 Menit 2 Detik 

Beberapa Contoh Data Sekunder yang Akan Sering Ditemui

Belajar Data Science di Rumah 26-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9169ca1da24ca1cad1261352166a9304_x_Thumbnail800.jpg

Data sekunder merupakan salah satu jenis data yang sering dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian. Secara sederhana, data sekunder ini adalah data yang telah dikumpulkan oleh orang lain sebelumnya, baik untuk dijadikan sebagai sumber data penelitian ataupun untuk hal lainnya. Data sekunder terbilang lebih mudah untuk didapatkan, membutuhkan waktu yang lebih singkat, serta dapat meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan. Namun sayangnya, data sekunder bukanlah data yang real time atau data yang terupdate, serta bersifat lebih subjektif jika dibandingkan dengan data primer.

Beberapa organisasi khususnya untuk tingkatan orang yang baru merintis bisnisnya, tentu membutuhkan data yang bersifat gratis untuk dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan. Misalnya ketika ingin menentukan produk yang akan dijual, maka mereka dapat mempertimbangkan selera masyarakat di sekitarnya. Nah, ada beberapa sumber data sekunder yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk mengembangkan bisnismu. Apa saja sih? Yuk, simak artikelnya!

1. Data yang Tersedia di Internet

Internet merupakan tempat yang paling populer untuk menjadi sumber data sekunder. Data yang tersedia di internet bersifat free. Siapapun dapat mengumpulkan data tersebut secara bebas. Ada banyak data yang bisa dimanfaatkan di sini, terlebih untuk bisnis atau organisasi. Mereka bisa mendapatkan gambaran dari perilaku masyarakat yang dapat dijadikan landasan dalam mengembangkan inovasi baru. Namun yang harus diperhatikan disini adalah peneliti perlu mempertimbangkan situs web mana yang asli dan terpercaya untuk dijadikan sumber data.

Baca juga : Data Analisis : 2 Jenis Metode yang Penting Untuk Kamu Tahu dalam Analisis Data

2. Perpustakaan Umum

Contoh data sekunder lain yang bisa dimanfaatkan adalah data yang berasal dari perpustakaan umum. Umumnya, layanan yang disediakan oleh perpustakaan yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Namun hampir semua perpustakaan pasti memiliki salinan hasil penelitian terdahulu. Selain itu, perpustakaan juga memiliki banyak koleksi publikasi pemerintah dengan statistik pasar, banyak koleksi direktori bisnis dan buletin. Perpustakaan ini bisa menjadi gudang informasi penting yang sangat layak untuk dimanfaatkan.

3. Institusi Pendidikan

Contoh data sekunder lain yang bisa digunakan adalah data yang berasal dari lembaga pendidikan. Namun sayangnya pengumpulan data sekunder dari lembaga pendidikan untuk penelitian sudah mulai diabaikan. Secara umum, penelitian ini lebih sering dilakukan di perguruan tinggi ataupun universitas dibandingkan sektor bisnis lainnya. Lebih seringnya, penelitian yang dilakukan di lembaga pendidikan ini menggunakan data primer. Untuk mendapatkan data ini, perusahaan atau organisasi dapat melakukan pendekatan kepada lembaga pendidikan dan meminta data dari mereka.

4. Informasi Komersial

Majalah, koran, jurnal, radio, serta stasiun televisi bisa menjadi sumber data sekunder yang bagus, khususnya untuk mendapatkan informasi komersial. Sumber informasi komersial ini memiliki informasi langsung tentang perkembangan ekonomi, agenda politik, riset pasar, segmentasi demografis, dan subjek serupa. Bisnis dapat memanfaatkan data ini tidak hanya untuk mengidentifikasi calon klien mereka akan tetapi juga untuk mengetahui cara mempromosikan produk atau layanan mereka melalui sumber-sumber ini karena mereka memiliki jangkauan yang lebih luas.

Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif

5. Yuk, Belajar Bareng Mengenai Data Sekunder dengan DQLab

Belajar data di tempat yang tepat memang akan terasa lebih menyenangkan. Jika kamu bingung mencari tempat kursus data, DQLab mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. DQLab merupakan salah satu lembaga kursus yang berfokus di bidang Data Science. Ada banyak modul yang tersedia di DQLab yang bisa kamu manfaatkan loh! Mulai dari yang menggunakan bahasa R, Python, hingga SQL. Yuk, buruan daftar di sini untuk mulai menikmati semua modulnya!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!