[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 12 Menit 22 Detik 

Beberapa Fakta Terkait Data Science

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d408af239dd84013727c3e14e01e1378_x_Thumbnail800.jpg

Seiring perkembangan zaman, perkembangan ilmu pun semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sebagai salah satu contoh, perkembangan data yang semakin canggih seiring dengan perkembangan internet menimbulkan jumlah data yang sangat banyak. Kumpulan data yang sangat besar itu biasa disebut dengan big data. Big data perlu diolah atau dianalisis sehingga menghasilkan suatu informasi. Ilmu yang mempelajari tentang tata cara mengolah data disebut dengan data science. Apakah kalian tahu apa itu data science?


Data science merupakan disiplin ilmu yang mempelajari mulai dari mengumpulkan data, mengintegrasi data, membersihkan data, mengolah data, memvisualisasikan data, sampai dengan menyampaikan kesimpulan dari hasil proses analisis data tersebut. Orang menerapkan data science disebut dengan data scientist. Data scientist biasanya bekerja dalam tim yang memiliki kemampuan yang berbeda dalam pengolahan data sehingga dapat saling melengkapi. Kira-kira apa saja ya fakta terkait data science? Yuk, simak artikel di bawah ini!


1. Silabus Data Science Dasar

Saat ini peminat data science semakin banyak sehingga banyak pula lembaga yang menyediakan kursus data science secara online maupun offline. Sebagai salah satu contoh nyata, DQLab merupakan salah satu penyedia kursus data science online yang memiliki silabus data science dasar berisi : mengenalkan dan mempelajari disertai dengan praktek (learning by doing) bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist seperti R, Python, SQL, dan Excel. Dalam DQLab, kita dikenalkan mulai dari dasar seperti tipe data, bagaimana perlakuan terhadap masing-masing tipe data, diberi contoh studi kasus, sampai dengan memecahkan studi kasus sebagai "ujian" terhadap materi-materi yang telah kita peroleh sebelumnya. Namun jangan khawatir. Jika kita menemukan kendala atau kesulitan kita bisa menanyakan kepada forum diskusi yang telah tersedia.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Peran Data Science

Data science merupakan ilmu data yang berperan penting. Profesi ini mungkin sering tidak terlihat karena lebih sering bekerja di bagian belakang. Data science berperan dalam bidang analisis data perusahaan yang mana dari proses analisis data tersebut menghasilkan kesimpulan yang dapat diambil sebagai pertimbangan untuk menentukan keputusan atau langkah selanjutnya dalam perjalanan bisnis. Contoh peran data scientist adalah dapat diterapkan dalam berbagai bidang seperti dalam bidang branding, e-commerce, e-wallet, prediksi penyakit, dan lain-lain. 


3. Ilmu Dasar Data Science

Data science merupakan ilmu yang tidak berdiri dengan sendirinya, akan tetapi merupakan gabungan dari beberapa ilmu terkait seperti matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman, pemahaman bisnis, dan lain-lain. Jika bagi kita terlalu sulit untuk memahami keseluruhan dari ilmu tersebut, setidaknya kita perlu mengenali dan memahami dasar-dasar dari setiap bidang ilmu. Perlu diketahui pula bahwa ilmu data science tidak hanya seperti yang disebutkan di atas, akan tetapi dapat semakin berkembang sesuai dengan permasalahan data yang akan diselesaikan.


4.  Data Science Berbeda dengan Statistika

Bagi orang yang baru mengenal data science, biasanya sering bertanya-tanya apakah data science sama dengan statistika? Perlu diketahui bahwa data science dan statistika merupakan ilmu yang berbeda namun saling berkaitan. Keduanya sama-sama mempelajari dalam bidang data, akan tetapi data science memerlukan kemampuan pemrograman yang lebih tinggi dan diiringi dengan pemahaman bidang terkait seperti bisnis, ekonomi, dan lain-lain. Namun perlu diingat kembali bahwa data science pun membutuhkan ilmu statistik terutama statistika dasar.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Yuk, Kita Mulai Rintis Karir Data Science dari Sekarang!

Profesi Data Scientist di era transformasi teknologi kini menjadi profesi yang populer. Siapa saja dan dari mana saja latar belakang pendidikannya dapat berkarir menjadi data scientist. Kita dapat memulai belajar otodidak atau melalui kursus data science baik online maupun offline. Oleh karena itu untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!