TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 53 Menit 17 Detik 

Beberapa Fakta Terkait Karir Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 27-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bf743838b04b1c53bd79d90f3c593f32_x_Thumbnail800.png

Halo teman-teman! Apakah kalian tahu apa itu data scientist? Data scientist merupakan seseorang yang bertugas menganalisis berbagai macam data. Karir data scientist ini terbilang sebagai karir yang cukup menjanjikan dalam prospek ke depannya dan sangat banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar. Data scientist pun memberikan gaji yang lumayan besar serta ada jenjang karirnya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan profesi ini banyak diminati baik oleh orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang linier maupun tidak.


Seorang data scientist biasanya memiliki latar belakang pendidikan dari STEM (Statistics, Technology, Engineering, Mathematics). Namun, bagi kalian yang tidak memiliki latar belakang pendidikan tersebut di atas jangan berkecil hati yaa, dikarenakan profesi ini tidak menutup peluang bagi orang diluar latar belakang pendidikan tersebut. Saat ini pun telah banyak lembaga kursus data scientist sebagai sarana belajar bagi pemula. Kira-kira apa saja fakta yang kalian ketahui terkait karir data scientist? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Tugas dan Tanggung Jawab

Secara umum kita telah mengetahui bahwa data scientist bertugas menganalisis data. Namun apakah kamu tahu bahwa data scientist sebenarnya memiliki beberapa tugas yang lebih rinci? Ya, beberapa tugas dan tanggung jawab itu antara lain memastikan konsistensi dataset, menggunakan bahasa pemrograman, menyiapkan infrastruktur data, melakukan penelitian terkait pada data perusahaan, memilih algoritma machine learning yang tepat, membuat infografis, bahkan sampai mendapatkan insight untuk rekomendasi perkembangan bisnis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Software yang Digunakan 

Data scientist pada umumnya berurusan dengan dataset yang sangat besar sehingga sangat kecil kemungkinannya untuk dikerjakan secara manual. Oleh karena itu data scientist menggunakan bahasa pemrograman atau software untuk membantu proses analisis agar dapat dilakukan dengan singkat dan tepat serta tidak memerlukan waktu yang lama. Setiap software tentunya memiliki peran serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa software yang sering digunakan oleh data scientist antara lain seperti Python, Java, R, Matlab, SQL, SAS,dll.


3. Skill yang Diperlukan

Data scientist  sebagai profesi yang kekinian dan terseksi di abad ini pun memiliki beberapa kualifikasi yang perlu dipenuhi. Hal ini dikarenakan seorang data scientist akan berhadapan dengan data yang sangat kompleks dan kendala serta tujuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, seorang data scientist diharapkan dapat memiliki dasar pengetahuan matematika dan statistika, bahasa pemrograman, sistem informasi, machine learning, ketajaman bisnis, dll. Selain pengetahuan dasar ilmu terkait, diimbangi pula dengan soft skill seperti komunikasi yang baik, dapat bekerja secara tim, dan visualisasi data.


4. Langkah-langkah Menjadi Data Scientist

Setelah mengetahui definisi data scientist, software yang digunakan serta skill yang diperlukan, apakah kalian sudah tertarik bergabung dalam profesi ini? Jika iya, maka perlu menerapkan langkah atau tahapan untuk menjadi data scientist, yaitu:

  • Mempelajari dan memahami dasar-dasar data scientist

  • Mempelajari machine learning

  • Sering berlatih dataset secara mandiri atau melalui kursus

  • Membangun portofolio data

  • Aktif melihat serta mencari peluang terkait profesi data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Melangkah Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Data scientist saat ini menjadi profesi yang diidam-idamkan dalam profesi bidang data. Untuk menjadi seorang data scientist diperlukan beberapa keterampilan soft skill maupun hard skill. Beberapa keterampilan seperti ilmu machine learning, ilmu dasar matematika dan statistika bisa kita peroleh di DQLab . Cara memulai belajar di DQLab cukup mudah, yaitu dengan cara sign in di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab yang berisikan dengan bahasa pemrograman penunjang seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!