MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 13 Menit 9 Detik 

Beberapa Fakta Terkait Pekerjaan Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 17-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/282301c0769fbec197cbdb3c0455c10d_x_Thumbnail800.jpg

Pekerjaan data scientist saat ini menjadi salah satu pekerjaan yang populer dan cukup banyak diminati. Data scientist merupakan sebuah profesi yang bergerak dalam bidang pengelolaan data.Data scientis secara umum bertugas dalam bidang pengelolaan data terutama big data. Profesi ini menganalisis data mulai dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset sampai dengan memilih algoritma apa yang cocok dan sesuai dengan permasalahan serta tujuan dataset tersebut.


Profesi data scientist diminati oleh berbagai kalangan usia serta berbagai macam latar belakang pendidikan. Data scientist diharuskan memiliki keterampilan yang berguna dalam meningkatkan keterampilan data scientist. Keterampilan yang diperlukan oleh data scientist bisa dimulai dari keterampilan dasar matematika dan statistika, kemampuan bahasa pemrograman, sistem informasi, pengetahuan bisnis, dan ilmu-ilmu pendukung lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa fakta terkait dara scientist.


1. Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Data scientist memiliki tugas dan tanggung jawab dalam bidang analisis data. Mulai dari mengambil data dari database, membuat pivot tabel data, membersihkan dan menyiapkan data yang akan dianalisis, memilih algoritma machine learning. Tugas selanjutnya adalah data scientist bertugas bertanggung jawab terhadap kualitas data mulai dari infrastruktur data yang mana hal itu sangat berpengaruh  terhadap kualitas data. Selain itu data scientist juga bertugas melakukan penelitian yang berkaitan dengan data terutama yang dilakukan pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa analisis data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Keterampilan Data Scientist

Profesi data scientist dapat dikatakan pekerjaan yang mudah-mudah sulit. Menjadi seorang data scientist perlu memiliki keterampilan yang digunakan untuk menunjang kemudahan dalam proses analisis data. Beberapa keterampilan yang diperlukan oleh data scientist antara lain kemampuan matematika, statistika, pengetahuan algoritma machine learning, bahasa pemrograman, pemetaan data, komunikasi dan visualisasi data, software engineering serta intuisi yang baik.


3. Gaji dan Jenjang Karir Data Scientist

Profesi data scientist yang saat ini sedang naik daun memiliki rentang gaji yang beragam sesuai dengan perusahaan dan tingkat jenjang karir profesi . Pada umumnya gaji data scientist untuk lulusan S1 Sederajat di atas UMR Jakarta. Namun perlu diingat kembali bahwa hal ini tergantung dari perusahaan masing-masing. Adapun jenjang karir data scientist adalah data scientist - senior data scientist - principal data scientist - senior principal data scientist - assistant VP of data science - VP of data science.


4. Siapa pun Bisa Menjadi Data Scientist

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan beberapa hal terkait data scientist, tugas dan peran data scientist, kompetensi yang diperlukan data scientist, rentang gaji dan jenjang karir data scientist. Perlu diketahui bahwa siapa saja bisa menjadi data scientist asalkan ia memenuhi persyaratan kompetensi yang diperlukan. Jadi profesi data scientist tidak hanya terbatas pada orang-orang dengan latar belakang matematika dan T.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Gali Lebih Dalam Profesi Data Scientist

Setelah mengetahui cara kerja data scientist tentunya kita penasaran bukan sintaks apa saja yang digunakan dalam proses analisis data. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module Introduction to Data Science with Python. 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!