FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 43 Menit 54 Detik 

Beberapa Tipe Data Microsoft SQL Server

Belajar Data Science di Rumah 09-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/feefb6e030b732b100287456e67cd2e2_x_Thumbnail800.jpg

Bagi orang yang berprofesi sebagai praktisi data, istilah Database Management System atau biasa disingkat dengan DBMS bukanlah hal yang asing lagi. Terdapat berbagai software yang dapat digunakan untuk mengakses DBMS, salah satunya SQL Server. Namun masih banyak yang bertanya apa itu SQL Server, apakah kelebihan dan kekurangannya, dan apakah perbedaannya dengan bahasa lainnya.


SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa query yang dapat digunakan untuk mengakses data yang tersimpan dalam basis data. SQL dicetuskan oleh peneliti IBM dan dikembangkan oleh IBM. Pada awalnya bahasa ini bernama SEQUEL, namun pada akhirnya berubah menjadi SQL. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali bahasa SQL yaitu SQL Server.  


1. Pengertian SQL Server

SQL Server adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Microsoft. Microsoft SQL Server digunakan untuk mengakses Relational Database Management System atau biasa disingkat dengan RDBMS. SQL Server ini bisa digunakan di laptop manapun. Dalam manajemen database, Microsoft SQL Server ini memiliki peran dan fungsi yang sangat  penting, seperti mengelola database, mengakses data-data yang tersimpan, dll. 

SQL


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Tipe Data SQL Server

Jika pada SQL terdapat berbagai jenis tipe data yang dapat digunakan, begitu pula dengan SQL Server. Pada SQL Server dikenal istilah server data type. Tipe data SQL ini dapat dipilih dengan sesuai agar menghasilkan output yang sesuai pula. Terdapat berbagai jenis tipe data SQL Server, yaitu:

  • tipe data string, terdiri dari 12 data yaitu varchar(n), char(n), varchar(max), nchar, text, nvarchar, nvarchar(max), binary(n), ntext, image, varbinary, varbinary(max)

  • tipe data number, terdiri dari 11 data yaitu tinyint, bit, int, smallint, decimal(p,s), bigint, numeric(p,s), money, smallmoney, real, float(n)

  • tipe data date, terdiri dari 7 data yaitu datetime2, smalldatetime, date, datetime, time, timestamp, datetimeoffset

  • tipe data other, terdiri dari 5 data yaitu uniqueidentifier, sql_variant, cursor, xml, table

SQL


3. Kelebihan SQL Server

SQL Server saat ini sudah sangat mudah digunakan pada berbagai komputer terutama komputer yang memiliki sistem operasi windows. Beberapa kelebihan dari SQL Server antara lain:

  • bekerja sangat baik pada sistem operasi windows

  • mendukung banyak software database

  • dapat membuat clustering data

  • memiliki fitur recovery dan juga restore data

  • bisa digunakan berbagai kalangan

  • mudah digunakan oleh client dan user

  • dapat melakukan backup data

SQL


4. Kekurangan SQL Server

Selain memiliki berbagai kelebihan, SQL Server juga memiliki beberapa kekurangan yaitu:

  • harga beli yang cukup tinggi, hal ini dikarenakan SQL Server memang cukup kompeten dalam bidang DBMS dan harga jual produk Microsoft cenderung tinggi

  • tidak mendukung multi OS

  • tidak cocok digunakan untuk skala database besar

  • sulit digunakan pada bahasa pemrograman lain, biasanya cukup kompatibel dengan bahasa pemrograman .net

  • membutuhkan fungsi CPU yang cukup besar

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Sistem basis data relasional saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi para praktisi data. Untuk memudahkan dalam mengakses basis data relasional, perlu menguasai bahasa pemrograman SQL. DQLab menyediakan program belajar data science dari dasar yang terdiri dari berbagai macam bahasa pemrograman yang salah satunya adalah SQL. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data analyst baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :