2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 14 Jam 3 Menit 16 Detik

Begini Peranan Data Science Membantu Bisnismu

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-05-2024-04-05-210153_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, tahukah kalian bahwa data science saat ini termasuk ke dalam salah satu ilmu yang populer dan banyak dibutuhkan? Data science merupakan suatu bidang ilmu yang menggunakan data dalam jumlah besar dan dapat diterapkan menggunakan algoritma data science. Banyak juga orang yang penasaran bagaimana data science bisa membantu bisnis. Bagaimana peranan data science dalam bidang bisnis dan apa saja manfaatnya.


Dalam dunia bisnis, tentu ada tujuan yang harus dicapai seperti meningkatkan performa perusahaan, memaksimalkan keuntungan, memperbesar cabang perusahaan, dan lainnya. Pada era big data seperti ini, pemilik bisnis perlu memaksimalkan proses analisis data menggunakan database yang tersedia di perusahaan. Dengan menggunakan data science untuk kepentingan bisnis akan bisa lebih memudahkan pemilik bisnis dalam membuat keputusan atau menentukan strategi bisnis yang tepat.


1. Mempermudah Proses Analisis

Analisis data adalah suatu kebutuhan dalam proses pengolahan data suatu perusahaan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini semakin banyak perusahaan atau bisnis yang bergerak di berbagai bidang. Setiap perusahaan memiliki database yang perlu dianalisis lebih lanjut. Proses analisis data menggunakan data science ini bisa membantu menemukan pola bisnis, memaksimalkan keuntungan, membuat strategi bisnis, dan masih banyak lainnya.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Membantu Pengambilan Keputusan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini dunia bisnis sudah semakin banyak dan saling bersaing untuk menjadi yang terdepan. Setiap bisnis tentu memiliki strategi atau rencana yang dilakukan untuk bisnisnya yang lebih maju. Dalam prosesnya terdapat berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk menghasilkan kesimpulan atau keputusan bisnis yang sesuai dengan keadaan perusahaan. Oleh karena itu data science berperan penting dalam proses pengambilan keputusan tersebut.

Data Science


3. Memaksimalkan Keuntungan

Setiap perusahaan tentu memiliki visi misi serta tujuan dalam bisnisnya. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk memaksimalkan keuntungan. Dalam era big data seperti ini, peranan data science sangat penting. Data yang sangat banyak ini perlu dikelola dengan baik agar memberikan begitu banyak manfaat untuk berbagai kepentingan.


Salah satunya jika perusahaan ingin memaksimalkan  keuntungan maka perlu memiliki strategi bisnis yang tepat sasaran. Hal ini bisa dilakukan dengan menerapkan data science dalam proses analisis data.

Data Science


4. Menemukan Peluang dan Inovasi Baru

Dalam suatu manajemen bisnis, seorang owner bisnis perlu membaca peluang yang sesuai dengan keadaan pasar dan kondisi perusahaan. Dengan menerapkan data science seperti untuk proses identifikasi pola dan membaca gaya belanja konsumen akan dapat membantu pemilik bisnis menemukan peluang yang sesuai untuk memaksimalkan profit. Selain itu data science juga bisa digunakan untuk membuat inovasi baru. Dengan inovasi baru yang terus update akan lebih menarik bagi konsumen.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Dunia bisnis masa kini memerlukan ilmu yang bisa menyembangkan dengan keadaan pasar. Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini terdapat ilmu data science yang bisa digunakan dalam bisnis di berbagai sektor. Salah satu platform yang menyediakan tempat belajar data science adalah DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login