Klaim Voucher Potongan Rp 50.000 untuk 100 Transaksi Pertama
Kode Voucher: MULAIBELAJARDATA . Berakhir 2 Days 13 Jam : 35 Menit : 51 Detik Claim Now

Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

Python Array : Memahami Kegunaan Array Dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2d8eaeaed72f73a285192db19b2dc94c_100_persen.jpg

Di dunia yang bergerak sangat cepat, seseorang membutuhkan teknik pengkodean yang dapat membantu programmer untuk merangkum kode-kode yang banyak dengan cara yang paling sederhana dan nyaman. Array adalah salah satu struktur data yang membantu kita menulis sejumlah nilai ke dalam satu variabel, sehingga mengurangi beban untuk mengingat sejumlah besar variabel. 

Pada artikel ini DQLab akan berbagi mengenai implementasi dan kegunaan array di dalam Python. Dalam artikel ini setidaknya akan membahas mulai dari apa itu array dan mengapa kita harus menggunakannya, perbedaan list, array, series dan data frame, dan beberapa operasi array dasar. Memahami array dalam python akan sangat berguna untuk melakukan Data Manipulation maupun data visualization dalam berbagai proyek-proyek data kedepannya.

    1. Apa itu Array dan mengapa harus menggunakannya?

    Array pada dasarnya adalah struktur data (Data Structures)  yang dapat menampung lebih dari satu nilai pada satu waktu. Array adalah kumpulan atau rangkaian elemen yang berurutan dan memiliki jenis yang sama. Kita dapat melakukan loop atau pengulangan melalui elemen di dalam array dengan mudah dan mengambil nilai yang diperlukan hanya dengan menentukan nomor indeks. Array juga bisa berubah (berubah), oleh karena itu, Anda dapat melakukan berbagai manipulasi sesuai kebutuhan.


    Mengapa kita harus menggunakan array? Dengan menggunakan array pada Python maka kita dapat menghemat banyak waktu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, array membantu kita mengurangi ukuran keseluruhan kode yang kita buat, sementara Python membantu kita menghilangkan sintaks yang bermasalah, tidak seperti bahasa lain. Misalnya: Jika kita ingin menyimpan bilangan bulat dari 1–100, kita tidak akan dapat mengingat 100 nama variabel secara eksplisit, oleh karena itu, kita dapat menyimpannya dengan mudah menggunakan Array.

    Baca Juga : Belajar Python : Tingkatkan Kemampuan Data Manipulation Kamu Dengan 3 Metode Pandas Berikut!

      2. Apa Perbedaan Array Dengan List?

      Apabila Array diartikan sebagai struktur data yang dapat menampung lebih dari satu nilai dalam satu waktu, lalu apa perbedaannya dengan list? Dan bagaimana hubungannya dengan data structures lain seperti series dan data frame?

      Pada dasarnya, array mirip seperti list namun tidak sepenuhnya sama. Ada beberapa kesamaan seperti sama-sama menampung lebih dari satu nilai dalam satu waktu, sama-sama dapat diiterasi dan diindeks.  Perbedaan antara daftar dan array adalah fungsi yang dapat Anda lakukan padanya seperti misalnya ketika kita ingin membagi array dengan suatu nilai (misal, 2), hasilnya akan dicetak sesuai permintaan tetapi dalam kasus list, python akan menampilkan pesan error. Perhatikan contoh berikut.


      Pada contoh di atas, dapat kita lihat saat array yang dimasukkan ke dalam variabel arr dibagi dengan angka 2, maka akan menghasilkan result yang sewajarnya. Akan tetapi, pada list, tidak akan menghasilkan pesan error.

      3. Operasi Array Mendasar

      Terdapat banyak operasi yang dapat dilakukan dalam array. Pada Artikel ini DQLab akan berbagi beberapa operasi array mendasar yang wajib diketahui oleh semua yang ingin menjadi seorang Data Scientist / Analyst. Perhatikan contoh berikut.

      • Menghitung panjang dari array. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan syntax : len(array_name). 

      • Menggabungkan dua array. Dua array dapat digabungkan menggunakan simbol “+”. 

      • Menghilangkan atau mengeluarkan suatu elemen dari array. Hal ini dapat dilakukan dengan .pop() atau .remove()

      • Sebuah array dapat diiris (slicing) menggunakan simbol “:”.  Simbol Ini mengembalikan berbagai elemen yang telah kita tentukan oleh nomor indeks.

      • Melakukan iterasi dengan for loop terhadap setiap elemen di dalam array’


      Baca Juga : Ingin Berkarir Menjadi Business Analyst? Yuk, Intip 3 Skill yang Perlu Kamu Kuasai!


      4. Yuk Dalami dan Terapkan Ilmunya Bersama DQLab

      Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

      Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

      Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

      • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

      • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

      • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

      • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

      Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

      1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

      2. Akses module Introduction to Data Science

      3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

      Penulis : Jihar Gifari

      Editor : Annissa Widya Davita


      Share

      Postingan Terkait

      Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!