GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 51 Menit 52 Detik 

Belajar Bahasa R dari Mana? 4 Tempat Ini Bisa Jadi Pilihanmu, Loh!

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6276299a0e2fa712b05b26085f3667b9_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa R memang terbilang lebih sulit bagi pemula, terlebih bagi mereka yang di masa pendidikannya tidak pernah mempelajari R sama sekali. Hal ini bisa terjadi karena kompleksitas dari bahasa R ini sendiri, apalagi jika tidak menggunakan R Studio. Tentu pertanyaan mengenai tempat belajar R yang mudah untuk dimengerti akan muncul di kalangan pemula karena kebingungan yang terjadi akan console R dan juga script yang ada. Padahal sebenarnya, kerumitan ini hanya akan dirasakan di awal saja. Jika sudah dipahami lebih lanjut, kita pasti akan merasa bahwa R sebenarnya sama saja dengan bahasa pemrograman lainnya.

Bahasa R ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan seiring perkembangan profesi Data Science. Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa ini memang sangat powerfull apalagi untuk perhitungan statistik. Ada banyak package dan function yang bisa mempermudah proses analisis data. Sehingga hal ini dapat mempermudah dan menyingkat waktu yang dibutuhkan oleh para praktisi data. Lalu sebenarnya dimana sih tempat untuk belajar R?


1. Youtube

Salah satu tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa R adalah Youtube. Apa sih yang tidak ada di Youtube? Mengingat kebebasan dari para content creator nya, sudah pasti banyak orang yang berprofesi sebagai praktisi data kemudian membagikan ilmunya via Youtube secara gratis. Materi R yang ada di Youtube tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Beberapa content creator bahkan menjelaskan tentang R secara detail layaknya ketika kamu mendapatkan mata kuliah tentang R, namun beberapa lainnya hanya menjelaskan tentang kulitnya saja. Belajar di Youtube memang sudah sering dilakukan oleh para praktisi data, tidak hanya ketika belajar R, namun juga bahasa pemrograman lainnya.


Baca juga :Kursus Belajar Data dengan Bahasa R untuk Pemula


2. Website

Selain Youtube, kamu juga bisa mencoba untuk belajar R dari website. Ada banyak website yang membahas cara penggunaan R, bahkan ada website resmi dari R sendiri. Website bisa kamu gunakan sebagai bahan pelengkap untuk belajar R secara otodidak. Beberapa kursus online, seperti DQLab secara rutin menuliskan artikel yang tentang Data Science termasuk juga tentang Bahasa R. Jika penjelasan di website yang satu tidak begitu mudah dimengerti, maka kamu hanya perlu mencari website lain yang membahas hal yang sama.


3. Komunitas

Komunitas adalah hal yang sangat dibutuhkan, tidak hanya untuk yang belajar secara otodidak, bahkan yang telah mengambil kursus pun terkadang tetap membutuhkan komunitas untuk sharing. Fun fact nya, R merupakan bahasa pemrograman yang didukung oleh berbagai komunitas, sehingga proses belajar R akan lebih mudah. Di Indonesia sendiri ada Komunitas R Indonesia. Bahkan ada komunitas R yang dikhususkan untuk kaum wanita, yaitu komunitas R Ladies.


4. Kursus Data Science

Data Science dan bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL bisa dikatakan sebagai satu kesatuan. Hampir semua tempat kursus Data Science pasti menyediakan materi tentang R. Bagi pemula, hal ini bisa dimanfaatkan untuk bertanya kepada mentor sehingga proses belajar bahasa R dan bahasa pemrograman lainnya akan lebih mudah. Namun bagi kamu yang hanya ingin fokus untuk mempelajari R saja, kamu juga bisa mencari kursus khusus untuk R programming. Namun sebelum kamu memilih tempat kursus, pastikan tempat yang kamu pilih adalah tempat yang terpercaya dan kredibilitas mentornya terpercaya.


Baca juga : Belajar Data Science untuk Tingkatkan Kompetensi R


5. Belajar R di DQLab, Yuk! Cocok untuk Pemula Juga

DQLab merupakan tempat kursus yang tidak pernah memandang background pendidikan seseorang. Bagi kamu yang tidak pernah belajar R sama sekali, kamu tidak perlu khawatir. Karena di DQLab, modul yang ada diberikan menggunakan bahasa yang jauh lebih mudah untuk dicerna, bahkan oleh orang yang tidak pernah belajar sekalipun. Untuk memulai belajarnya, kamu bisa mulai dengan free modul bahasa R, yaitu modul œIntroduction to Data Science with R. Selain bahasa R, kamu juga bisa mempelajari bahasa lain seperti Python dan juga SQL. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan daftar dan nikmati semua fasilitas yang ada.



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :