PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 50 Menit 32 Detik 

Belajar Bahasa R di DQLab, 4 Modul R yang Wajib Kamu Coba

Belajar Data Science di Rumah 01-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/156995d745cc1c2d2bdc23434d103e63_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa R menjadi bahasa yang banyak digunakan sejak lahirnya profesi Data Scientist dan juga profesi yang berkaitan dengan data lainnya. R tidak kalah populer dengan bahasa pemrograman lain seperti Python dan juga SQL. Meskipun bagi mereka yang baru belajar, R ini akan terasa lebih sulit, namun sebenarnya R tidak sesulit yang dibayangkan. Beberapa orang bahkan bisa mahir bahasa R hanya dengan belajar otodidak melalui Youtube dan juga website. Namun bagi kamu yang merasa susah untuk belajar secara otodidak, kamu bisa mulai mencoba mengambil kursus.

DQLab merupakan tempat kursus Data Science secara online yang ada di Jakarta. Bahasa R adalah salah satu bahasa pemrograman yang dibahas di DQLab. Ada beberapa modul untuk bahasa R yang harus kamu coba agar kemampuanmu menggunakan R semakin meningkat, khususnya di bidang Data Science. Dalam artikel ini akan dibahas modul-modul apa saja sih yang layak kamu masukkan list mu agar kamu pelajari lebih awal. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!


1. R Fundamental for Data Science

Modul pertama adalah modul R Fundamental for Data Science. Seperti namanya, di modul ini akan dibahas hal-hal yang bersifat fundamental di bahasa R dengan studi kasus yang berhubungan dengan Data Science. Modul ini terbagi menjadi 3 chapter dan 34 sub-chapter. Di chapter pertama akan membahas tentang R, hubungan R dengan Data Science, dan kebutuhan praktisi akan R. Di chapter kedua akan lebih banyak membahas tentang konsep dan penggunaan tipe data di R seperti vector, list dan data frame. Kemudian di chapter terakhir akan membahas tentang cara membuat visualisasi dalam bentuk chart dan grafik menggunakan ggplot2 secara singkat.


Baca juga :Kursus Belajar Data dengan Bahasa R untuk Pemula


2. Data Preparation in Data Science using R

Data preparation merupakan hal yang pasti akan dilakukan sebelum menganalisis data. Sehingga modul ini menjadi salah satu modul R DQLab yang harus kamu coba. Dalam modul ini terdiri dari 6 chapter dengan 68 sub-chapter. Dalam modul ini akan dibahas mengenai pengertian dan hal-hal fundamental lainnya tentang data preparation, cara mengatasi missing value, function factor di R, membaca data dalam bentuk text dan Excel, serta manipulasi data dengan R.


3. Statistics using R for Data Science

Jika kamu belajar Data Science, sudah pasti kamu juga akan mempelajari tentang Statistika secara singkat karena salah satu ilmu yang mendasari lahirnya Data Science adalah Statistika. Itulah mengapa kamu juga harus mencoba modul ini. Di modul Statistics using R for Data Science ini hanya terdiri dari 2 chapter dan 44 sub-chapter. Di chapter pertama, kamu akan fokus untuk mempelajari dasar-dasar dari statistika, seperti pengertian statistika, jenis-jenis data yang ada, dan estimasi karakteristik data. Kemudian di chapter kedua, kamu akan lebih fokus untuk melakukan analisis sederhana seperti analisis deskriptif, uji hipotesis, dan analisis hubungan dua variabel.


4. Data Visualization in Data Science using R

Modul selanjutnya yang harus kamu coba adalah modul yang berhubungan dengan data visualisasi. Data visualisasi menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dipelajari, karena data visualisasi dapat membantu para praktisi data menjelaskan tentang data ke semua orang bahkan yang tidak mengerti tentang proses yang ada di belakangnya. Modul Data Visualization in Data Science using R ini terdiri dari 9 chapter dengan 61 sub chapter. Di modul ini akan dibahas tentang pengenalan ggplot2 untuk membuat visualisasi, sumbu x dan sumbu y serta dasar kanvas lainnya, aesthetic mapping di ggplot, jenis jenis grafik yang bisa digunakan seperti scatterplot, histogram, line chart, bar chart, serta pie chart, dan juga cara membagi grafik dengan faceting.


Baca juga : Belajar Data Science untuk Tingkatkan Kompetensi R


5. Kamu Juga Bisa Mencoba Free Modul untuk Bahasa R

Khusus untuk kamu yang belum join sebagai member premium, kamu juga bisa mencoba free modul yang disediakan oleh DQLab, yaitu modul “Introduction to Data Science with R”. Modul ini sangat cocok bagi pemula yang tidak pernah mempelajari R sebelumnya. Selain modul R, kamu juga bisa mencoba free modul untuk Python, yaitu “Introduction to Data Science with Python” agar bahasa pemrograman yang kamu kuasai semakin beragam. Yuk, buruan sign up dan nikmati free modul dan fasilitas yang ada!



Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!