DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 17 Jam : 28 Menit : 21 Detik

Belajar Data Science, Kupas Tuntas Teknologi Big Data di Era Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 19-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b43e0bbc1cf54384a781fd78129d0343_x_Thumbnail800.jpg

Pada era industri 4.0, di mana segala sesuatunya dibuat serba digital ini tentu berkaitan dengan perkembangan teknologi yang ada. Salah satu teknologi yang berperan besar dalam proses pengelolaan data berskala besar adalah Big Data. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Big Data mampu menganalisa data dengan volume yang besar dan waktu yang sangat cepat. 

Selain itu, Big Data juga dapat menyediakan berbagai sumber daya guna menentukan solusi yang sesuai dengan suatu tujuan. Sehingga, Big Data berperan besar dalam memahami data berskala besar dengan menggunakan analisa dan pemahaman tingkat tinggi. Yuk, kita simak lebih lanjut mengenai teknologi Big Data!

1. Big Data: Teknologi yang Mampu Menganalisa Data dengan Jumlah Besar

Sesuai dengan namanya Big Data, teknologi ini mampu mengolah dan menganalisa data besar untuk menghasilkan keputusan yang tepat untuk diambil perusahaan. Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menerapkan proses Big Data, diantaranya collect, analyze, dan pemahaman terkait data yang selalu update setiap harinya. 

Saat ini, beberapa perusahaan terkemuka telah menggunakan data dan informasi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bisnisnya. Adapun beberapa tools yang diterapkan, seperti Data Warehouse, Business Intelligence, serta aplikasi manajemen harga dan penjualan lainnya sebagai alat pengolahan data untuk keperluan aktivitas bisnis suatu perusahaan.

Baca juga: Big Data : Yuk Pahami, “4V”  to “5V” pada Konsep Big Data di Era Revolusi Industri 4.0!

2. Kenali 3V, Karakteristik Big Data yang Paling Mendasar

Penting untuk kamu ketahui bahwa Big Data bukan hanya kemampuan teknis dalam mengolah data, melainkan hasil analisa yang bermanfaat dalam proses pengambilan keputusan bagi suatu perusahaan. Pada prosesnya, Big Data memiliki karakteristik dasar yang perlu kamu pahami, diantaranya Volume (Ukuran), Velocity (Kecepatan), dan Variety (Ragam). 

Ketiga karakteristik tersebutlah yang kemudian melatar belakangi terjadinya perkembangan Big Data di Indonesia. Ukuran yang dihasilkan pada Big Data mampu mencapai petabytes () data, karakteristik ini berkembang secara eksponensial sesuai dengan kebutuhan suatu perusahaan. Selain itu, Big Data juga memiliki jenis data yang sangat kompleks, seperti teks, audio, foto, video, dan sensor data. Dengan banyaknya data tersebut, tentu dibutuhkan kecepatan untuk mengumpulkan dan menganalisis data yang ada. 

3. Selain Unggul pada Kapasitas, Big Data juga Memiliki Jenis Data yang Beragam

Selain unggul pada kapasitasnya, jenis pada Big Data juga beragam. Teknologi Big Data tidak hanya terdiri dari data terstruktur tetapi juga data yang tidak terstruktur dan semi terstruktur. Data yang termasuk ke dalam data terstruktur adalah angka-angka, susunan huruf-huruf yang berasal dari sistem database mendasar, seperti database keuangan. Sedangkan, yang termasuk ke dalam data tidak terstruktur terdiri dari data multimedia, seperti data teks, audio, dan video. Selain itu, data yang termasuk ke dalam data semi-terstruktur adalah e-mail atau XML. 

Baca juga: Yuk, Kenali 3 Jenis Data pada Big Data yang Wajib Kamu Tahu!

4. Yuk, Mulai Belajar Data Science bersama DQLab dan Asah Ilmu Datamu dengan Mengenal Big Data!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!