MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 9 Jam : 8 Menit : 5 Detik

Kenali Hadoop, Software Platform untuk Mengelola Big Data

Belajar Data Science di Rumah 18-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/00520c31ca8e086d88447c46976155f5_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi Big Data kini mulai trend di kalangan praktisi data. Pasalnya, penggunaan Big Data bagi suatu perusahaan dapat memberikan manfaat yang positif untuk perkembangan industri tersebut. Dengan memberikan kemudahan dalam menganalisis datanya, teknologi ini juga dapat menghasilkan keputusan yang tepat bagi perusahaan dalam menjawab segala kebutuhan, baik dari pihak customer maupun industri itu sendiri. 

Tentunya, Big Data memerlukan sebuah software untuk mengelola datanya dengan baik. Hadoop merupakan salah satu software yang mampu menghubungkan banyak komputer agar dapat bekerja sama untuk menyimpan dan mengelola data dalam satu kesatuan. Selain itu, Hadoop didesain untuk mampu memproses data berskala besar dengan melibatkan berbagai kluster komputer. Yuk, kita simak bersama secara mendalam terkait software Hadoop pada Big Data!

    1. Implementasi Hadoop dalam Big Data

    Software Hadoop atau sebutan resminya adalah Apache Hadoop ini merupakan salah satu implementasi dari teknologi Big Data. Software yang bekerja lebih dari sekedar perangkat lunak ini, dapat diakses secara terbuka atau open source. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, Hadoop sendiri merupakan sekumpulan software yang mampu menyelesaikan permasalahan dari sekumpulan data dengan jumlah yang besar. 

    Dengan besarnya volume dan banyaknya variasi data yang diperoleh suatu perusahaan, menjadikan Hadoop bisa menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Adapun beberapa perusahaan besar yang mengimplementasikan Hadoop dalam proses pengolahan Big Datanya, salah satunya adalah media sosial Facebook. 

    Baca juga: Belajar Big Data, Yuk Kenali 4 Hal tentang Big Data yang Perlu Kamu Ketahui!

      2. Apa saja Prinsip Penting pada Hadoop?

      Berdasarkan penjabaran terkait implementasi Hadoop dalam Big Data di atas, terdapat tiga prinsip penting pada software yang identik dengan logo gajah berwarna kuning ini. Pertama, software Hadoop mampu menggabungkan banyak komputer menjadi satu kesatuan, dimana dengan banyaknya penggabungan ini maka data akan disebar ke seluruh komputer yang ada untuk saling menjaga data di dalamnya agar tetap aman. 

      Dalam Hadoop juga, terdapat sistem yang dapat membagi proses perhitungan atau komputasi yang biasanya memakan waktu yang sangat lama. Secara teknis, pada proses ini Hadoop menggunakan teknik map reduce yang dikoordinasikan dengan job tracker. Selain itu, sistem ini juga mampu membagi beban penyimpanan ke berbagai komputer guna menyelamatkan data jika ada komputer yang mati. Sistem tersebut biasa dikenal dengan sebutan Hadoop Distributed File System (HDFS).

        3. Hadoop: Kumpulan Software yang Bekerja Sama dalam Mengolah Data

        Segara garis besar, Hadoop bekerja dan memiliki peran lebih dari sekedar perangkat lunak. Kumpulan beberapa software dalam Hadoop ini saling bekerja sama untuk meminimalisir waktu pengolahan dan memaksimalkan penyimpanan data yang ada. Terdapat inti atau core dari Hadoop, dimana software ini bisa didapat di website Apache Hadoop. Inti Hadoop ini ialah Hadoop Distributed File System, dimana HDFS ini sendiri merupakan tempat penyimpanan data-data dan file. 

        Selain itu terdapat Data Mining, dimana bagian ini dibuat untuk mempermudah dalam menjalankan Map Reduce. Contoh dari bagian ini adalah Apache Hive dan Apache Pig. Lalu, terdapat Database NoSQL (Not only SQL) yang bisa memberikan akses data dengan waktu yang cepat, contohnya adalah Apache Cassandra dan Apache HBase.

        Baca juga: Implementasi Teknologi Big Data untuk Membantu Ekspansi Industri Bisnis

          4. Yuk, Mulai Belajar Hadoop dalam Big Data dengan Bergabung bersama DQLab!

          Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

          Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

          Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

          • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

          • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

          • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

          • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

          Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

          1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

          2. Akses module Introduction to Data Science

          3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

           

          Penulis : Frindy Johana

          Editor : Annissa Widya

          Share

          Postingan Terkait

          Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!