BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 57 Menit 0 Detik 

Belajar Big Data : Pemula Wajib Tahu Kekurangan dan Kelebihannya

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cb786333e78bca6733a3401384afce4c_x_Thumbnail800.jpg

Big data bukan sebuah teknologi yang berdiri sendiri namun merujuk pada sistem teknologi yang melibatkan himpunan data yang begitu beragam, cepat berubah dan berukuran super besar dengan segala kompleksitasnya. Kebutuhan berbagai perangkat maupun software dalam menampung berbagai jenis data bisa mengakibatkan proses penanganan data menjadi lebih lambat dan efektivitas yang menurun. Langkah terbaik yang menjadi solusi dari permasalahan tersebut adalah menggunakan big data. Manfaat big data sangatlah beragam hingga ke berbagai lini industri.


Tidak ada yang sempurna, meskipun memberi berbagai manfaat dalam penggunaannya, big data tetap memiliki kelebihan dan kekurangan dibaliknya. Pada artikel kali ini, DQLab akan mengajak sahabat data untuk mengetahui informasi seputar kelebihan dan kekurangan big data melalui penjelasan dibawah ini. Yuk, langsung simak aja!


1. Menghemat Biaya dan Waktu

Kelebihan lain dari penggunaan big data adalah Penyimpangan data dengan menggunakan sistem big data dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan serta bersifat jangka panjang. Waktu dan kecepatan transfer juga terjadi diatas rata-rata oleh sistem database lainnya. Hal tersebut menyebabkan pengelolaan sebuah operasi data menjadi lebih cepat.


2. Membantu Analisa Tren Pasar dan Deteksi Anomali Bisnis

Dalam melakukan pemasaran suatu produk atau layanan, analisis terhadap perilaku serta pengetahuan konsumen sangatlah penting bagi perusahaan. Informasi yang berkaitan dengan tren pasar dibutuhkan oleh setiap pengelola bisnis sebagai salah satu bentuk penentuan dan penyusunan strategi marketing yang akan mereka gunakan. Big data menjadi solusi dalam menyediakan informasi yang memudahkan pelaku bisnis untuk menganalisa tren dari data-data tersebut. Selain itu, dengan analisis pasar perusahaan juga dapat memberikan consumer experience yang baik dengan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen. Big data yang digunakan merupakan data yang berasal dari internet, seperti cuitan user twitter, review di website, dan lain sebagainya.


Mendeteksi data secara cepat dan tepat dapat dilakukan dengan menggunakan big data, Kegiatan ataupun proses yang menyimpang (anomali) dari segi teknis maupun teknis dapat segera dideteksi. Big data juga bisa memberikan opsi atau pilihan untuk mengatasi anomali tersebut.


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


3. Isu Privasi dan Keamanan

Selain memerlukan tools khusus, kelemahan lainnya yang ditemukan dalam penggunaan big data adalah adanya pelanggaran hak privasi dan keamanan. 

Perusahaan raksasa seperti Yahoo dan Facebook telah menemukan banyak pelanggaran pada penggunaan big data. Hal ini menyebabkan beberapa negara seperti mulai memperketat kebijakan perlindungan data umum atau dikenal dengan General Data Protection Regulation (GDPR). Tujuannya, untuk memperketat protokol, proses, dan infrastruktur untuk melindungi data serta mengurangi resiko penyalahgunaan data


4. Memerlukan Tools Khusus

Meskipun memiliki berbagai kelebihan dalam penggunaannya, big data juga memiliki kekurangan dibaliknya. Dalam menggunakan big data, kamu perlu memiliki tools yang memadai karena volume data yang terlalu besar seringkali menyebabkan tools analisis data konvensional tidak dapat digunakan untuk mengolah data. Selain itu, infrastruktur teknologi informasi yang proper juga diperlukan, seperti ruang penyimpanan yang besar, prosesor dengan daya komputasi yang memadai, dan lain sebagainya. Satu hal yang tidak kalah penting adalah kita harus memiliki pemahaman mengenai metode pengolahan data yang tepat.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


5. Siapa Saja Bisa Belajar Data Science Bersama DQLab!

Prospek kerja yang besar serta pentingnya penerapan di era digital menyebabkan Data Science menjadi ilmu yang wajib kamu kuasai sebagai seorang praktisi data. Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk belajar ilmu Data Science karena terdapat program DQLab yang bisa kamu ikuti. Jadi, kamu tetap bisa belajar dan bersaing dengan mereka yang lebih dulu memiliki background atau memiliki bekal Data Science.


Yuk belajar Data Science bersama  DQLab dengan cara sign up di DQLab.id. Kamu bisa langsung nikmati pengalaman belajar Data Science dengan modul gratis secara praktis dan fleksibel. Tunggu apa lagi? Persiapkan diri kamu menjadi praktisi data handal dengan DQLab

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :