PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 54 Menit 43 Detik 

Belajar Coding Python Simpel dengan Live Code Editor DQLab

Belajar Data Science di Rumah 17-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9323c175062f25bf2399c0a25213dc74_x_Thumbnail800.jpg

Coding python merupakan salah satu kegiatan yang mulai banyak dilirik oleh data enthusiast, terutama bagi beginner. Python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language.


Maksud dari general purpose adalah bahasa pemrograman yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai macam permasalahan, mulai web development, data science, game development, dan lain sebagainya, sedangkan yang dimaksud dengan kategori high level programming language adalah python mudah dibaca dan ditulis oleh manusia.


Selain itu, alasan python digemari oleh profesional data karena bersifat open source. Maksudnya, bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum ini bisa digunakan untuk tujuan komersial dan non komersial.


Coding python sangat beragam, mulai coding sederhana yang hanya membutuhkan satu baris script code hingga coding kompleks yang harus ditulis dalam ratusan bahkan ribuan baris. Bagi seorang pemula, belajar coding python sebaiknya dimulai dari yang paling sederhana dan disarankan sudah memiliki basic coding.


Pada artikel kali ini, DQLab akan memperkenalkan live code editor yang bisa diakses GRATIS kapanpun dan di manapun. Yuk simak cara coding python menggunakan live code editor dari DQLab!


1. Python “Hello World” dan Statement

Hello world adalah kalimat yang sering digunakan dalam python untuk pembuka. Agar kalimat tersebut bisa muncul, kita perlu menggunakan fungsi print. Cara kerja live code editor DQLab sama dengan environment python. Berikut adalah contoh ‘penampakan’ live code editor DQLab.

python


Setelah button run ditekan, maka di kolom console akan muncul output dari script code di kolom code editor.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Variabel Python

Penulisan variabel di live code editor DQLab sama dengan penulisan variabel di environment python lainnya. Ada tiga aturan penting yang wajib diikuti. Pertama, nama variabel harus dimulai dengan huruf atau karakter underscore dan tidak bisa dimulai dengan angka.


Kedua, variabel hanya bisa mengandung alfabet, angka, dan underscore. Ketiga, variabel bersifat case sensitive yang artinya huruf kapital dan non kapital sangat berpengaruh. Berikut adalah contoh penggunakan live code editor untuk menulis variabel. Ketika button run di-klik, maka di bagian kolom console akan muncul hasilnya.

python


3. Menggunakan Comment

Dalam penulisan script python, comment adalah salah satu hal penting karena comments dapat kita selipkan di antara sekumpulan statements untuk dapat berkomunikasi dengan rekan data lainnya dalam satu tim.


Ada dua jenis comment, yaitu single comment dan multi comment. Comment ini tidak ada terbaca saat script code dirun. Setelah kita menuliskan script code di kolom code editor kemudian menekan button run, hasilnya akan muncul di kolom console.

python


4. Praktik Langsung

Yuk perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui cara kerja live code editor dari DQLab!

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Yuk coba langsung live code editor dari DQLab! Caranya gampang, cukup klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id, kemudian masuk ke My Class dan pilih All Modules.


Cari modul dengan judul “Introduction to Data Science with Python” yang berlabel GRATIS. Selain python, kamu juga bisa belajar menggunakan R dengan live code editor dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :