DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 8 Menit : 29 Detik

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 11-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d94dd21d881d4e819a2a430b0b97be48_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan bagian dari microsoft dan memiliki beberapa ‘saudara’ seperti microsoft word, power point, dan access. Software yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft ini dibuat khusus untuk mencatat, menyimpan, dan mengolah data. Microsoft excel bisa digunakan di berbagai bidang industri, oleh karena itu, hampir seluruh perusahaan mewajibkan karyawannya untuk belajar excel. Software ini memiliki bermacam-macam fitur, mulai dari rumus operasi hitung matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya hingga rumus statistika yang sangat kompleks. 

Excel merupakan software pengolahan data yang menggunakan spreadsheet. Ada tiga istilah penting yang harus Kamu ketahui sebelum belajar excel. Pertama, dalam microsoft excel ada istilah baris. Baris merupakan angka-angka berurutan secara horizontal yang dimulai dari angka satu. Baris dimulai dari kiri ke kanan layar atau sebaliknya. Istilah kedua adalah kolom. Kolom merupakan deretan huruf-huruf yang dimulai dari huruf A dan terletak secara vertikal di layar komputer. Istilah terakhir adalah cell. Cell merupakan kotak-kotak kosong yang dapat kita isi dengan berbagai karakter, baik angka, huruf, tanda baca, dan lain sebagainya. Cell diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris, Misalnya cell A1 yang artinya, cell yang berada di kolom A baris ke satu. Excel berisi fungsi-fungsi yang kompleks dan rumit, oleh karena itu cara termudah untuk belajar excel adalah dengan belajar dari dasar-dasarnya terlebih dahulu. Lalu apa saja yang wajib diketahui oleh seseorang yang baru belajar microsoft excel? Tenang, DQLab punya jawabannya. Yuk simak artikelnya sampai selesai!

1. Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya

Excel merupakan bagian dari microsoft office yang berfungsi untuk mencatat, menyimpan, dan mengolah data dengan metode spreadsheet. Microsoft tidak hanya dapat digunakan di sistem windows saja, tetapi juga dapat digunakan di sistem lain seperti Mac OS, android, dan Apple. Excel merupakan software spreadsheet elektronik. Spreadsheet sendiri merupakan kumpulan cell yang terdiri dari baris dan kolom. Apakah Kamu tahu berapa jumlah baris dan kolom dalam satu worksheet excel? Dalam satu halaman worksheet total kolom yang tersedia adalah 16384 kolom dan 1048576 baris, sehingga total cell yang ada dalam satu lembar worksheet adalah 17179869184. Wow banyak sekali ya!

Di era serba digital seperti saat ini, microsoft excel merupakan software paling populer dan paling banyak digunakan di berbagai bidang. Bahkan, saat ini excel sudah menjadi syarat umum yang harus dimiliki oleh job seeker. Kepopuleran excel semakin meningkat seiring dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Beberapa kelebihan excel adalah user interface yang mudah dipahami dan dipelajari, kompatibilitas dengan berbagai sistem dan platform, memiliki formula pivot untuk mempermudah manajemen data, membutuhkan RAM dan memori lebih kecil, mendukung value basic, dan memiliki fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.

Microsoft excel dapat digunakan di berbagai sektor industri. Beberapa manfaat microsoft excel bagi perusahaan adalah Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik, membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan, menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dan lain sebagainya, melakukan analisis dan riset harga, mengkonversi mata uang, membuat grafik persamaan matematika, dan lain sebagainya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Pengertian Workbook, Bagian-Bagian Workbook, dan Fungsinya

Workbook merupakan buku kerja untuk melakukan manajemen data yang dapat menyimpan lebih dari satu worksheet. Istilah worksheet sendiri merupakan lembar kerja elektronik yang berisi kumpulan-kumpulan cel tempat menginput dan mengolah data. Fungsi workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada microsoft excel. 

Gambar di bawah ini merupakan tampilan workbook beserta bagiannya pada microsoft excel 2007.


Bagian Title Bar berfungsi untuk menampilkan nama workbook yang sedang aktif atau dibuka. Secara default nama workbook pada Microsoft Excel adalah "Book1". Quick Access Toolbar berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan pada Microsoft Excel dan dapat mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar. Control windows berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel, yaitu maximize, minimize, dan menutup jendela Microsoft Excel. Bagian Menu Bar merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Setiap menu bar terdiri dari ribbon. Ribbon adalah tempat perintah-perintah atau grup perintah yang sebagian besar dilengkapi dengan ikon perintah atau command button, dan masing-masing command button mempunyai fungsi-fungsi tertentu. Name Box atau Kotak Nama berfungsi untuk menampilkan index atau nama sel yang sedang aktif. Formula Bar berfungsi untuk memberikan formula pada sel yang sedang aktif. Selain itu kita juga dapat mendefinisikan nilai numerik maupun teks pada formula bar. Bagian index kolom atau lebih dikenal dengan kolom  berfungsi untuk menampilkan nama kolom yang diidentifikasi dengan huruf A hingga XFD. 

Index baris atau lebih dikenal dengan baris berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang diidentifikasi dengan angka 1 hingga 1048576. Tab Worksheet  berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet serta memilih worksheet yang akan digunakan pada lembar kerja. Bagian Horizontal Scroll Bar berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke kanan atau ke kiri sedangkan Vertical Scroll Bar berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.


3. Pengertian Ribbon dan Fungsi-Fungsinya

RIbbon adalah kumpulan perintah yang terdiri dari beberapa menu tab dan setiap tab berisi perintah berdasarkan grup tertentu. Isi dari ribbon adalah tab menu, command group, dan command button. Menu tab pada Microsoft Excel 2007 berisi home, insert, page layout, formulas, data, review, dan view. Menu home pada microsoft excel berisi perintah yang paling sering digunakan. Command group yang ada di menu home adalah clipboard, font, alignment, number, styles, cells, dan editing. Command group yang ada menu insert di microsoft excel 2007 adalah tables, illustrations, charts, links, dan text. Command group yang ada di menu page layout adalah themes, page setup, scale to fit, sheet options, dan arrange. Pada menu formulas, ada beberapa command group, antara lain function library, defined names, formula auditing, dan calculation. Pada menu data, ada lima command grup yaitu get external data, connections, short and filter, data tools, dan outline. Pada menu review dan view masing-masing terdapat tiga dan lima command group. Di menu review ada command group proofing, comments, dan changes, sedangkan di menu view ada command group workbooks view, show/hide, zoom, window, dan yang terakhir macros.

Excel tidak hanya software yang dapat digunakan untuk mengolah data saja, tetapi juga dapat digunakan untuk bidang data science. Data science merupakan percabangan dari ilmu statistika, matematika, dan ilmu komputer. Di era teknologi yang menghasilkan berbagai macam data, data science sangat diperlukan untuk mengekstrak data menjadi informasi yang insightful yang akan digunakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan mulai mencari data scientist dengan gaji yang fantastis. Fenomena tersebut membuat banyak orang mulai serius mempelajari data science. Kabar baiknya, ilmu ini dapat dipelajari oleh siapapun dengan latar pendidikan apapun.

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

4. Fungsi Agregasi untuk Pengelompokan Data

Agregasi adalah cara meringkas dan mengelompokkan data. Permulaan dengan raw data dari tabel atau sumber data lain. data sering memiliki banyak detail, namun belum dikelola atau dikelompokkan dengan cara yang tepat. Kurangnya truktur ini mungkin menyulitkan untuk menemukan pola dalam data. Bagian penting dari pemodelan data adalah untuk menentukan agregasi yang dapat menyederhanakan, meringkas, atau merangkum pola dalam menjawab pertanyaan bisnis tertentu.

Agregasi paling umum banyak digunakan dalam industri pengolahan data, seperti yang menggunakan average (avg), count, max, min, atau sum dapat dibuat secara otomatis dengan menggunakan autosum. 

Saat melakukan penggabungan data, pengelompokan data dilakukan menurut atribut seperti produk, harga, kawasan, atau tanggal lalu menentukan rumus yang berfungsi pada semua data dalam grup. Misalnya, saat membuat total selama setahun, fungsi yang digunakan adalah fungsi agregasi seperti summary atau biasa dikenal dengan sebutan SUM agregasi. Jika membuat rasio tahun ini pada tahun sebelumnya dan menyajikannya sebagai persentase, itu tentu saja menggunakan fungsi agregasi yang berbeda.

Keputusan cara mengelompokkan data didorong beberapa kebutuhan akan pertanyaan bisnis. Misalnya, agregasi dapat menjawab pertanyaan berikut:

  1. Berapa banyak transaksi yang ada dalam sebulan?

  2. Apa artinya penjualan rata-rata bulan ini, oleh tenaga penjual?

  3. Nilai minimum dan maksimum kawasan penjualan mana yang menjadi lima besar dari ketentuan barang yang terjual?

Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan diatas kamu butuh data yang cukup mendetail yang berisi angka untuk dihitung atau jumlah, dan data numerik harus terkait dalam beberapa cara ke grup yang akan digunakan untuk mendapatkan jawaban atas ketiga pertanyaan tersebut.  Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut butuh beberapa fungsi agregasi sederhana yang kadang terlupakan oleh praktisi data pemula. 

Misalnya untuk menjawab pertanyaan pertama, dibutuhkan fungsi kombinasi antara count dan sum, contohnya jumlah transaksi terbanyak adalah benda X, untuk menghasilkan benda X sebagai transaksi terbanyak maka kamu dapat menggunakan pivot tabel dan fungsi SUM summary dan count. Fungsi summary digunakan untuk mengetahui total keseluruhan sales yang didapatkan sementara fungsi count digunakan untuk mengetahui jumlah transaksi yang dilakukan untuk membeli barang X. Kemudian, untuk menjawab pertanyaan nomor kedua kamu dapat menggunakan fungsi AVG atau average dimana jumlah sales dibagi banyaknya jumlah seller yang ada sehingga didapatkan rata rata penjualan oleh penjual. Namun yang perlu diingat adalah terdapat beberapa pencilan yang harus dihindari. Sementara pertanyaan nomor ketiga dapat dijawab dengan fungsi agregasi yaitu MIN dan MAX. 

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!


Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

5. Yakin Sudah Menguasai Excel? Yuk, Ikuti Mini Quiznya!

Tahukah kamu? Menganalisis data statistik dapat kamu pelajari bersama DQLab loh! Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati quiz GRATIS “Basiq Excel” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. 

Bagaimana cara mengikuti quiznya? simak caranya dibawah ini :


1. Klik button dibawah untuk signup di DQLab.id

2. Masuk ke Academy.dqlab.id 

3. Pilih menu "Platinum"

4. Ikuti Quiz Basic Excel yang tersedia

5. Selamat mencoba sahabat data DQLab!


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!