FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 36 Menit 36 Detik 

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel Bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 11-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d94dd21d881d4e819a2a430b0b97be48_x_Thumbnail800.jpg

Excel adalah salah satu bagian microsoft office yang paling banyak digunakan untuk manajemen data, seperti mencatat, menyimpan, dan mengolah data. Salah satu kelebihan yang dimiliki microsoft adalah dapat digunakan di berbagai sistem, seperti Mac OS, android, windows, linux, dan lain sebagainya. Microsoft excel bisa digunakan di berbagai bidang industri, oleh karena itu, hampir seluruh perusahaan mewajibkan karyawannya untuk belajar excel. Software ini memiliki bermacam-macam fitur, mulai dari rumus operasi hitung matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian, pembagian dan lain sebagainya hingga rumus statistika yang sangat kompleks. 


œExcel itu salah satu hal yang urgent juga untuk persiapan diri menjadi praktisi data. Contohnya ketika kita mau liht baris data kita butuh excel untuk tahu detail customernya. Selain itu untuk menampung data sebelum pengolahan data dilakukan. Excel juga sangat membantu, jadi dari excel baru diimport ke R atau python untuk melanjutkan proses pengolahan data Tantut Wahyu, Data Analyst RupaRupa.com


Excel berisi kumpulan cell yang terdiri dari baris dan kolom yang dikenal dengan spreadsheet. Jika kita scroll worksheet excel maka kita tidak akan menemukan ujung dari worksheet. Namun ternyata excel punya limit loh! Satu halaman worksheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris. Jika di total dalam satu lembar worksheet terdiri dari 17.179.869.184 buah cell.

Di dunia modern yang didukung dengan teknologi canggih, hampir semua sektor industri menggunakan excel untuk membantu kegiatan sehari-hari. Setiap industri menggunakan excel untuk tujuan yang berbeda-beda, seperti mengedit, menganalisis, visualisasi data, membuat catatan dan laporan, dan lain sebagainya. Ada banyak fungsi yang dimiliki excel, mulai dari fungsi basic seperti operasi matematika dasar hingga fungsi kompleks seperti analisis statistika. Sebelum menggunakan fungsi yang kompleks, kita perlu memahami dulu bagaimana cara menggunakan fungsi dasar excel karena ada beberapa fungsi kompleks yang merupakan pengembangan dari fungsi dasar. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa contoh penggunaan fungsi dasar excel untuk membantu pekerjaan di berbagai sektor industri. 


1. Bagian-Bagian Worksheet Excel

Worksheet adalah lembar kerja yang digunakan untuk manajemen data yang berisi baris dan kolom yang membentuk kumpulan cell. Berikut adalah gambaran worksheet excel.

Title bar merupakan fitur excel yang menampilkan nama file excel yang sedang dibuka. œBook1 merupakan nama default yang disediakaon oleh excel. Quick Access adalah toolbar yang berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan oleh user serta dapat digunakan untuk mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada quick access. Control windows di sebelah kanan atas terdiri dari fitur maximize, minimize, dan close yang berfungsi untuk mengatur tampilan jendela excel. Di bagian bawah title bar, terdapat menu bar yang berisi perintah-perintah pada excel. Setiap menu berisi ribbon yang terdiri dari tempat-tempat berisi perintah atau grup perintah yang sebagian besar dilengkapi ikon perintah atau command button. Command button dilengkapi dengan fungsi-fungsi tertentu. Di bawah kiri ribbon, terdapat name box yang berfungsi untuk memberikan nama pada sheet yang sedang aktif. Index kolom atau kolom adalah fitur untuk menampilkan nama kolom yang dilambangkan dengan huruf A hingga XFD. Sedangkan index baris atau baris berfungsi untuk menampilkan index baris yang dilambangkan dengan angka 1 hingga 1048576. Di bagian kiri bawah, terdapat tab worksheet yang digunakan untuk menambah atau menghapus worksheet dalam satu file excel. Pada worksheet excel, terdapat vertikal dan horizontal scroll bar yang digunakan untuk menggeser lembar kerja ke kanan dan ke kiri, serta ke atas dan ke bawah.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Cara menggunakan Formula SUM

Salah satu fungsi agregat pada excel yang paling banyak digunakan adalah formula SUM. Formula ini digunakan untuk menghitung jumlah keseluruhan data. Misalnya, dalam satu hari, sebuah supermarket bisa menjual 20 jenis barang dengan total penjualan setiap barang sebagai berikut

Untuk menghitung total penjualan, akan sangat sulit untuk menghitung secara manual menggunakan kalkulator. Selain itu, hasil hitung manual juga memiliki potensi besar human error sehingga hasilnya kurang akurat. Untungnya, pada excel ada formula SUM yang bisa membantu staf supermarket menghitung total penjualan. Caranya, ketikan =SUM(range yang akan dihitung) lalu klik enter. Jika fungsi berjalan, maka total penjualan akan muncul.


3. Cara Menggunakan Formula SUMIF

Penggunaan formula SUMIF sama dengan formula SUM, hanya saja formula ini membutuhkan argumen lain karena akan menjumlahkan item sesuai kriteria tertentu. Misalnya, sebuah supermarket ingin menghitung berapa penjualan beberapa produk dalam satu hari dengan detail sebagai berikut

Untuk menghitung total setiap produk yang terjual dalam sehari, kita bisa tuliskan =SUMIF(range produk;nama produk";range total produk) lalu klik enter. Untuk menghitung semua produk, kita cukup mengubah nama produk sesuai dengan produk yg akan dihitung. Sudah berhasil? Mudah bukan?


4. Cara Menggunakan Formula AVERAGE

Formula AVERAGE  merupakan formula yang digunakan untuk mencari rata-rata pada kumpulan data. Contoh penggunaan formula ini adalah misalnya suatu minimarket ingin menghitung rata-rata penjualan produk dalam satu hari dengan data penjualan sebagai berikut.

Untuk membuat rata rata penjualan, kita perlu menuliskan =AVERAGE(range data) lalu klik enter dan rata-rata produk yang terjual akan muncul. Hasil dari formula ini bisa berbentuk bilangan bulat dan bilangan desimal. Oleh karena itu, kita harus membulatkan desimalnya dengan mengklik button decrease decimal.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Ingin Mengeksplor Excel Lebih Jauh? Yuk Ikut Mini Quiz DQLab!

Mau tahu penerapan rumus Excel di dunia kerja? Yuk kenali Excel dengan mengerjakan Mini Quiz Basic Excel. Kamu akan mengenal komponen ruang kerja Excel, Rumus-rumus Excel serta Grafik di Excel.

Yuk, ikuti Mini Quiznya sekarang caranya dibawah ini :

  1. Buat akun di DQLab.id

  2. Kamu akan masuk ke Learning Platform DQLab Academy

  3. Pilih menu œQuiz dan pilih œExcel

  4. Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :