DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 6 Menit : 14 Detik

Analysis ToolPak, Statistik Tools Excel yang Mempermudah Pengelolaan Datamu!

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0fc0f9a089a7e1edc0da0dbc2db957f2_x_Thumbnail800.jpg

Ketika kamu perlu mengembangkan analisis teknik dan statistic yang cukup kompleks, jangan khawatir karena Ms Excel memiliki satu tools statistic yang bernama Analysis ToolPak. Tools ini merupakan satu set perangkat Data Analysis yang tersedia pada bagian Data di Ms Excel. Aalysis ToolPak berfungsi untuk menghitung secara statistic dan menampilkan hasilnya dalam sebuah tabel ataupun bagan. Kita hanya tinggal perlu menyediakan data dan parameter untuk setiap analisis yang ingin kita gunakan.

1. Mengaktifkan Analysis ToolPak

Pertama-tama buka aplikasi MS Excel kamu, baik 2007,2010,2013, maupun di atasnya. Selanjutnya, untuk Excel 2007, klik tanda windows pada layar pojok kiri. Dan Excel 2010, klik menu file. Kemudian klik Options dan pilih Add-Ins. Pada list Inactive Applications Add-Ins, pilih Analysis Toolpak. Setelah itu di bawahnya, di Manage terdapat pilihan dropdown, pilih Excel Add-Ins dan klik Go. Kemudian klik OK. Terakhir, pada Tab Data akan muncul pada Ribbon kanan yaitu Ribbon Analysis dengan tools Data Analysis.


Baca juga: Data Analisis : Otomatisasi 3 Pekerjaan Repetitif Pada Excel Ini Menggunakan Python

2. Fungsi-fungsi yang Bisa Digunakan

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dimiliki Analysis ToolPak seperti, analisis Anova Single dan Two Factor, Korelasi sepasang data, Covariance: Hubungan antara sepasang data, Descriptive Statistics, Exponential Smoothing, F-Test: Uji kesamaan varians, Fourier Analysis, Histogram, Moving Average, Random Number, menghitung urutan (Rank) dan Persentil, Analisis Regresi, pengambilan sampel, t-Test: Uji kesamaan rata-rata, dan z-Test: Uji perbedaan rata-rata.

3. Contoh Penggunaan Pada Analisis Anova

Analisis Anova pada MS Excel digunakan berdasarkan faktor dan sampel yang dimiliki oleh populasi data yang hendak diuji. Pada contoh kali ini kita akan menggunakan Anova Single Factor. Langkah pertama adalah pada Tab Data, di dalam grup Analysis pilih Data Analysis. Lalu, pada Analysis Tools klik Anova: Single Factor lalu klik OK. Pada kotak Input Range, masukkan data yang ingin dianalisis, dan pada kotak Output Range untuk memilih di bagian mana hasil analisis akan muncul, dan klik OK. Setelah itu hasil analisis akan keluar dalam bentuk tabel dengan kondisi jika F > F Crit, maka ‘reject the null hypothesis’. Dimana rata-rata dari ketiga populasi tidak semuanya sama. Namun, pada analisis Anova tidak memberi tahu dimana letak perbedaan populasi tersebut. Untuk itu dibutuhkan t-Test.


Baca juga: Data Analysis Excel : Yuk Intip Tiga Fungsi Utama Excel untuk Mempermudah Pengelolaan Bisnismu Secara Akurat

4. Yuk mulai belajar Analisis Data bersama DQLab!

Tahukah kamu? Menganalisis data statistik dapat kamu pelajari bersama DQLab loh! Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. 

Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial.

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!