Belajar Data Analyst : Tips Sukses Interview Kerja Sebagai Data Analyst

Belajar Data Analyst : Tips Sukses Interview Kerja Sebagai Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/91c22a3738752599777e06d1943c1a24_100_persen.jpg

Salah satu karir di bidang data yang paling umum adalah bekerja sebagai Data Analyst. Dalam perjalanan menjadi seorang Data Analyst tentu ada banyak yang harus dipelajari. Belajar menjadi Data Analyst, bukan berarti hanya belajar soal teknikal skills seperti SQL, Python dan lain sebagainya. Mendapatkan suatu pekerjaan tidak selalu tentang seberapa hebat kita dalam menguasai alat-alat analisis. Terdapat beberapa trik lain yang harus dipersiapkan agar kita sukses mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, termasuk menjadi Data Analyst.


Dalam artikel ini, DQLab akan berbagi tentang beberapa tips yang perlu dipersiapkan apabila kamu sedang menghadapi interview kerja untuk pekerjaan Data Analyst. Interview kerja untuk seorang Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Intelligence dan lain sebagainya bisa jadi memiliki perbedaan pada beberapa hal. Artikel ini akan berfokus pada apa-apa yang sebaiknya kamu persiapkan dalam menjadi seorang Data Analyst. Lalu, apa saja hal-hal tersebut? Perhatikan penjelasan berikut ya!


1. Memahami Permasalahan yang Dihadapi Perusahaan yang Kamu Lamar

Tidak setiap peran Data Analyst sama, sebagaimana tidak semua peran CEO sama. Perusahaan yang berbeda di berbagai tahap akan memiliki serangkaian tantangan data yang berbeda. Tidak ada solusi satu arah untuk semua dalam mempersiapkan wawancara kerja kamu.


Ingat, mereka mempekerjakan kamu untuk memecahkan masalah mereka. Jadi jika kamu bisa menyelesaikannya, kamu akan dipekerjakan. Tapi itu menimbulkan pertanyaan: masalah apa? Jika kamu memiliki target perusahaan yang ingin kamu lamar, pertama-tama, lakukan penelitian menyeluruh tentang perusahaan tersebut, coba cari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut:


  1. Apa model bisnis mereka, bagaimana mereka menghasilkan uang?

  2. Dalam industri mereka, apa metrik utama / penting untuk dilacak?

  3. Pada tahap mereka, apa masalah datanya?

  4. Seperti apa pelanggan mereka?


Baca Juga : Belajar Data Analyst : 3 Basic Query yang Harus Kamu Ketahui Ketika Belajar SQL





2. Ulas Kembali Kemampuanmu di 3 Hal : Bisnis, Komputasi, Teknikal.

Kemampuan Bisnis

Seorang analis bukan hanya peran teknis. Sama seperti bagaimana tetangga kita yang ramah, Spider-man, memiliki indra laba-laba untuk mendeteksi bahaya guna membantu perjuangannya melawan penjahat, seorang analis harus memiliki naluri bisnis yang baik sambil dibekali dengan pengetahuan teknis di dunia bisnis. Naluri bisnis yang baik tidak muncul secara alami. Itu membutuhkan pengalaman, pemikiran dan banyak pencobaan dan kesalahan.


  1. Angka apa yang harus saya tunjukkan yang paling masuk akal dalam laporan data?

  2. Jenis KPI apa yang seharusnya menjadi ukuran seberapa baik bisnis itu berjalan?


Peran seorang analis bersifat dinamis dan menuntut tetapi tetap bermakna karena kamu menjadi bagian dari solusi untuk masa depan perusahaan.


Komputasi (Bekerja dengan angka)

Tidak ada jalan keluar dari angka dalam analitik. Angka berfungsi sebagai ukuran yang dapat diukur yang mendukung pengambilan keputusan di sebuah perusahaan. Seorang analis yang baik akan diminta untuk memahami angka-angka tersebut. Memiliki kemampuan untuk memahami angka dalam laporan memungkinkan kamu untuk menjelaskan dan melukiskan gambaran tentang situasi saat ini.


Kemampuan untuk bekerja dengan angka yang baik akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:


  1. Apakah tingkat konversinya terlalu rendah?

  2. Angka ini terlihat salah, apakah ini dihitung dengan salah?

  3. Mengapa jumlah pemesanan menurun meskipun ada pengeluaran iklan baru-baru ini?


kamu akan menjadi orang yang tepat ketika perusahaan membutuhkan pengambilan keputusan, menggunakan angka.


Teknikal

Memiliki keterampilan teknis yang baik merupakan persyaratan bagi analis karena banyak alat beroperasi pada bahasa pemrograman yang berbeda. Ini akan menjadi keuntungan untuk mengetahui sebanyak mungkin bahasa. Jika kamu tidak punya waktu untuk menguasai semuanya, SQL adalah bahasa manajemen database yang perlu kamu fokuskan. SQL adalah bahasa data paling penting di dunia analitik dan akan terus menjadi lebih umum. Belajar, berlatih dan ulangi!


4. Menyiapkan Jawaban Atas Pertanyaan Umum


Setiap Interview biasanya memiliki beberapa Pertanyaan umum yang sangat disayangkan apabila kita tidak memiliki jawaban pamungkas terhadap pertanyaan tersebut. Berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang perlu kamu pikirkan untuk mempersiapkan Interview:

  1. Jika kamu menjalankan situs e-commerce, bagaimana cara mengukur keefektifan fitur Penelusuran di situs web e-commerce tersebut?

  2. Bagaimana kamu mendesain corong penjualan, bagaimana kamu akan menerapkan beberapa pelacakan untuk mengukur konversi menurut sumber yang berbeda?

  3. Apa yang kamu pahami tentang bisnis kami, dan bagaimana kamu akan mengukur kinerja bisnis?

Seorang data analyst yang baik adalah individu dinamis yang memiliki indra bisnis dan angka, mampu memberikan wawasan menggunakan alat bisnis teknis. Untuk mendapat skor pada wawancara analis data, kamu harus bisa beradaptasi. Jangan takut untuk menunjukkan kualitasmu kepada perusahaan yang kamu lamar!


Baca Juga : Belajar Data Analyst : 3 Tools Populer Untuk Mulai Belajar Menjadi Seorang Data Analyst!


5. Yuk mulai karir sebagai Data Analyst Bersama DQLab!

Terapkan ilmunya sekarang untuk kuasai SQL lebih dalam! Nikmati pengalaman belajar di rumah secara praktis dan aplikatif bersama DQLab, dan lanjutkan perjalananmu bersama karakter DQLab Universe lainnya dengan konsep belajar yang lebih seru dan menantang.

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  •  Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2.  Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya 


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!