Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Belajar Data Otodidak : Langkah Terbaik Kenali Dasar Data Science untuk Pemula bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 13-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/696f3587586780c391af062196e9fdc8_x_Thumbnail800.jpg

Melihat perkembangan zaman, mulai banyak orang tertarik untuk belajar data science. Sudah banyak platform informasi yang bisa digunakan untuk belajar data science secara otodidak, seperti youtube, podcast, artikel, bahkan ada beberapa course online gratis. Hal itu dapat memudahkan kamu dalam belajar data sciece, tanpa adanya background pendidikan IT atau STEM. 


Setiap orang memiliki kesempatan untuk belajar hal baru. Bahkan banyak Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer yang bukan dari lulusan pendidikan IT atau STEM, namun ia mau belajar dan mengembangkan dirinya, sehingga ia sukses berkarir di bidang data. Kalo orang lain bisa, Sahabat Data DQLab juga bisa dong. 


Masih bingung mau mulai belajar data science dari mana? Pertama belajar apa ya? Yuk simak cara belajar data science otodidak dan terstruktur! 


1. Belajar Data Science dari Dasarnya

Untuk menjadi seorang praktisi data, diperlukan adanya ilmu matematika, statistika, dan bahasa pemograman. Hal pertama yang harus kamu terapkan adalah kamu suka dengan ketiga ilmu tersebut. Sahabat Data DQLab bisa mulai belajar data science dari :


  • Excel, kamu bisa mengenal fungsi - fungsi yang sering digunakan untuk menganalisis data

  • Python, mulai pelajari library dan pengaplikasiannya, contohnya : Pandas

  • R, pelajari juga package dan penerapannya

  • Data Cleansing

  • Data Visualization

  • SQL, pahami gambaran query

  • ML, pelajari konsep dan dasarnya


Jangan lupa implementasikan ke contoh data, agar ilmunya tidak menguap dan bisa dijadikan sebagai portfolio kamu. Untuk mengimplementasikannya kamu bisa mulai dari mengumpulkan data, lalu data tersebut di analisis, kemudian visualisasikan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Belajar Data Science dari Berbagai Sumber

Ilmu data science sekarang bisa ditemukan dimana saja. Sudah banyak orang yang berbagi ilmu melalu berbagai platform, mulai dari yang berbahasa inggris hingga bahasa indonesia pun ada. Informasi itu murah, yang mahal adalah menyediakan waktu untuk belajar. 


  1. Youtube, sudah banyak content creator yang mengedukasi data science. Salah satu channel bahasa indonesia yang bisa Sahabat Data DQLab ikuti Mega Bagus Herlambang. 

  2. Podcast, salah satu podcast yang bisa kamu dengarkan adalah Data Talks

  3. Artikel, sudah banyak artikel yang menginformasikan seputar data science. Salah satunya, atikel DQLab yang sudah disesuaikan levelnya mulai dari pengetahuan untuk pemula hingga advanced


3. Join Komunitas atau Forum

Mengikuti komunitas dan aktif didalamnya merupakan langkah lain untuk belajar data science. Selain kamu mendapatkan ilmu dari banyak orang, kamu juga bisa sharing penyelesaian data dengan berdisukusi. Sahabat Data DQLab bisa menambah wawasan, memperluas relasi, dan kamu bisa mendapatkan info kompetisi atau seminar sampai lowongan pekerjaan. 


4. Mengikuti Kursus Online Data Science

Setelah kamu mempelajari informasi yang kamu dapatkan, Sahabat Data DQLab bisa mempertajam ilmu melalui kursus online. Selain itu, kamu bisa mengukur dan mengasah soft dan hard skill kamu dengan menganalisis kasus yang disediakan tempat kursus. Sudah banyak kursus online GRATIS yang bisa kamu nikmati khususnya pemula, salah satunya DQLab.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk Mulai Pertajam Ilmu Data Science!

DQLab.id menyediakan modul GRATIS yang terstruktur, cocok untuk kamu yang baru mau mulai belajar data science. Modul œIntroduction to Data Science with Python dan œIntroduction to Data Science with R bisa kamu dapatkan gratis dengan cara signup di DQLab.id/signup lalu dapatkan fasilitas module gratis dengan klik All Modules dan dapatkan reward dari DQLab! Good Luck!



Penulis : Lathifa Lisa

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :