GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 28 Menit 51 Detik 

Belajar Data Science dari Rumah? Gak Masalah! Ini Dia Tips & Tricksnya

Belajar Data Science di Rumah 04-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9b6c6fc53afb3f1fe5efab99a53ce8b8_x_Thumbnail800.png

Mungkin banyak dari kalian sudah mengetahui bahwa terdapat beberapa profesi beken yang sedang naik daun saat ini, profesi-profesi tersebut berhubungan dengan data dan ilmu yang mendasarinya adalah ilmu Data Science. Profesi-profesi tersebut adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. 


Banyak kesempatan yang tersedia jika kalian mau mulai belajar ilmu Data Science, selain prospek kerjanya yang menjanjikan, Data Science juga belum diketahui orang banyak, lho! Maka dari itu, pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mulai belajar Data Science. 


1. Daftarkan Diri di Kursus Online

Jika kalian ingin menjadi ahli dalam ilmu Data Science, tentunya kalian tidak bisa belajar asal-asalan. Kalian memerlukan materi-materi tertentu dan skill atau keahlian khusus untuk bisa menjadi seorang ahli data. Banyak tempat yang bisa kalian jadikan tempat belajar data, salah satunya adalah kursus online.


Mendaftarkan diri kalian pada kursus online dapat membuat kalian nyaman belajar karena dapat disesuaikan dengan kegiatan kalian sehari-hari agar tidak berbenturan. Selain itu juga, dengan kursus online kalian bisa mendapatkan sertifikat yang menjadi salah satu bukti atau surat pengantar ketika akan melamar kerja pada perusahaan nantinya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Kembangkan Skill Terkait Data Science

Seperti yang sempat disampaikan sebelumnya, menjadi seorang ahli data tidak bisa asal-asalan karena kalian memerlukan skill atau keahlian tertentu. Dengan skill atau keahlian khusus tersebut, kalian akan merasa terbantu ketika akan menghadapi suatu masalah dalam pekerjaan kalian nantinya.


Skill atau keahlian terkait Data Science yang perlu kalian kembangkan pertama adalah kemampuan untuk memahami statistika dan matematika. Kedua adalah pemahaman dalam bahasa pemrograman dan database, mulai dari SQL hingga MapReduce. Selain itu juga kalian perlu memahami bisnis dan memiliki intuisi yang tajam untuk dapat memecahkan masalah. Skill terakhir adalah komunikasi dan visualisasi data.


3. Masuki Komunitas Data Science

Selain dua tips yang telah disampaikan sebelumnya, apabila kalian ingin memulai karir dalam industri data, kalian dapat masuk ke suatu komunitas khusus yang berfokus alam mempelajari Data Science. Banyak sekali keuntungan yang bisa kalian dapat dengan memasuki komunitas.


Keuntungannya adalah kalian bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari kegiatan atau seminar yang diadakan, memperluas networking sehingga dapat mengenal banyak orang yang mungkin saja sudah ahli dalam bidang data, dan tentunya dapat membuat kalian lebih bersemangat untuk belajar Data Science ketika dapat mengenal orang lain yang memiliki fokus serupa.


4. Lakukan Praktik Secara Nyata

Praktik secara nyata yang dimaksud adalah ketika kalian sudah mempelajari dan cukup menguasai ilmu Data Science, kalian dapat mulai bekerja di perusahaan sebagai freelance atau magang. Mengapa begitu? Dengan kerja secara langsung, kalian bisa mengasah kemampuan yang telah kalian pelajari.


Selain itu juga, tentunya kalian dapat semakin paham mengenai Data Science karena telah melakukan praktiknya secara langsung. Tidak hanya berguna untuk menambah pengalaman dan pengetahuan, dengan bekerja secara langsung, kalian dapat menambahkan riwayat tersebut di CV kalian agar semakin menarik di mata perusahaan lain ketika kalian ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai tetap.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Mahir dalam Ilmu Data Science Bersama DQLab

Ketika kalian membaca artikel ini dan mulai mencari tempat belajar data, kalian bisa memilih DQLab sebagai tempat tersebut. DQLab menyediakan jadwal belajar yang bisa disesuaikan dengan kegiatan kalian sehingga kalian tetap bisa mendapatkan materi belajar lengkap tanpa mengganggu keseharian. Kalian bisa sign up di DQLab.id untuk melihat program-program bervariasi yang ditawarkan DQLab. Setelah sign up, kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Ayo, mulai sesi belajar kalian bersama DQLab.id dan kuasai ilmu Data Science!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!