Siap Berkarir jadi Data Scientist di DQLab
Mulai dengan Module ‘Introduction to Data Science’ GRATIS Belajar Gratis

Data Science : Tetap Produktif Dirumah dan Belajar Langsung dengan Ahlinya Seputar Ilmu Data Science di Industri Telekomunikasi

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2020

Berkembangnya ilmu pengetahuan menuntut manusia untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi diri. Dengan terus berlatih dan belajar Data Science, kamu bisa meningkatkan kemampuan data dan dapat membangun portofolio datamu. Ilmu data merupakan ilmu yang dapat dipelajari dan mudah diakses baik secara online maupun offline salah satunya dengan belajar bersama DQLab, belajar data science jadi mudah, praktis dan aplikatif

Sebagai seorang Data Scientist kamu akan berhubungan dengan pengolahan data dan analisa data. Data Scientist berperan dalam pengumpulan, pengolahan, serta analisa data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi suatu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan. 

DQLab x Kompas.com berkolaborasidan mengundang mentor DQLan, yang adalah seorang Data Scientist Telkom Indonesia, Anton Suhartono, untuk menggelar sesi Data Mentoring dengan pembahasan “Kenalan Dengan Ilmu Data Science Dan Kupas Tuntas Implementasinya Pada Industri Telekomunikasi”. Yuk, simak bersama untuk tahu apa yang akan kamu pelajari dengan mengikuti sesi webinar ini!

1. Apa Itu Ilmu Data Science?

Data Science merupakan suatu ilmu yang mewajibkan kita untuk mengkombinasikan beberapa ilmu diantaranya Statistics, Programming Language & Business Knowledge. Dalam industri data, jika hanya bermodalkan Statistik dan bahasa pemrograman saja tentu hasil analisa yang akan didapat tidak berdampak besar terhadap suatu perusahaan. 

Menurutnya, Data Science terutama di bidang Big Data harus dimulai dari sudut pandang Bisnis terlebih dahulu agar apa yang kita kerjakan bisa berdampak sangat besar. “Dengan demikian, penerapan Ilmu Data Science harus selalu sepadan dengan pengertian Bisnis dari suatu perusahaan, agar seorang praktisi data dapat menghasilkan solusi dari suatu permasalahan bisnis di industri tersebut.” Ujar Anton.

Baca juga : Mengenal “Data Science” untuk Hadapi Industri di Era New Normal

2. Kamu Perlu Tahu, Ini Dia Penting Ilmu Data Science pada Industri Telekomunikasi

“Data Science dalam industri Telekomunikasi memiliki peran yang sangat penting.” Ujar Anton.

Hal ini menjadi sangat penting karena Ilmu Data Science dapat menghasilkan atau memberikan Customer Experience yang bagus terhadap pelanggan. Tidak hanya mengerti soal permasalahan bisnisnya saja, namun pada industri telekomunikasi, Data Science dibutuhkan untuk pemahaman yang ekstra kepada pelanggan itu sendiri.

“Data Science mampu menjawab kebutuhan itu berdasarkan dari data-data behaviour pelanggan.Contoh kecilnya adalah bagaimana sektor Telekomunikasi memberikan pelayanan yang maksimal agar pelanggan tetap berlangganan di produknya melalui machine learning.” Tambah Anton.

3. Prospek Karir dengan Ilmu Data Science pada Era New Normal

“Kalo menurut saya di era new normal ini, potensi berkarir di bidang data akan semakin besar pula.” Ujar Anton.

Faktor pembatasan kegiatan dari masyarakat, menjadikan potensi masyarakat untuk melakukan aktifitas-aktifitas kebanyakan dari gadgetnya sehingga mampu menghasilkan data lebih banyak lagi. Hal ini akan meningkatkan potensi yang besar bagi kamu yang ingin memiliki karir sebagai pekerja di bidang data.

“Selain Itu jumlah yang terdampak dari pandemic Covid-19 ini semakin hari semakin banyak baik dari jumlah korban maupun dari sektor ekonomi. Membuat keputusan atau kebijakan berdasarkan hasil analisa data-data yang ada sekarang dengan baik dan benar, tentunya akan mengurangi dampak tersebut.” Tutupnya.

Baca juga : New Normal : Hadapi Era Baru dengan Belajar Data Science Bersama DQLab

4. Yuk, Pelajari ilmu Data Science dan pahami Langsung Penerapannya Dengan Kasus Nyata Di Industri Telekomunikasi


Ikuti sesi data mentoring bersama DQLab dan Kompas.com, yuk!  Dengan mengikuti sesi ini, kamu akan berkenalan dengan ilmu data science, dan memahami secara langsung penerapannya pada industri telekomunikasi. Kamu bisa meregistrasikan dirimu disini.

Sesi Data Mentoring ini akan berlangsung pada 7 Juli 2020 mendatang. Isi waktumu dengan hal-hal yang produktif dan mulai belajar skill baru, mumpung sedang di rumah aja. Kamu juga bisa membangun relasi dengan teman-teman data lain. Tetap produktif dan siapkan diri menghadapi dunia data di era new normal ini.

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!