[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 31 Menit 39 Detik 

Belajar Data Science Gratis bagi Pemula di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 20-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/64eb9bf1158787cb667b23f7dd129832_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan suatu ilmu yang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini. Mengapa? Hal tersebut dikarenakan zaman sekarang adalah zamannya big data, yang dimana hampir semua yang digunakan oleh masyarakat merupakan teknologi digital, mulai dari handphone, tablet, dan sebagainya. Oleh karena itu, informasi yang didapat di dalamnya berupa data. Data tersebut dapat diolah menggunakan ilmu yang dinamakan Data Science.


Dari pengolahan data tersebut, kalian bisa mengetahui tren, memprediksi sesuatu, bahkan memecahkan suatu masalah. Dengan mengetahui kegunaan dari Data Science, banyak individu yang tertarik untuk mempelajarinya. Maka dari itu, kali ini DQLab akan memberikan kalian informasi terkait belajar Data Science secara gratis. Yuk, simak bersama!


1. Definisi Data Science

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang ilmu komputer, statistik, dan matematika. Data merupakan hal utama yang dipelajari dalam disiplin ilmu ini, khususnya data kuantitatif atau numerik. Tujuan utama dari ilmu Data Science adalah mengumpulkan, menafsirkan, dan menganalisis data yang terkumpul, baik data tersebut terstruktur ataupun tidak terstruktur.


Dengan mempelajari Data Science, selain bisa dimanfaatkan untuk diri sendiri, kalian juga dapat menjalani karir di dalam industri data sebagai salah satu dari banyaknya profesi yang tersedia. Contohnya adalah Data Analyst, Data Science, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut sedang gencar-gencarnya diminati oleh khalayak dan menjadi incaran perusahaan-perusahaan besar hingga startup.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Apa Saja yang Dipelajari dalam Data Science?

Dikarenakan Data Science merupakan suatu disiplin ilmu, di dalamnya kalian akan mempelajari hal seputar ilmu komputer, statistik, dan matematika. Dengan mempelajari ilmu ini, kalian akan lebih mengasah hard skill kalian dan juga dapat memperluas ke bidang lainnya yang berkaitan dengan Data Science.


Belajar Data Science akan sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi teman-teman, selain karena hal yang telah disampaikan sebelumnya, Data Science juga merupakan sistem yang diterapkan hampir dalam setiap perusahaan karena Data Science merupakan teknologi yang semakin populer dan berperan besar dalam dunia industri.


3. Penerapan Data Science dalam Dunia Industri

Data Science berfungsi untuk menghubungkan berbagai bidang  pekerjaan dalam proses perhitungan dan penerjemahan data. Dari penerjemahan data tersebut, data dapat menghasilkan suatu pola yang diharapkan bisa menjadi jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Oleh karena itu, Data Science sangat berguna dalam dunia industri seperti e-commerce atau situs jual beli online. E-commerce semakin menjamur di Indonesia, ilmu Data Science juga berguna dalam berbagai macam e-commerce untuk menyesuaikan harga berdasarkan profil pengguna sehingga akan lebih sesuai.


Kemudian juga Data Science berguna untuk mendeteksi penipuan dalam industri keuangan. Ilmu ini akan digunakan bersamaan dengan Artificial Intelligence untuk menganalisis prediksi secara real time. Contoh lainnya dalam penerapan Data Science di dunia industri adalah Dynamic Pricing atau penetapan harga dinamis. Penerapan ini berguna untuk memberikan pelanggan harga yang sesuai dilihat dari data yang terkumpul.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Platform Belajar Data Science

Belajar disiplin ilmu Data Science dapat dilakukan dengan berbagai cara, contohnya adalah secara otodidak melalui DQLab.id, artikel maupun Youtube, atau dengan mengikuti kursus yang tersedia di online platform. Terdapat keuntungan dalam masing-masing cara belajar, apabila secara otodidak kalian dapat menyesuaikan waktu belajar dengan keseharian kalian. Sedangkan dengan mengikuti kursus kalian bisa mendapatkan sertifikat yang pastinya akan berguna untuk awal mula karir kalian dalam industri data.


Terlepas dari keuntungan, tentunya ada kelemahan dalam masing-masing platform. Apabila kalian belajar secara otodidak, kalian perlu mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra dalam mendapatkan sertifikat ataupun bukti kalian sudah atau pernah mempelajari ilmu tersebut. Sama halnya dengan belajar di kursus, yang membedakan hanyalah kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk sertifikat karena sudah termasuk dalam biaya kursus yang kalian ikuti.


5. Ayo, Belajar Bersama DQLab!

Dengan belajar dengan kursus berplatform online seperti DQLab, kalian bisa menikmati semua keuntungan yang telah disampaikan, bahkan masih banyak keuntungan lainnya yang tersedia untuk kalian. Selain itu, praktisi yang akan mengajari kalian juga tentunya sudah berpengalaman sehingga kalian bisa menambah ilmu dan memperluas jaringan perkenalan kalian. Tertarik untuk belajar bersama kami? Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, kemudian kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’, lho! Ayo, gabung bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!