PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 3 Menit 23 Detik 

Belajar Data Science Gratis dengan Modul Pengenalan R

Belajar Data Science di Rumah 11-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0e0785715b3f393d341a8077fc07d366_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist merupakan profesi yang sangat menjanjikan saat ini. Sebagai seorang data scientist tentunya kamu akan bekerja dengan cara merubah data-data yang sebelumnya tidak kelihatan berguna menjadi informasi yang berharga. Untuk mewujudkan hal itu, seorang data scientist memerlukan tool (kakas atau peralatan) data science dalam bentuk sebuah perangkat lunak (software).


Software yang diperlukan diusahakan cukup simpel namun kuat (simple but powerful) dalam penggunaannya. Nah, software yang dimaksud itu dinamakan dengan R. R merupakan software pemrograman untuk pengolahan dan pemodelan berbasis data. 


Sifatnya yang portable dan multipatform membuat R tak kalah saing dengan python, R juga memiliki fasilitas grafik yang sangat lengkap. Meskipun point and click GUI interaksi utama R masih bersifat CLI (Command Line Interface).


Penasaran dengan bahasa R lebih lanjut? Sepertinya kamu perlu bergabung dengan kelas Introduction to Data Science with R bersama DQLab, jangan khawatir ini GRATIS! 

 

1. Mengapa Menggunakan R?

R adalah nama sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk pengolahan data dan grafik.

R sangat popular saat ini karena tiga hal berikut:

  • Banyak pilihan pengolahan data dengan jumlah fitur yang sangat komplit - dari grafik sampai machine learning.

  • Lebih cepat dipelajari dan dijalankan untuk mengolah data dibandingkan dengan bahasa lain. 

  • R bersifat gratis dan open source yang artinya, tidak perlu biaya lisensi yang biasanya sangat mahal untuk software pengolahan data.

data science

Kepopuleran bahasa R disebabkan karena penggunaannya pada berbagai perusahaan besar dunia. Perusahaan besar yang dimaksud diantaranya adalah AirBnB untuk data science, Microsoft untuk menambahkan fungsionalitas di produk-produknya, Uber untuk analisa statistik, Facebook untuk behavior analysis, dan lain-lain.

 

Baca juga: Machine Learning Data Science untuk Prediksi dan Klasifikasi

 

2. Variabel dalam R

Sama seperti bahasa pemrograman lain, penggunaan variabel pada pemrograman R juga sangat penting guna menampung angka ataupun teks di R dengan suatu nama yang bisa kita sebut sebagai variabel.


Sekarang mari kita coba terlebih dahulu bagaimana cara membuat variabel dalam R dibawah ini:

data science

Pada contoh tersebut artinya variabel a diisi dengan angka 5.

 

3. Program “Hello World” Pertama Menggunakan R

Dalam setiap pembelajaran pemrograman rasanya menampilkan tulisan “Hello World” sudah menjadi tradisi ketika kita ingin memulai belajar pemrograman. Untuk itu mari kita lakukan hal yang sama dengan menggunakan bahasa R.


Dalam R untuk menampilkan “Hello World” sangat mudah kamu cukup mengetikkan “Hello World” sebagai berikut ini untuk menampilkannya:

data science

 

Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis

 

4. Praktek Perhitungan Sederhana dengan R

Berikutnya kita akan praktek membuat perhitungan sederhana dengan R. Proses perhitungan akan ditangani oleh fungsi khusus, R akan memahami urutannya secara benar, kecuali kamu secara eksplisit menetapkan yang lain.


Semisal sekarang kamu diminta untuk membuat melakukan perhitungan sederhana berupa penjumlahan sederhana sebagai berikut:

data science


Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai, salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset.  Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :