DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 35 Menit : 9 Detik

Belajar Data Science Gratis Dan Capai Impian Berkarir Di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 20-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4132020b8cd80076234b030a4791f6c8_x_Thumbnail800.jpg

Mulai belajar Data Science, gratis. Jangan ragu untuk mulai belajar data science sekarang juga. Tahukah kamu, belajar data science punya banyak manfaat. Data Science ini adalah ilmu yang sangat populer di era saat ini dan bisa diterapkan di berbagai industri. Orang dengan background IT maupun non-IT bisa mempelajarinya. Dengan pilihan-pilihan tools dan metode yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.


Dalam ilmu Data Science ada beberapa profesi yang bisa dijalani. Setiap profesi memiliki tugasnya masing-masing. Profesi pada bidang Data Science antara lain Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst dimana menjadi profesi yang banyak dicari oleh perusahaan. Hal ini karena profesi tersebut memiliki peran yang penting dalam perkembangan industri saat ini. 


Yuk simak dibawah ini untuk tahu perbedaannya.


1. Data Engineer

Seorang Data Engineer bertugas menyiapkan data yang digunakan untuk analisis dan operasional. Artinya data engineer bertanggung jawab membuat arsitektur data dan mengelola jalur data. Data Engineer harus memastikan bahwa data bisa dikumpulkan dan diambil dari sumber ketika diperlukan untuk kebutuhan analisis seperti membersihkan data dan memprosesnya. Skill yang harus dikuasai untuk menjadi seorang Data Engineer antara lain database, programming, SQL, big data, dan matematika. Sedangkan tools yang biasa digunakan ada Hadoop, Python, dan NoSQL. Untuk pemula untuk lebih mudah belajar data science bisa memulai dengan database dan SQL agar fokus meniti karir sebagai Data Engineer.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!


2. Data Scientist

Data Scientist bertugas melakukan proses analisis dari data yang disiapkan oleh data engineer. Fokus seorang data scientist lebih ke perhitungan matematika dan statistika. Proses analisis dilakukan dengan berbagai metode dan algoritma agar terbentuk model yang cocok sesuai data yang digunakan untuk menemukan pola tertentu. Misalnya preferensi konsumen ketika berbelanja. Nantinya pola ini bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Untuk menjadi seorang data scientist diperlukan skill yang baik dalam matematika dan statistika. Kamu bisa memperdalam ilmu ini dibarengi dengan menambah skill pemrograman seperti R dan Python. 


3. Data Analyst

Tugas seorang Data Analyst memiliki kemiripan dengan Data Scientist yaitu menganalisis data untuk mendapatkan knowledge baru. Data Analyst bertanggung jawab mengolah data, memproses, dan memvisualisasikan data. Hasil visualisasi data ini selanjutnya menjadi penghubung bagi tim penjualan, tim pemasaran, teknis, dan strategi bisnis dalam evaluasi kinerja perusahaan atau menentukan strategi bisnis baru. Untuk menjadi seorang Data Analyst diperlukan skill dalam menggunakan tools untuk membuat grafik dan memahami istilah dalam dunia bisnis. Tools yang biasanya digunakan antara lain ada SQL, Excel, R, Python dan Tableau. 

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

4. Yuk Mulai Karir Dengan Belajar Data Science Gratis Sekarang!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Dita Kurniasari

Editor : Annissa Widya

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!