[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 56 Menit 15 Detik 

Belajar Data Science? Ini dia Peluang Karir dan Tren Industrinya di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 08-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b33c0eab8048d021c8a6544063fc24b4_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital seperti sekarang, banyak industri yang menerapkan Data Science untuk membantu pertumbuhannya. Laju informasi yang semakin cepat menyebabkan data bernilai sangat tinggi. Segala hal dapat berpotensi menjadi sebuah informasi baru, tidak heran saat ini terdapat istilah “data is a new currency” di berbagai industri dan bisnis.


Kebutuhan Industri dalam menerapkan Data Science untuk berbagai proses didalamnya, tentu memerlukan praktisi data yang mengerti dengan baik mengenai Ilmu tersebut. Riset IMB juga menyatakan bahwa kebutuhan akan sumber daya manusia dalam bidang Data Science meningkat hingga 2 juta jiwa pada tahun 2020. Sebagai primadona ilmu yang tengah bersinar, banyak orang yang penasaran dan tertarik untuk mengetahui peluang karir Data Science khususnya di era digital. 

Kali ini, DQLab telah merangkum informasi mengenai peluang karir atau profesi dan tren industri dari penerapan Data Science khususnya di era digital. Penasaran kan? Yuk, langsung simak penjelasan dibawah ini!


1. Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer 

Peluang karir atau profesi ranah data yang berkaitan dengan Data Science sangatlah beragam. Terutama tiga profesi yang tengah bersinar ini.


Beberapa teknologi yang sedang meramaikan dunia IT adalah Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI). Data Scientist menjadi profesi yang sangat dibutuhkan peranannya oleh perusahaan. Menganalisis, mengolah dan mengembangkan informasi Big Data adalah beberapa dari sekian banyak peran yang dibutuhkan dari seorang Data Scientist. Kemampuan dasar Data Science seperti statistika, pemrograman dan pengetahuan bisnis wajib dikuasai untuk menghasilkan data yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


Data Analyst merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai jenis data serta memiliki peran dalam mengolah, mengambil kesimpulan dan memvisualisasikan data tersebut. Pengetahuan Data Science seperti statistik, operasi bisnis dan pemrograman diperlukan untuk melakukan analisa, membuat pemetaan, serta visualisasi dataset.


Orang yang ahli untuk membuat serta mengembangkan rancangan arsitektur manajemen data adalah deskripsi yang tepat bagi Data Engineer. Profesi satu ini juga bertugas untuk memantau infrastruktur dan mengelola jalur data perusahaan. Seorang Data Engineer wajib untuk memiliki keahlian matematika, pemrograman dan big data untuk menjalankan perannya dengan baik.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Peluang Karir lain yang Tak Kalah Menarik

Berkaitan dengan Data Science dalam pekerjaan, ada berbagai peluang karir atau profesi lain yang tak kalah menarik dari tiga profesi sebelumnya. Contohnya seperti Business Analyst, Data Architect, Business Intelligence (BI) Developer, Machine Learning Engineer dan sebagainya. Beragam profesi tersebut memerlukan ilmu Data Science untuk membantu peran dan pekerjaan mereka. Di era digital seperti sekarang, peluang karir pada profesi-profesi tersebut sangat terbuka lebar karena data yang terus berkembang dan melaju pesat. Meskipun berkaitan dengan Data Science, profesi-profesi tersebut tentu memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda. Jadi, saat kamu ingin memulai karir, pastikan untuk mengetahui profesi apa yang ingin kamu masuki ya sahabat data!


3. Tren Industri di Era Digital

Berperan di berbagai industri, profesi yang berkaitan dengan Data Science menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Industri retail, manufaktur, keuangan hampir semua industri membutuhkan penerapan Data Science dan praktisi data untuk melakukan sistem kerja data yang lebih maksimal. Contoh perusahaan ataupun startup seperti Tokopedia, Shopee, Dana, Sinarmas dan banyak perusahaan lainnya membutuhkan praktisi data dan penerapan Data Science untuk mengolah data dari berbagai fasilitas dan sistem mereka. 


Selain itu, industri digital kreatif pada masa kini memerlukan data untuk pertumbuhannya. E-business seperti online shop yang bersifat mikro ataupun makro juga memerlukan Data Science agar informasi penting dapat diperoleh dan digunakan secara maksimal. Oleh karena itu, penerapan Data Science dan profesi yang berkaitan dengan ilmu tersebut sangat penting dan dibutuhkan terlebih di era digital seperti sekarang.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Pentingnya Penerapan Data Science di Berbagai Industri

Berkarir di ranah data, tak harus berasal dari lulusan teknik atau STEM. Siapa saja bisa memulai karir pada profesi yang berkaitan dengan Data Science ini. Hal penting bagi kamu yang ingin memulai karir menjadi menjadi praktisi data adalah menguasai ilmu Data Science yang berkaitan seperti statistika, pemodelan, algoritma, analisis, machine learning serta bahasa pemrograman. Transformasi digital menjadi tren yang menghiasi berbagai aktivitas manusia akan selalu berhubungan dengan data. Kebutuhan akan praktisi data sebagai orang yang bertugas untuk menafsirkan, analisis serta mengolah kumpulan informasi akan sangat diperlukan bagi banyak industri agar terus bertahan di era digital. Bisnis kecil maupun besar bergantung pada data karena hasil pengelolaannya dapat memberikan kredibilitas, prediksi maupun keuntungan bagi sebuah bisnis. 



5. Peluang Karir Terbuka Lebar, Yuk Belajar Data Science Bersama DQLab!

Data Science ternyata menjadi ilmu yang berkaitan dan diterapkan oleh berbagai profesi kekinian serta menjanjikan, khususnya di era digital seperti sekarang. Peluang karir yang terbuka lebar tentu akan menarik siapa saja untuk belajar ilmu satu ini.


Bagi sahabat data DQLab yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Science, Technology, Engineering, Math (STEM) tidak perlu takut untuk belajar Data Science karena ilmu ini bisa dipelajari oleh siapa saja. Ada module “Introduction to Data Science” atau “Introduction Data Science With Python or R” yang bisa kamu akses secara GRATIS dengan cara sign up di DQLab.id


Kamu tetap bisa belajar dan siap bersaing dengan mereka yang lebih dulu memiliki background atau bekal Data Science. Yuk belajar Data Science bersama  DQLab!



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!