GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 30 Menit 15 Detik 

Belajar Data Science Kapanpun Dimanapun, Simak 4 Alasan Mengapa Kamu Perlu Upskill

Belajar Data Science di Rumah 10-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/18d995ef1d5709344f4beb4c2f44f26d_x_Thumbnail800.jpg

Data science saat ini menjadi salah satu ilmu utama dalam menghadapi tren masa kini terutama pada berbagai bidang yang terdampak dari kecanggihan teknologi. Walaupun menjadi suatu ilmu yang ‘wow’, data science masih memiliki sedikit peminat dikarenakan beberapa alasan, salah satu alasannya adalah kurangnya pengetahuan yang dimiliki terkait data science. Padahal, jika digali secara mendalam sebenarnya ilmu dasar data science sudah menyebar di sekitar kita. Oleh karena itu untuk menggali secara lebih mendalam perlu melalui beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus data science.


Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data namun bukan ilmu yang berdiri sendiri. Data science merupakan gabungan dari berbagai ilmu penting seperti matematika, pemrograman, sistem informasi, manajemen bisnis, komunikasi, dll. Seseorang yang mengolah data disebut data scientist. Menjadi seorang data scientist pun tidak memandang latar belakang pendidikan secara mutlak, akan tetapi dilihat dari kemampuan serta kepiawaian orang tersebut dalam mengolah data. Nah, pada artikel ini lah akan dikenalkan beberapa alasan mengapa perlu mengikuti kursus data science.


1. Terlatih dengan Permasalahan Data

Saat ini segala hal yang kita lakukan mayoritas sudah menggunakan pemanfaatan dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Output dari kecanggihan teknologi itu telah menghasilkan ribuan bahkan sampai jutaan data serta dalam struktur yang berbeda-beda. Perkembangan data yang terus menerus pasti akan menimbulkan masalah tertentu, sehingga disinilah peran data scientist diperlukan. Seorang data scientist perlu memiliki kemampuan spesifik yang salah satunya dapat diperoleh dengan mengikuti kursus data science. Ketika seseorang mengikuti kursus data science maka ia akan terlatih dengan berbagai macam permasalahan data sehingga akan lebih memudahkannya ketika memecahkan permasalahan data real.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Siap Menghadapi Tren Masa Depan

Jika beberapa dari kita belum mengenal data science secara spesifik, pasti kita akan bertanya-tanya apakah peran data science begitu besar pada saat ini. Jawabannya iya, saat ini bahkan di masa mendatang kecanggihan teknologi akan semakin berkembang, bahkan ada beberapa artikel menyatakan bahwa pada masa mendatang akan ada beberapa pekerjaan yang dapat tergantikan oleh robot. Namun di belakang layar dari kecanggihan teknologi yang terus berkembang itu data science memiliki peran penting di dalamnya. Dengan data science kita dapat mengetahui tren masa sekarang serta menghadapi dan menyesuaikan terhadap tren masa depan.


3. Profesi yang Menjanjikan

Seseorang yang mengolah data science disebut dengan data scientist. Data scientist saat ini merupakan profesi yang paling seksi di abad ini. Bagaimana tidak, profesi ini menjanjikan jenjang karir yang cemerlang serta gaji yang cukup menggiurkan. Selain itu kita tidak perlu khawatir bahwa profesi ini akan hilang beberapa tahun kedepan, Bahkan sebaliknya, justru profesi inilah yang akan terus dicari pada masa mendatang namun peminatnya masih belum banyak. Oleh karena itu, ini lah salah satu kesempatan kita bergabung menjadi data scientist saat peluang masih terbuka lebar!


4. Kebutuhan Prioritas Perusahaan

Kita semua telah mengetahui bahwa berbagai perusahaan baru maupun lama kini sudah sama-sama bersaing untuk meningkatkan performa bisnis mereka, mulai dari produk baru, strategi promosi, dll. Namun salah satu hal yang menjadi kebutuhan prioritas sebagai penentu keputusan adalah proses analisis data dengan dasar data science. Hasil analisis data tersebut akan memberikan informasi untuk membuka peluang baru serta sebagai ide dalam peningkatan pelayan dan berbagai manfaat lainnya. Oleh karena itu dapat dikatakan pula bahwa data scientist dengan kemampuan yang memenuhi kriteria sangat dibutuhkan banyak perusahaan pada saat ini.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Pelajari Data Science Mulai Sekarang

Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data yang terdiri dari berbagai macam bidang ilmu seperti matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman dan lain-lain. Dengan mempelajari data science, seseorang dapat berprofesi menjadi data analyst, data  scientist, data engineer, dll. Untuk belajar data science kita dapat memperolehnya dimana saja, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online di DQLab . Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!