Belajar Data Science dengan Kenali Perbedaan Role Data Analyst pada Tech dan Travel Company

Belajar Data Science dengan Kenali Perbedaan Role Data Analyst pada Tech dan Travel Company

Belajar Data Science di Rumah 28-Juli-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b90c20062d4cd32a6ac3931f0ad557e_100_persen.jpg

Kamu ingin berkarir sebagai Data Analyst? Tentu saja bisa! Pertama-tama yang peli kamu persiapkan adalah memastikan terlebih dahulu, skill apa saja yang harus dimiliki untuk siap berkarir sebagai Data Analyst yang kompeten, karena seperti yang kita tahu, seorang Data Analyst harus mampu menganalisa data dengan skala yang besar.

Setiap company tentunya memiliki kebijakan tersendiri terkait dengan role praktisi data yang mereka miliki, walaupun sama-sama role sebagai Data Analyst, namun pekerjaan mereka pada tech dan travel company cukup berbeda lho. Berkolaborasi dengan member DQLab Wahyu Herlambang, Data Analyst Traveloka, pada sesi mentoring “How to Become Data Analyst in Tech Company” yuk, kenali perbedaan role Data Analyst pada tech dan travel company!

1. Data Analyst pada Tech Company

Sebagai seorang Data Analyst pada Tech Company, cycle pekerjaan yang akan kamu hadapi adalah membantu menginterpretasikan data atau menafsirkan data yang dimiliki dan mengubahnya menjadi suatu insight yang menarik dan juga sebagai output untuk rekomendasi insight selanjutnya.

Dengan demikian, seorang Data Analyst pada Tech Company memiliki tanggung jawab untuk merekomendasikan cara guna meningkatkan bisnis. Biasanya para Data Analyst ini menggunakan data driven untuk melakukan proses pengolahan data. Selain itu lebih spesifik lagi, seorang Data Analyst pada Tech Company menggunakan SQL untuk mengekstrak data dari data warehouse. Kemudian, seorang Data Analyst pun menggunakan analisis kuantitatif untuk membantu pembuatan keputusan setiap harinya.

Baca juga : Belajar Data Science Online Bersama DQLab, Tetap Produktif Meski di Rumah Aja

2. Data Analyst pada Travel Company

Profesi seorang Data Analyst pada Travel Company tentunya memiliki perbedaan dengan Tech Company, pada Travel Company seorang Data Analyst dituntut berlaku sebagai seorang konsultan, dimana seorang Data Analyst memiliki peran untuk membantu managemen untuk memperioritaskan bisnis dan informasi-informasi yang dibutuhkan. 

Selain itu seorang Data Analyst pada Travel Company juga menghadirkan insight yang sangat baik atau sangat bagus untuk improve setiap unit bisnis yang memerlukan pembuatan keputusan. Peran ini cukup penting bagi seorang Data Analyst untuk membantu perkembangan bisnis company tersebut.

“Tentunya kita harus menghasilkan insight yang menari untuk membantu setiap unit bisnis yang ada pada company ini.” Ujar Wahyu.

Baca juga : Belajar Online di Rumah Bersama DQLab Bisa jadi Praktisi Data? Yuk, Intip 3 Tips dari Member DQLab yang sukses berkarir jadi Senior Data Analyst

3. Terapkan Ilmunya Sekarang dengan Mengikuti Sesi Mentoring “How to Become Data Analyst in Tech Company”

Kamu juga ingin berkarir sebagai Data Analyst pada Tech Company? Bisa! Yuk, ikuti sesi mentoring “How to Become Data Analyst in Tech Company” yang akan diselenggarakan pada 29 Juli 2020 mendatang! Registrasikan dirimu sekarang disini, dan belajar langsung dengan ahlinya, Amanda Athayasari Data Analyst Tokopedia, dan member DQLab Wahyu Herlambang, Data Analyst Traveloka. 


Kamu berkesempatan sharing langsung bagaimana tips-tips mempersiapkan diri berkariri di industri data yang sebenarnya bersama dua narasumber yang kompeten di bidangnya! See you sahabat data DQLab!

Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab



Share

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!