[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 33 Menit 49 Detik 

Belajar Data Science Otodidak, Ini Beberapa Tips Agar Belajarmu Efektif

Belajar Data Science di Rumah 02-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4852fbc945de59a52e8dbc73fdda82b0_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Data Science saat ini adalah menjadi kompetensi yang semakin populer di bidang data. Hal ini tentunya karena Data Scientist adalah salah satu pekerjaan terseksi di era ini. Tapi jangan khawatir, sudah banyak kursus Data Science yang memberikan pembelajaran Data Science secara online maupun offline. Bahkan kamu bisa belajar secara otodidak hanya dari rumah. Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu pahami yaitu kamu harus memahami bagaimana memahami kebutuhan bisnis dan terbiasa dengan pemahaman bisnis. Kemudian memahami penerapan ilmu statistik dan matematika guna dalam tahap pemrosesan data, dan storytelling untuk menyampaikan hasil analisismu.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai belajar sesuatu yang baru. Bermodal belajar hanya dari internet, youtube, bahkan membaca artikel-artikel di blog. Atau mulai mempraktekkan koding, dan terus bereksplorasi hingga kamu benar-benar paham. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mulai belajar Data Science. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa tips belajar Data Science secara otodidak. Penasaran apa saja tipsnya? Simak penjelasan berikut!


1. Memiliki Kemampuan Dasar yang Mendukung

Platform pembelajaran kursus Data Science menyediakan materi tentang kemampuan dasar menggunakan bahasa R, Python, dan SQL untuk mengolah data. Ketiga bahasa ini secara bertahap akan diperkenalkan kepada praktisi mulai dari yang paling sederhana hingga paling kompleks beserta implementasinya dalam real case di industri. Beberapa isu yang perlu menjadi fokus DQLab adalah Data Science di industri retail, e-commerce, finance, dan telekomunikasi.

Tidak hanya itu, DQLab juga menyediakan webinar bertemakan Data Science yang dapat digunakan untuk umum. Webinar yang disediakan oleh DQLab mendatangkan banyak sekali data mentor DQLab yang memiliki pengalaman dalam bidang terkait. Para data mentor DQLab adalah mereka yang sangat expertise di bidang data dan berasal dari beberapa startup dan company terkemuka.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Implementasi Ilmu Statistika dan Matematika

Di DQLab juga menyediakan materi tentang implementasi ilmu statistika dan matematika untuk Data Science. Dua teknik ini penting dalam menganalisis data. Matematika berperan penting dalam penyusunan model dan Statistik berperan penting dalam penentuan sampel dalam analisis data. Matematika dan Statistik tidak luput dari penerapan pengolahan dan analisa data. Teknik-teknik statistik dan matematika juga dapat digunakan dalam pengujian hipotesis dan pengambilan keputusan dari suatu hipotesa. Beberapa contohnya seperti, analisis deskriptif, analisis dispersi, analisis regresi, analisis faktor, analisis diskriminan, dan analisis Time Series.

 

3. Kemampuan dalam Mengolah dan Visualisasi Data

Ilmu Data Science terdiri dari evaluasi kasus, identifikasi data, penyaringan data, ekstraksi data, validasi dan pembersihan data, agregasi & representasi data, analisis data, visualisasi data, pemanfaatan hasil analisis yang digunakan dalam dunia bisnis. DQLab juga menyediakan materi yang membahas kemampuan ekstraksi, pengolahan, dan visualisasi data untuk digunakan dalam bisnis ini.

 

4. Belajar Secara Otodidak dari Internet

Saat ini, internet menawarkan banyak sekali kesempatan bagi semua orang untuk mempelajari berbagai hal. Jika pandai memanfaatkannya, kamu akan mendapatkan keuntungan. Salah satunya, mempelajari Data Science secara otodidak. Ada banyak situs yang menyediakan informasi lengkap seputar materi ini. Belajar dengan metode apa saja, selama kamu menyukai subject yang dipelajari, akan lebih enak dan gampang untuk dilakukan!

 

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Nah, itulah beberapa tips dari DQLab yang bisa kamu terapkan untuk belajar Data Science. Selama mempelajari hal baru, nikmatilah prosesnya dan jangan terlalu terpaku pada hasilnya. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri masa kini! Sign up sekarang untuk mulai belajar data di DQLab dengan membuat akun GRATIS dengan di DQLab.id dan mulai dengan mengakses module Introduction to Data Science. Pelajari dan selesaikan modulenya, agar kamu mendapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab !

 

Penulis : Salsabila Miftah Rezkia

Editor : Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!