DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 10 Jam 2 Menit 32 Detik 

Belajar Data Science Otodidak? Intip Cara Efektif Pembelajarannya bagi Pemula NON IT

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ae4f940745c4d0f13cacfb546882bdf1_x_Thumbnail800.png

Setiap harinya data berkembang secara signifikan, baik data tersebut harus diolah dan memberikan wawasan atau data diolah dan dihapus karena tidak sesuai atau tidak bisa digunakan serta memberikan wawasan. Dalam pengolahan data pun tidak sembarang orang bisa melakukannya, membutuhkan fundamental Data Science yang kuat dan juga sangat terampil dalam pengerjaannya. Dataset sangatlah krusial jika tidak diolah dengan benar, maka dari itu dibutuhkan praktisi data untuk membantu mengolahnya. Realitanya banyak praktisi data seperti Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer lulusannya tidak dari matematika murni atau bahkan NON IT. 


Pada artikel DQLab kali ini, akan sharing bagaimana cara belajar Data Science tanpa latar belakang STEM sekalipun. Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini


1. Mengikuti Kursus Online

Meskipun pembelajaran Data Science kini sudah bisa dilakukan dengan metode self-taught, perlu diketahui akan sedikit sulit jika kamu tidak menentukan atau memiliki trek dalam pembelajarannya. Jika kamu sudah menemukan medium seperti buku atau video yang telah diunggah di YouTube kamu bisa mempertajam ilmunya tersebut dengan mengikuti kelas online yang tersedia salah satunya adalah DQLab. Tidak hanya membantu kamu dalam pembelajarannya, namun manfaat lainnya jika kamu mengikuti kursus online kamu juga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan serta keterampilan soft dan hardskill. Platform kursus online juga memungkinkanmu untuk belajar lebih terstruktur dan juga mendapatkan module yang sudah tersedia.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Memilih Module dengan Cermat dan Aplikatif

Berbicara belajar secara terstruktur, di DQLab hadir memberikan pilihan module pembelajaran yang sesuai dan tentunya sudah sesuai dengan kebutuhan di industri kerja nyata lho sahabat Data DQLab. Module yang bisa kamu pilih yaitu module Premium dan module Platinum, berikut penjelasan singkat perbedaan pada kedua module.


  • Module Platinum, merupakan module yang berisikan materi lengkap dan sifat pembelajarannya tanpa batas alias kamu bisa mengakses selamanya. Pada module yang tersedia di DQLab sudah dibuat oleh praktisi data langsung jadi calon talenta data akan lebih siap menghadapi dunia di era digital ini.


  • Module Premium, berbeda dengan platinum pada model ini memberikan materi serta pembahasan mulai mendasar hingga pembahasan yang kompleks sekalipun. Di DQLab sudah menyediakan kopetensi dasar seperti bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh kalangan praktisi data yaitu R, Python, dan SQL. 


Keuntungan lainnya jika kamu sudah menyelesaikan pembelajaran module maka DQLab akan memberikan bukti berupa sertifikat bahwa kamu sudah menyelesaikan semua pembelajaran. Sertifikat juga sangat penting bagi kamu yang ingin memulai karir dalam bidang Data Science, hal ini juga bisa sebagai bukti portofolio yang bisa kamu lampirkan di CV kamu nantinya.


3. Aktif dalam Komunitas atau Forum

Setelah kamu memilih kursus dan juga mempunya module untuk pembelajarannya, mulailah kamu mengimplementasikan ilmu Data Science. Tidak harus melakukan project yang sulit, kamu bisa memulainya dengan memecahkan masalah pada komunitas atau forum yang ada. Kegunaan komunitas atau forum menjadikan batu loncatan kamu menganalisa data, dengan kata lain kamu membantu permasalahan seseorang lalu menggunakan data mereka sebagai bahan pembelajaranmu! Selain kamu mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tentunya kamu juga menambah teman lho sahabat Data DQLab! Di DQLab sendiri juga terdapat fitur forum yang bisa kamu ikuti dimana member DQLab lainnya akan saling membantu dan dibantu oleh tim data untuk menjawab kendala yang kamu hadapi.


4. Mengikuti Internship atau Project di Industri Nyata

Pada poin ini, masih banyak yang berfikir bahwa untuk bekerja sebagai praktisi data setidaknya harus menjadi ‘entry-level’. Tentu tidak, Internship atau kamu bergabung kedalam project yang ada sangat membantu kamu untuk menerapkan ilmu Data Science di industri nyata. Pada Internship di suatu perusahaan, terbuka peluang dan penambahan pengalaman baik sebagai Data Scientist, Data Analyst atau Data Engineer. Taukah Kamu, di DQLab terdapat fitur ‘Project’ dan ‘Job Connector’? Ya, kamu bisa menggunakan fasilitas tersebut sehingga kamu bisa merasakan ‘real case’ yang sedang terjadi di industri.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Ingin Mendapatkan Fasilitas-fasilitas Tersebut? Yuk, Mulai Bergabung bersama DQLab!

Kamu sekarang bisa belajar Data Science secara otodidak dan lebih terarah bersama DQLab, tidak perlu khawatir karena pembelajaran ini bisa dipelajari oleh kamu dengan latar belakang pendidikan NON IT sekalipun. Dengan kursus online juga, kamu bisa belajar dengan metode self-taught, menggunakan fitur Live Code Editor dan mendapatkan sertifikat pada pembelajarannya. Daftarkan diri kamu sekarang dengan signup di DQLab.id nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”.


Selamat mencoba sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!