[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 16 Menit 32 Detik 

Belajar Data Science Secara Gratis? Ini Dia Tempatnya!

Belajar Data Science di Rumah 01-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/710e9e988590449481619b5fd6427a6c_x_Thumbnail800.png

Sejak tahun 2020, kebutuhan akan profesi Data Science seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer terus meningkat. Menurut survei yang dilakukan oleh IBM, kebutuhan akan tenaga kerja dalam bidang data meningkat di seluruh dunia hingga menembus angka dua juta pada tahun 2020. 


Seiring dengan meningkatnya kebutuhan tenaga kerja tersebut, minat masyarakat dalam mempelajari ilmu Data Science juga terus menerus naik sehingga semakin bermunculan blog, kursus yang mengajarkan semua hal mengenai Data Science. Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi mengenai Data Science dan cara belajar Data Science secara gratis. Yuk, simak bersama!



1. Pengertian Data Science

Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang menggabungkan ilmu komputer, matematika, dan statistik. Tujuan dari disiplin ilmu tersebut adalah menganalisa atau mengekstrak informasi dari berbagai macam data. Sebenarnya, Data Science adalah salah satu jenis dari big data, yaitu unstructured data atau data mentah yang tidak terstruktur.


Sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence juga merupakan hasil kerja dari ilmu Data Science. Dengan kemahiran individu dalam bidang Data Science, mereka dapat menggunakan machine learning untuk mengolah teks, gambar, video, dan lainnya untuk menghasilkan sistem kecerdasan buatan tersebut.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Prospek Karir Data Science

Data Science saat ini menjadi ilmu yang sangat populer dan dapat diterapkan dalam berbagai industri dan bidang pekerjaan. Maka dari itu, kebutuhan akan setiap profesi turunan ilmu Data Science selalu meningkat setiap tahunnya. Dalam Data Science terdapat beberapa profesi yang dapat kalian tekuni, yaitu Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. 


Dari beberapa profesi data tersebut, terdapat dua profesi yang menjadi incaran teratas perusahaan dan masyarakat. Profesinya adalah Data Analyst dan Data Scientist, kedua profesi ini memiliki jenjang karir yang dapat memberikan kalian karir yang menjanjikan dan tentunya cemerlang. 


3. Kegunaan Data Science dalam Berbagai Bidang

Meskipun banyak orang yang mengetahui bahwa disiplin ilmu Data Science sangat berguna dalam bidang bisnis, tetapi tidak hanya itu saja. Data Science dapat digunakan dalam berbagai bidang, contohnya seperti manufaktur, kesehatan, keuangan, dan lainnya. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa kegunaan paling unggul dari Data Science dapat digunakan dalam bidang bisnis.


Ilmu Data Science dapat diterapkan untuk mendapatkan informasi konsumen mengenai produk atau layanan yang disukai, menyortir atau memfilter harga yang sesuai dengan setiap konsumen, dan masih banyak lagi. Dengan kegunaan Data Science, tentunya perusahaan dapat memberikan pengalaman memuaskan sehingga dapat dinilai baik juga oleh konsumen.


4. Media Belajar Data Science

Dengan perkembangan zaman, banyak sekali media belajar yang dapat kalian gunakan untuk belajar materi seputar Data Science dengan gratis. Media-media belajarnya adalah blog, podcast, website, video atau Youtube, dan kursus online ataupun offline. Semua media yang disebutkan bisa kalian dapat dan gunakan secara gratis.


Namun beberapa media belajar tersebut memiliki kekurangan sehingga lebih dianjurkan untuk menggunakan tempat kursus online ataupun offline. Dalam tempat kursus salah satunya DQLab, kalian bisa mendapatkan materi belajar secara lengkap, pengajar, sertifikat, program-program bervariasi, dan masih banyak lagi. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Pelajari Ilmu Data Science Bersama DQLab

DQLab merupakan salah satu tempat kursus data yang menawarkan sesi belajar online agar kalian bisa menyesuaikannya dengan kegiatan sehari-hari. Selain itu juga, hanya dengan bergabung atau sign up di DQLab.id, kalian bisa mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Apabila kalian ingin menantang diri dengan mempelajari materi seputar data yang lebih advance, kalian bisa memasuki program bootcamp yang ditawarkan oleh DQLab. Ayo, pilih program kalian dan jadilah ahli data bersama DQLab.id!

Program bootcamp yang tersedia gratis lho! Pada program DQLab Mini Bootcamp,  kamu akan mempelajari dasar fundamental Data Science sebagai persiapan untuk berkesempatan mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan mekanisme pertukaran pelajar!


Sudah daftar belum? Yuk daftar sekarang, dan ramaikan dengan unggah fotomu pada social media yang kamu miliki dengan menggunakan twibbon yang sudah DQLab sediakan. Jadilah generasi muda melek data dengan Merdeka Belajar Data!


Twibbon dapat diakses pada https://www.twibbonize.com/minibootcampdqlabxumn


Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!