DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 45 Menit : 55 Detik

Belajar Data Science : Kenali Sensory Science untuk Ciptakan Inovasi pada Dunia Kuliner

Belajar Data Science di Rumah 24-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5c9846c6ad7b1adb267967d88e5b9cfd_x_Thumbnail800.jpg

Ilmu sensoris, merupakan pemahaman mengenai ‘evaluasi sensoris’ atau ‘organoleptik’ adalah disiplin ilmu yang digunakan untuk membangkitkan, mengukur, menganalisis, dan menafsirkan tanggapan tersebut terhadap suatu produk yang dirasakan oleh indera penglihatan, penciuman, perasa, sentuhan, dan pendengaran. Sederhananya, ilmu ini bertujuan mendapatkan respon dari orang-orang terhadap produk dalam hal bagaimana rasa, aroma, tampilan, tekstur, dan suaranya yang kemudian informasi tersebut digunakan untuk membuat suatu keputusan. Subyek yang melakukan riset sensoris disebut ‘Sensory Evaluators’.

Sistem audio seperti headphone, earphone, dan sistem audio pada mobil atau ruangan juga menerapkan riset sensoris. Selain itu, ilmu sensoris diterapkan di berbagai bidang industri, seperti produk pangan, pewangi, dan kosmetik. Karena ilmu ini mempelajari persepsi dan perilaku konsumen, maka aplikasinya tidak hanya sebatas produk pangan, pewangi, dan kosmetik. Bahkan, bentuk desain kemasan, pemilihan warna, nama, serta jenis font logo yang akan digunakan pada suatu merk produk juga menerapkan prinsip riset sensoris. Wah! Menarik sekali bukan? Yuk, simak penjelasan lebih lanjut dalam artikel ini!

1. Tiga Istilah yang Familiar dalam Ilmu Sensory Science

Sampel, dalam sampel produk yang akan dinilai karakteristik sensoris atau mutu organoleptiknya. Contohnya parfum, cokelat, earphone, dan sebagainya. Kemudian ada Atribut sensoris dimana karakteristik suatu produk yang dapat dinilai/dievaluasi dengan menggunakan panca indera manusia. Contohnya rasa, aroma, tampilan, tekstur, dan suara. Dan yang terakhir adalah Panelis. Panelis merupakan Individu yang memiliki kapabilitas untuk melakukan penilaian karakteristik sensoris produk. Panelis dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat keahliannya, seperti panelis ahli, panelis terlatih, dan panelis tidak terlatih (konsumen). Contoh panelis ahli adalah Q Grader pada cup testing kopi atau evaluator kualitas tembakau.

2. Kenali 3 Metode Riset Sensory Science berdasarkan Tujuannya

Uji Afektif dilakukan untuk mengetahui penerimaan, kesukaan, dan preferensi konsumen terhadap produk. Diantaranya adalah Paired Preference, Preference Ranking, Hedonic Rating. Setelah itu ada Uji Deskriptif yang dilakukan untuk mendeskripsikan karaketristik sensoris produk Flavor Profile, Quantitative Descriptive, Flash Profile, dan Check All That Apply. Yang terakhir adalah Uji Deskriminatif. Uji ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang terdeteksi antara suatu produk dengan produk lainnya. Diantaranya ada Triangle Test, 2-AFC, Dio-Trio, Tetrad.

Untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa cek artikel salah satu member DQLab, pada akun medium Ade Sababurrohmah  disini.

3.  Yuk, Mulai Belajar Gratis Bersama DQLab!

Yuk mulai pelajari dan terapkan ilmunya pada data yang kamu miliki! Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!