MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 6 Jam : 55 Menit : 3 Detik

Belajar Data Scientist: Yuk Mulai Belajar Data Science Menggunakan R dan Python Bersama Dqlab!

Belajar Data Science di Rumah 07-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2f1e134a8d69c2ca3c46b9df0df72791_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini data science adalah bidang ilmu yang paling digemari. Ketersediaan data yang meningkat, komputasi yang powerfull, dan kebutuhan perusahaan untuk memutuskan suatu kebijakan bisnis berdasarkan analisis membuat data science lebih banyak diminati. Menurut laporan dari IBM pada 2015 ada 2,35 juta lowongan di bidang data science di Amerika Serikat dan diperkirakan jumlahnya akan meningkat menjadi 2,72 juta pada tahun 2020.


Menurut survei yang dilakukan oleh O’Reilly, saat ini R dan Python menjadi dua programming tools yang paling populer. R dan Python merupakan bahasa pemrograman gratis dan open source. Kedua bahasa pemrograman ini mulai dikembangkan pada awal 1990 dengan tujuan awal yang berbeda. R dikembangkan untuk analisis statistik sedangkan Python dikembangkan untuk bahasa pemrograman secara umum. Namun, seiring perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, fungsi kedua bahasa pemrograman ini mulai berkembang. Salah satunya adalah dalam pipeline data yang mencakup data collection, data exploration, data modeling, dan data visualization  Artikel kali ini DQLab akan menjelaskan fungsi R dan Python untuk kamu yang ingin belajar data science. Baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Python dan R untuk Data Collection

Python mendukung semua jenis format data. Beberapa format yang sering digunakan adalah CSV dan JSON yang bersumber dari web. Kita juga bisa mengimpor tabel SQL langsung ke skrip kode. Library Python dapat membantu kita untuk mengambil data dari berbagai situs web hanya dengan sebaris kode. Kode ini menyederhanakan permintaan HTTP menjadi sebaris kode yang lebih mudah. Dengan kode ini, kita dapat mengambil data dari sebuah website untuk dianalisis sesuai keinginan kita. 


File yang dapat diimpor ke R adalah file dari Excel, CSV, dan file teks. File dari Minitab atau file dalam format SPSS pun dapat diubah menjadi data frame R. Bahasa pemrograman R memiliki packages yang dapat digunakan untuk menghimpun data dari beberapa web. Salah satu contohnya adalah Rvest yang dapat digunakan untuk  melakukan web scraping dasar, sementara packages magrittr akan membersihkan data dan mengurai informasi yang didapat dari web scraping.


Baca Juga: Belajar Python Pemula : Yuk Kenali Tipe Data yang Sering Digunakan dalam Python!


2. Python dan R untuk Data Exploration

Untuk menggali dan mengeksplorasi data, kita dapat menggunakan library Python yaitu Pandas. Library Ini bisa menampung data yang berasal dari Excel dalam jumlah besar dengan waktu singkat. Kita dapat memfilter, mengurutkan, dan menampilkan data hanya dalam hitungan detik. Dengan library ini, kita dapat membersihkan data dengan mengisi nilai yang tidak valid seperti NaN (bukan angka) dengan nilai numerik seperti angka nol. Bahasa pemrograman R dibuat untuk melakukan analisis statistik dari kumpulan data yang besar. R dapat membantu kita menghitung distribusi probabilitas, menerapkan berbagai uji statistik, menggunakan machine learning standar dan teknik data mining. 


3. Python dan R  untuk Data Modeling

Python memiliki banyak library yang dapat membantu pekerjaan data scientist. Kita dapat menggunakan library NumPy untuk analisis pemodelan numerik dan library SciPy untuk melakukan komputasi dan perhitungan ilmiah. Kita juga dapat menggunakan library scikit-learn untuk mengakses algoritma machine learning yang powerfull. Untuk melakukan analisis pemodelan tertentu, terkadang kita harus bergantung pada packages di luar fungsi inti R. Ada banyak packages untuk analisis spesifik seperti distribusi poisson dan hukum probabilitas.


4. Python dan R untuk Data Visualization

Untuk membuat visualisasi data menggunakan Python, kita dapat memanfaatkan Notebook IPython yang ada di Anaconda. Kita dapat menggunakan library Matplotlib untuk menghasilkan grafik dan bagan dari data. Kita juga dapat menggunakan Plot.ly untuk membuat grafik dengan desain yang lebih baik. Fungsi nbconvert dapat kita gunakan untuk mengubah notebook Python menjadi dokumen HTML. Fungsi ini digunakan untuk menyisipkan potongan kode yang diformat dengan baik ke dalam situs web dan banyak digunakan untuk membuat tutorial online tentang cara belajar Python.


R didesain untuk analisis statistik dan menginterpretasikan hasil. Kita bisa membuat diagram dan plot dan menyimpannya dalam format png, jpg,  PDF, dan lain sebagainya. Untuk membuat visualisasi data yang lebih kompleks dan memiliki tampilan yang menarik, kita bisa menggunakan packages ggplot2 untuk membuat plot atau grafik.


Baca Juga: Belajar Python : 3 Fungsi Pandas Python yang Jarang Diketahui


5. Ingin memulai belajar data science? Yuk, Gunakan Voucher BELAJARGRATIS untuk Akses DQLab GRATIS Selama 1 Bulan!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  •  Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  •  Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.


Simak informasi di bawah ini untuk belajar GRATIS selama 1 Bulan dengan redeem kode voucher BELAJARGRATIS sekarang!

  1. Daftarkan akun email pada DQLab.id

  2. Aktifkan akunmu melalui email, check juga di folder SPAM

  3. Log in pada academy.dqlab.id

  4. Klik ke menu redeem voucher dan masukkan kode voucher

  5. Bisa belajar GRATIS selama 1 Bulan!

Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!