DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 20 Jam : 52 Menit : 44 Detik

Pahami Dataset : Bangun Portofolio Data Mu dengan Terapkan 3 Dataset Berikut bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6936e6412711d68e6937c1fe0fc0073e_x_Thumbnail800.jpg

Untuk berkarir sebagai seorang praktisi data yang kompeten, tentu diperlukan kemampuan data yang baik. Dengan belajar Data Science bersama platform edukasi online DQLab, kamu berkesempatan untuk memperdalam ilmu datamu dan melatih kemampuan yang kamu miliki dengan menggunakan proyek yang tersedia di DQLab. 

Dalam mengerjakan atau menyelesaikan proyek Data Science, kamu tentu memerlukan dataset yang tepat untuk digunakan. Dataset sendiri merupakan objek yang merepresentasikan data dengan relasinya di dalam suatu memory. Lalu, apa saja dataset yang perlu kamu terapkan dalam proyek datamu? Yuk, kita simak bersama 3 contoh dataset yang bisa kamu gunakan untuk melatih pemahamanmu guna membangun portofolio datamu!

1. Dataset pada E-Commerce

Penerapan dataset pada e-commerce sering digunakan untuk mempelajari konsep-konsep yang penting di dalamnya, dimana dataset tersebut ialah UK E-Commerce Data. Namun, dataset pada e-commerce biasanya merupakan hal milik perusahaan, sehingga sulit menemukan data e-commerce yang tersedia untuk umum. 

Untuk memudahkan kamu dalam mempelajari dan menerapkan dataset, UCI Machine Learning Repository menyediakan dataset e-commerce yang dapat diakses secara gratis. Dataset ini berisikan transaksi aktual pada tahun 2010 hingga 2011. Kamu dapat menemukan dataset ini pada situs UCI Machine Learning Repository dengan mencari judul “Online Retail”. 

Baca juga: Bagaimana Peran Data dalam Menghadapi Big Data pada Industri 4.0

2. Data Harga Rumah

Contoh selanjutnya ialah data harga rumah, dataset ini biasanya sering digunakan praktisi data dalam mempelajari penerapan model Machine Learning terkhusus pada model Regression. Dengan menggunakan dan menerapkan dataset ini, kamu bisa melatih kemampuanmu dalam membuat model Regression untuk memprediksi harga rumah berdasarkan variabel bebas atau berbagai feature lainnya.

Adapun data harga rumah yang bisa kamu temukan secara online, salah satunya adalah Housing Price Dataset. Dengan 81 columns dan data lebih dari 1400 harga rumah, kamu bisa menggunakan dataset ini untuk mempelajari Data Cleaning, Exploratory Data Analysis, Data Visualization, Feature Engineering, Machine Learning using Regression Models, dan lain sebagainya. 

3. Credit Card Fraud Detection Dataset

Selanjutnya, dataset ketiga yang dapat kamu gunakan untuk meperdalam ilmu Data Science ialah Credit Card Fraud Detection Dataset (Data Fraud pada Kartu Kredit). Dataset ini berisikan transaksi yang dilakukan pada September tahun 2013 oleh pemegang kartu dari Eropa. Selain itu, dataset ini menyajikan informasi data terkait 492 kasus penipuan dari 284.807 transaksi yang terjadi dalam dua hari. 

Dibalik banyaknya kesulitan dalam membuat model machine learning pada data ini, kita dapat belajar untuk membuat model Machine Learning yang terkhusus pada Classification Models, Data Scaling, dan berbagai teknik lainnya.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi dengan Mengulik Sumber Dataset untuk Membangun Model pada Data Science

4. Yuk, Latih dan Asah Kemampuan Datamu dengan Terapkan 3 Dataset di atas bersama DQLab Sekarang!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” untuk menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

 

Penulis : Jihar Gifari

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!