PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 3 Jam 22 Menit 27 Detik

Belajar Excel : 3 Alasan Utama Mengapa Harus Belajar Excel

Belajar Data Science 18-Januari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d9e0385f22cc6ca950adc9445ea9a2de_x_Thumbnail800.jpg

Hayo siapa disini yang sering denger dan sudah tahu dengan Microsoft Excel? Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel ini. Berbicara soal Microsoft Excel pastinya tidak cukup hanya sekedar membuat tabel, hafal rumus-rumus sederhananya aja ataupun cuma olah-olah data aja loh sahabat DQ. Apalagi kalian sebagai seorang pemula tentunya masih kurang yakin, apakah iya Microsoft Excel itu ada kegunaannya di dunia kerja? Pastinya tentu ada dong. Penguasaan Microsoft Excel (berikutnya kita sebut dengan Excel) merupakan syarat utama untuk dapat diterima di dunia kerja, beberapa lowongan pekerjaan bahkan melakukan tes awal penggunaan Excel dalam wawancara kerja, khususnya di bagian Finance, Accounting, Marketing, Operasional dan bidang kerja lain yang membutuhkan perencanaan budget, penginputan data dan pelaporan pekerjaan. 


Cukup luas bukan cakupannya? Bahkan jika Anda sekedar ingin menjadi Customer Service, Anda juga wajib bisa menguasai Excel untuk menginput data pelanggan baru ataupun keluhan pelanggan. Terlebih lagi, Excel juga digunakan sebagai alat untuk memudahkan pelaporan dan analisis data perusahaan sehingga bisa dengan mudah untuk melakukan pengambilan keputusan.


Alasan utama mengapa Excel patut dipertimbangkan untuk dipelajari bagi seorang pemula adalah karena hampir semua profesi maupun segala jenis posisi dan bidang pekerjaan menggunakan Microsoft Excel. Terutama bagi orang-orang yang bekerja di bidang Data, Finance, Marketing, dan bidang-bidang lain yang berkaitan dengan perencanaan budget, serta pelaporan kinerja dengan penginputan data. Jika melihat perkembangan teknologi saat ini, rasanya hampir semua industri pasti membutuhkan proses penginputan data dan pelaporan kinerja. 


Biasanya, Excel ini menjadi skill yang paling minimal yang harus dikuasai dalam dunia kerja. Alasan kedua adalah Excel juga mudah digunakan untuk analisis data. Apalagi ditambah dengan banyaknya ragam visualisasi data yang disediakan oleh Excel tentunya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan data yang ada. Oleh karena itu, bagi pemula data pastikan untuk tahu dan mengetahui beberapa alasan-alasan kenapa sih kita harus mempelajari Excel? Kalian bisa kepoin alasan-alasannya di postingan ini yappp. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang alasan-alasan kenapa pemula data harus belajar excel. Bagi kalian para pemula data tentunya artikel ini wajib untuk disimak dan diketahui sama-sama. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys! 


1. Software Andalan dari Berbagai Industri

excel

Tidak dapat dipungkiri, jika sekarang ini Excel telah digunakan di hampir seluruh bidang pekerjaan manapun. Apapun jabatannya dan apapun posisinya, Excel akan selalu digunakan kapanpun dan dimanapun. Terbukti dengan adanya kehadiran excel mampu menggeser spreadsheet lainnya sehingga excel didapuk menjadi salah satu software andalan dari berbagai industri.


Sebagai seorang pemula di bidang data, paling tidak kamu harus tahu apa saja fungsi-fungsi dasar yang dimiliki oleh Microsoft Excel. Seperti bagaimana caranya menjumlahkan total, rata-rata, menghitung rekapan penjualan, serta formula dasar lainnya. Terlebih lagi, kini Excel menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh kandidat pelamar kerja karena sekarang Excel menjadi sebuah requirements khusus untuk masuk ke dunia kerja. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Rumus-Rumus Dasar Excel

excel

Kehadiran Excel tentunya membawa angin segar bagi para pekerja maupun industri perkantoran. Sebab, dengan adanya Excel tentu akan memudahkan pekerjaan mereka. Mungkin dahulu kalian sering menggunakan excel ini untuk keperluan akademik maupun mengerjakan tugas-tugas sekolah. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kini banyak perusahaan-perusahaan menggunakan Excel sebagai software pokok dalam penyelesaian pekerjaan mereka. Pada dasarnya di dunia kerja, rumus Excel yang paling sering digunakan adalah rumus function. Formula rumus dasar pada Excel ini memiliki banyak manfaat ketika kalian mempelajarinya. Berikut adalah manfaatnya:


  • Mendapatkan perhitungan hasil yang akurat ketika harus mengkalkulasi banyak data.

  • Membuat visualisasi data untuk kebutuhan presentasi.

  • Merapikan dan menyortir data-data dalam jumlah banyak menjadi lebih rapi.

  • Mempersingkat waktu saat mengolah data.

  • Simple dan praktis untuk mengolah data dalam jumlah besar

Terdapat berbagai rumus-rumus dasar yang perlu kalian kuasai di dunia kerja seperti IF, HLOOKUP, VLOOKUP, SUM, MAX, MIN dan masih banyak lagi rumus-rumus lainnya.


3. Ragam Visualisasi Data Sesuai Kebutuhan

excel

Grafik adalah sebuah bentuk visualisasi data secara visual yang mudah ditangkap dan dipahami oleh audiens atau pengguna data. Grafik akan memudahkan membaca data yang telah kamu kumpulkan. Pada Microsoft Excel kalian tidak perlu khawatir karena ada banyak grafik yang tersedia. Ada beberapa jenis grafik yang perlu kamu pahami di Microsoft Excel yaitu Column and Bar Chart atau diagram batang, Line and Area Chart atau grafik garis, Pie and Doughnut Chart atau diagram lingkaran, Scatter and Bubble Chart atau grafik dengan sumbu x dan y, serta Surface and Radar Chart atau grafik yang digunakan untuk kombinasi optimal. 


Penggunaan jenis grafik yang beragam ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan situasinya. Cara membuat grafik yang kamu inginkan di Excel adalah dengan membuka menu Insert. Lalu, pada bagian Chart, kamu bisa memilih bentuk grafik yang diinginkan.


4. Fungsi Tombol Keyboard Pada Excel 

excel

Sekarang kalian juga tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini kalian sebagai pengguna Excel juga bisa menggunakan shortcut-shortcut khusus untuk mempermudah pengerjaan kalian. Dengan ragam fungsi Excel yang sebegitu banyaknya tentunya kalian akan lebih mudah dan cepat digunakan dengan bantuan shortcut melalui tombol keyboard kalian. Berikut ini DQLab akan berikan informasi shortcut khusus pada Microsoft Excel yang bisa kalian terapkan untuk mempermudah pekerjaan kalian. 

1.Shortcut Dasar

Terdapat berbagai shortcut dasar yang cukup sering digunakan dalam Microsoft Excel.

Menutup lembar kerja= Ctrl+W

Membuka lembar kerja= Ctrl+O

Masuk ke tab Beranda= Alt+H

Menyimpan lembar kerja= Ctrl+S

Salin/copy= Ctrl+C

Tempel/paste= Ctrl+V

Batalkan= Ctrl+Z

Hapus konten sel= Delete

Pilih warna isian= Alt+H, H

Potong= Ctrl+X

Masuk ke tab Insert= Alt+N

Menebalkan= Ctrl+B

Ratakan konten cell ke tengah= Alt+H, A, C

Masuk ke tab Data= Alt+A

Hapus kolom= Alt+H, D, C

Masuk ke tab Rumus= Alt+M

Menyembunyikan baris yang dipilih= Ctrl+9

Menyembunyikan kolom yang dipilih= Ctrl+0

excel


2.Shortcut Format Cell

Selanjutnya, kamu tentu perlu mengubah-ubah bentuk dan format sel yang kamu kerjakan. Cukup banyak shortcut Microsoft excel yang bisa kamu gunakan. Berikut adalah ringkasan shortcutnya yang bisa kalian pakai:

Memasukkan waktu saat ini= Ctrl+Shift+titik dua (:)

Memasukkan tanggal saat ini= Ctrl+titik koma (;)

Salin rumus dari cell di atas cell aktif ke dalam cell atau Bar Rumus= Ctrl+apostrof (")

Menempelkan (paste) konten pada cell, mengganti pilihan apa pun= Ctrl+V

Buka dialog special paste= Ctrl+Alt+V

Memasukan hyperlink= Ctrl+K

excel


Semoga membantu yaaa sahabat DQ!


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Belajar Excel Dari Dasar Sampai Mahir Yuk Bersama DQLab!

Bingung mau kuasai skill excel untuk persyaratan kerja dan skill wajib untuk pelamar kerja? Gausah ragu dan takut. DQLab jawabannya! Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science dan excel secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic testnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. Ayo persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten! Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login