GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Belajar Excel : Apa Saja ya Manfaat dan Kegunaannya?

Belajar Excel : Apa Saja ya Manfaat dan Kegunaannya?

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b633e034a194a9cb2879ef9e6830993_100_persen.png

Microsoft Excel merupakan salah satu pengolah data spreadsheet yang paling sering digunakan. Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai macam pekerjaan seperti mengorganisir data, menghitung data, menyediakan data serta dapat menganalisa data. Selain itu kita dapat menyajikan hasil-hasil analisis data dalam bentuk grafik atau diagram.  Selain itu, saat kita membuka microsoft excel kita dapat membuat beberapa lembar kerja (worksheet). 


Dalam Microsoft Excel sendiri terdapat beberapa fitur di dalamnya yang dapat meringankan pekerjaan kita serta menghemat waktu di antara lain Basic Template yang dapat digunakan untuk financial budgeting. daily schedule, list, dan lain-lain. Kemudian fitur lainnya adalah Basic Text Function, fitur ini digunakan untuk memudahkan editing kata-kata yang tidak sesuai dengan kaidah PUEBI dengan memasukkan formula-formula khusus seperti =Trim(), =Proper Case(), =Upper Case(), =Lower Case() dan =Len(). Serta masih banyak fitur-fitur lainnya yang dapat digunakan. Kira-kira selain ada tambahan fitur-fitur dalam Excel, kira-kira ada apa lagi ya manfaat dan kegunaan Microsoft Excel ini?


1. Fungsi Microsoft Excel 


Microsoft excel seringkali dikaitkan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan atau hitung-menghitung. Hal ini memang karena Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah angka. Kegunaannya Microsoft Excel dalam pekerjaan sehari-hari kita antara lain untuk melakukan perhitungan aritmatika dan statistika, membantu menyelesaikan soal-soal logika dan matematika, membuat berbagai macam grafik dan diagram, membuat catatan keuangan dan anggaran, menghitung dan mengelola investasi maupun pinjaman, melakukan konversi mata uang, melakukan analisa serta riset harga, membuat daftar hadir sekolah, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Manfaat Microsoft Excel


Pada bagian sebelumnya kita telah membahas mengenai fungsi atau kegunaan Microsoft Excel. Dengan fungsi-fungsi tersebut tentunya akan memberi manfaat kepada kita dalam berbagai bidang. Sebagai contoh pada bidang akuntansi, dengan Microsoft Excel kita dapat menghitung jumlah keuntungan dan kerugian suatu produk, menghitung upah atau gaji pegawai, dan lain-lain. Selain itu manfaat lainnya adalah dapat digunakan untuk menganalisis data statistik bahkan sampai pembuatan grafik dan diagram yang akan mempermudah untuk presentasi.


3. Belajar Excel


Wah, ternyata Microsoft Excel selain mudah digunakan dan mudah didapatkan ternyata memiliki banyak fungsi dan manfaat yaa. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua pekerjaan akan melibatkan penggunaan Microsoft Excel di dalamnya dikarenakan dapat meringankan pekerjaan kita serta menghemat waktu. Oleh karena itu sebagai generasi milenial jangan sampai saat ini kita belum bisa mengoperasikan Microsoft Excel ya karena untuk saat ini tidak ada alasan bagi kita untuk tidak belajar. Berbagai platform banyak menyediakan kursus online untuk Excel maupun software-software lainnya. Salah satunya adalah DQLab. Yuk, mulai belajar Excel dari sekarang!


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!