DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 0 Days 22 Jam : 32 Menit : 58 Detik

Belajar Excel : Kenali Function yang Banyak Digunakan di Dunia Kerja

Belajar Data Science di Rumah 20-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fa282fb39bf0b5962e2821861b9def2f_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Excel di era ini menjadi kewajiban bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia kerja. Microsoft Excel ini hampir menjadi standar dasar bagi hampir lowongan pekerjaan yang harus bisa dikuasai oleh kandidatnya, terutama pekerjaan di bidang Finance, Data, Marketing, dan bidang bidang lainnya. Hal ini karena tentunya semua sektor pasti melakukan proses penginputan data dari perusahaan secara berkala, sehingga setiap karyawan dituntut untuk mampu menguasainya.

Excel merupakan sebuah merupakan sebuah aplikasi yang berupa spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Di tahun 1998 ternyata Excel telah berhasil menjadi software spreadsheet yang populer dan diakui. Microsoft Excel digunakan untuk proses pengolahan angka, namun tak hanya itu karena Microsoft Excel juga memiliki banyak fitur dan fungsi lainnya. 

Berikut ini akan dijelaskan mengenai function yang banyak terpakai dalam dunia kerja, apa saja sih? Yuk, simak ulasannya!

1. Alasan Excel Masih Diminati Banyak Orang Hingga Saat Ini

Tentunya pasti ada alasan khusus mengapa Microsoft Excel yang telah menjadi software populer dan banyak digemari oleh semua kalangan sejak tahun 1998 tersebut masih mampu mempertahankan performa nya hingga hari ini. Ternyata Excel memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengorganisir data sehingga analisa akan dapat dilakukan lebih cepat serta dapat dipahami oleh banyak orang meskipun tidak berasal dari bidang data.

Selain itu, Excel juga memiliki function yang user friendly sehingga mudah diaplikasikan oleh pemula sekalipun. Function tersebut pada dasarnya juga dapat dijalankan dengan cara menjalankan formula. Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah karena Excel merupakan bagian dari Microsoft, maka software ini mampu terkoneksi dengan semua software yang berasal dari Microsoft. Selain itu, Excel juga tidak hanya dapat diakses menggunakan laptop, melainkan juga melalui perangkat lainnya seperti smartphone atau tablet.

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

2. Manfaatkan COUNT(), COUNTA(), COUNTBLANK() untuk Mengaudit Datamu

Jika selama ini kita hanya mengenal function COUNT() yang digunakan untuk menghitung cell yang berisi angka, maka sudah seharusnya kita juga mulai berkenalan dengan function COUNTA() dan COUNTBLANK(). Sama-sama merupakan function count, tapi kegunaannya ternyata berbeda loh. Function COUNTA() dalam Excel pada umumnya digunakan untuk menghitung jumlah sel yang memiliki data. Bedanya dengan COUNT() adalah pada COUNTA() dapat digunakan untuk menghitung segala jenis data, baik itu teks, angka, dll.

Nah, bagaimana dengan COUNTBLANK()? Sesuai dengan namanya yang artinya menghitung kosong, maka function ini bertujuan untuk menghitung cell yang tidak memiliki data. Fungsi count ini akan sangat bagus dan bermanfaat ketika kamu ingin mengaudit data mu sehingga tidak perlu mencari satu per satu lagi dimana data yang kosong. Membantu banget kan?

3. Gunakan HLOOKUP() dan VLOOKUP() untuk Melakukan Fungsi Pencarian

Nah, siapa sih yang belum pernah menggunakan fitur pencarian HLOOKUP() dan VLOOKUP()? Fitur ini akan sangat membantu dalam proses mencari data-data tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang kita miliki. Tentunya function ini sangat mampu untuk meringankan pekerjaan kita karena kita tidak perlu lagi menelusuri datanya satu per satu. Hal yang harus diingat adalah kita harus memiliki kata kunci yang terkait dengan hal yang ingin dicari.

Lalu apa bedanya sih HLOOKUP() dan VLOOKUP()? Meskipun sama-sama berfungsi untuk mengambil data yang sesuai dengan kata kunci, ternyata HLOOKUP() dan VLOOKUP() dibedakan di posisi datanya. Untuk data yang berbentuk horizontal, maka harus menggunakan function HLOOKUP(). Akan tetapi ketika datanya berbentuk vertikal, maka harus menggunakan function VLOOKUP(). Function tersebut tidak akan dapat memproses perintah jika posisi datanya tidak sesuai ketentuan di atas.

Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!

4. Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi masa kini! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

2. Akses module Introduction to Data Science

3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!