Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar Excel, Buat Visualisasi Data dengan Grafik yang Menarik

Belajar Data Science di Rumah 05-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/360163e87af6b614433816ac2f9af96b_x_Thumbnail800.jpg

Cara membuat grafik di excel tidak begitu sulit. Excel telah menyediakan fitur grafik dan chart yang mudah digunakan dengan berbagai variasi chart. Grafik merupakan penggambaran visual dari data di worksheet yang dapat memberikan informasi lebih banyak mengenai data yang akan disajikan. Grafik adalah teknologi canggih yang membantu kita untuk menampilkan data secara visual dalam berbagai bentuk, misalnya grafik batang, kolom, donat, pie, garis, area, scatterplot, radar, dan lainnya.


Selain digunakan untuk mengatur dan mengolah data, excel juga dapat digunakan untuk memvisualisasikan data yang penting untuk berbagai pekerjaan. Visualisasi data menggunakan chart atau grafik merupakan cara yang efektif untuk mengkomunikasikan informasi kepada pembaca dengan cepat. Grafik dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti mengidentifikasi pola dan trend yang ada pada data hingga mendeteksi adanya anomali atau pencilan. Kelebihan chart dan grafik pada excel adalah memiliki fitur modifikasi yang mudah sehingga kita bisa mengatur gaya chart dan grafik kita dengan mudah. 


Pertanyaannya, bagaimana cara membuat grafik dan memodifikasinya di excel? Pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat dan memodifikasi grafik excel agar lebih menarik. Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Pengertian Grafik

Sebelum kita membuat grafik, apakah kamu tahu apa itu grafik? Grafik adalah diagram matematika yang menunjukkan hubungan antara dua atau lebih set angka atau pengukuran. Grafik memiliki dua sumbu, yaitu garis yang melintas di sisi bawah dan sisi atas. Garis di sepanjang bagian bawah disebut sumbu horizontal atau sumbu X sedangkan garis di bagian atas disebut sumbu vertikal atau sumbu Y. Angka pada kedua sumbu tersebut bisa dimulai dari angka negatif maupun positif.

excel

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuat Grafik

Langkah pertama untuk membuat grafik adalah siapkan data yang akan kita gunakan. Pada kali ini kita akan coba membuat line chart atau grafik garis. Setelah data yang akan digunakan siap, kita bisa select semua data, termasuk nama kolomnya. Kemudian pilih menu insert dan cari simbol line chart pada kolom charts. Selanjutnya pilih line chart yang kamu inginkan. Foila! Line chart sudah jadi.

excel


3. Modifikasi Grafik

Sebenarnya grafik pada poin dua sudah jadi. Namun, kita bisa memodifikasi grafik tersebut agar lebih cantik dan berisi lebih banyak informasi. Kita bisa mengubah style grafik dengan cara klik sembarang pada area chart, lalu pilih menu design. Pada kolom chart style kita bisa mengubah style sesuai keinginan. Kita juga bisa mengganti tema warna dengan cara klik fitur change colors dan pilih warna tema yang sesuai. Kemudian, kita juga bisa menambahkan judul pada sumbu dan label data dengan cara klik icon tambah di samping chart lalu centang axis titles dan data labels.


4. Tips Visualisasi Data

Dalam visualisasi data, membuat grafik yang cantik saja tidak cukup. Kita juga perlu memperhatikan bagaimana cara menyampaikan seluruh informasi yang ada tetapi tidak berlebihan agar tetap enak dipandang mata. Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat visualisasi data yang baik namun tetap ‘enak’ dipandang mata. Pertama, buat grafik yang paling sesuai dengan jenis data. Kamu perlu mempelajari fungsi dari setiap grafik sehingga data yang tervisualisasi tepat. Untuk data time series, kamu bisa menggunakan line chart, untuk data kategorik kamu bisa menggunakan pie chart atau donut chart, dan lain sebagainya. 


Hal yang tidak kalah penting, kita harus memperhatikan tema warna yang akan digunakan. Jika dalam visualisasi data kita terdiri dari beberapa chart, maka akan lebih baik jika warna setiap grafik seragam atau menggunakan tema yang sama, misalnya tema neon, scandinavian, pastel, dan lain sebagainya. Kamu bisa melihat matching colors di internet dan menerapkannya pada grafik kamu.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk Belajar Visualisasi Data dengan Berbagai Tools

Selain excel, ada tools data science lain yang bisa digunakan untuk visualisasi data, yaitu R dan Python. Tertarik untuk belajar visualisasi data menggunakan dua bahasa pemrograman paling populer di dunia data science? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun secara terstruktur oleh expert di bidang data science sehingga setiap materi sudah disesuaikan dengan kebutuhan di dunia industri. Jika kamu seorang beginner, jangan khawatir, DQLab memiliki modul untuk semua tingkatan mulai dari basic hingga penerapan di dunia industri. Yuk akses modulnya dengan cara klik button di bawah ini! Setelah sign up kamu juga bisa menikmati modul gratis ‘Introduce to Data Science’ sebagai bekal untuk berkarir di industri data. Selamat belajar!



Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!