MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 7 Jam : 57 Menit : 58 Detik

Belajar Excel - Mengapa Excel Penting Untuk Analisis Data ?

Belajar Data Science di Rumah 05-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1e0c3559dad26f05c688add822e7c5ba_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet paling umum yang digunakan dan terinstall di PC. Selain digunakan untuk komputasi dasar, Excel juga menyediakan fitur canggih yang dapat membantu analisis data Anda. Oleh karena itu, jangan khawatir jika Anda belum memahami programming, karena Excel merupakan software yang relevan dan baik untuk mempelajari data. Memang benar ini bukan satu-satunya dan solusi yang sesuai untuk semua proyek data Anda, tetapi Excel dapat menjadi langkah awal untuk mulai berkenalan dengan bidang analisis data. 


Mulailah belajar hari ini dan jadilah pro Excel bersama DQLab ! Di bawah ini Anda dapat menemukan gambaran umum tiga alasan penting mengapa Anda wajib belajar Excel untuk membantu analisis data Anda. Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai.


1. Excel Tidak Hanya Untuk Membuat Tabel

Saat Anda bersekolah mungkin Anda sering menggunakan Excel untuk menggabungkan beberapa tabel angka atau menambahkan dua sel. Namun, Excel jauh lebih kompleks dari itu. Excel dapat melakukan fungsi matematika dasar hingga kompleks, seperti rumus dasar, fungsi Lookup untuk mencari nilai dalam tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai, serta fungsi IF yang dapat membantu Anda dalam menghasilkan nilai tertentu dari jika kondisi yang kita tentukan itu terpenuhi atau bernilai TRUE. Selain itu Excel juga dapat digunakan untuk membuat predeksi dan analisis data dengan fitur Analysis ToolPak.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membuat Visualisasi Data

Bukan hanya mengolah data, Anda dapat membuat kesimpulan dari data yang Anda punya dengan cara memvisualisasikannya ke dalam bentuk grafik atau pun pivot tabel. Pivot tabel merupakan cara interaktif yang dapat menampilkan ringkasan data dalam jumlah besar dalam waktu singkat seperti seperti sortasi, rata-rata, atau penjumlahan ke data pada tabel pertama, biasanya termasuk pengelompokan data. Selain membuat ringkasan dengan menggunakan Pivot tabel, kita juga dapat membuat ringkasan tersebut dalam bentuk grafik yang menarik. Caranya cukup dengan memilih rentang data yang ingin dibuat grafik klik tab Insert lalu pilih Chart yang kita inginkan, secara otomatis grafik akan terbentuk dan kita tinggal memilih beberapa style yang telah disediakan. 


3. Mudah dalam Proses Cleaning Data

Microsoft Excel memiliki fitur bawaan untuk melakukan cleaning data. Tapi sebelum melakukan cleaning data kita perlu melakukan sorting data terlebih dahulu, hal ini memungkinkan kita dapat melihat kesalahan pada data kita. Cara sorting data cukup mudah, dengan klik kanan pada cell yang ingin di sorting lalu pilih jenis Sort. Selanjutnya dengan melakukan remove duplicate data, Excel juga mendukung banyak opsi untuk menhapus data ganda. Kemudian ada fitur Find and Replace, dengan menggunakan fitur ini kita dapat bekerja relatif cepat dalam mencari dan mengganti data.


Baca juga : Rumus Excel : Kenali 3 Rumus Excel Ini Agar Dapat Mengolah Data Dalam Waktu Singkat!


 4. Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang !!!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri data yang sebenarnya! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module Introduction to Data Science

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

 

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!