GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 0 Menit 11 Detik 

Belajar Excel, Mengenal Perbedaan Microsoft Excel dan Google Spreadsheet

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b988750219502612641f1ddd04406e7e_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel menjadi salah satu software yang hingga kini masih tetap eksis di berbagai kalangan. Produk Microsoft yang diluncurkan pertama kali pada tahun 1985 ini merupakan aplikasi yang digunakan sebagai pengolah data secara otomatis melalui rumus, fungsi, perhitungan dasar, pembuatan tabel dan grafik, hingga manajemen data. Tak heran, jika Microsoft Excel digunakan hampir di seluruh sektor pekerjaan, baik perusahaan dan lembaga.


Dalam dunia data science, Microsoft Excel merupakan satu dari sekian banyak tools pengolah data yang dapat digunakan dalam menunjang aktivitas sebagai praktisi data. Ragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan membuatnya menjadi tools yang cocok untuk dipelajari bagi para pemula. Kali ini DQLab akan membahas sedikit tentang Microsoft Excel. Yuk,simak informasi berikut ini!


1. Kenapa Harus Belajar Microsoft Excel?

excel

Mempelajari Microsoft Excel menjadi modal utama yang nantinya bisa kamu gunakan di dalam dunia kerja. Sebab, hampir semua profesi menggunakan produk Microsoft yang satu ini, terutama mereka yang bekerja di bidang data, keuangan, marketing, serta bidang pekerjaan lainnya yang berkaitan dengan perencanaan budget dan pelaporan kinerja dengan penginputan data. Tak heran, jika ini disebut sebagai modal utama yang baik untuk kamu miliki.

Khususnya dalam dunia data science, Microsoft Excel menjadi tools yang mudah digunakan dalam proses analisis data melalui formula dan functionnya yang tidak serumit coding yang biasa ditemui di bahasa pemrograman seperti R dan Python. Selain itu, untuk kegunaan visualisai data, Microsoft Excel juga kerap digunakan berkat berbagai fitur di dalamnya. Salah satunya dengan menyediakan sejumlah chart yang bisa kamu gunakan untuk visualisasi data. Tanpa perlu coding, tinggal satu klik saja maka kamu bisa mendapatkan chart yang kamu inginkan.


Selain Microsoft Excel, dalam dunia pengolahan data juga ada yang dikenal dengan Google Spreadsheet. Pada dasarnya Google Spreadsheet tak jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan Microsoft Excel. Salah satu pembeda keduanya terletak pada basis aplikasinya, baik yang bersifat offline maupun online.   


2. Tim Microsoft Excel atau Tim Google Spreadsheet?

excel

Apakah kamu #TimExcel atau #TimSpreadsheet? Serupa tapi tak sama, yuk kenali terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari 2 tools pengolahan ini. Keduanya sama-sama membantu proses pengolahan data dan menghasilkan visualisasi data untuk mempermudah menyampaikan insight dari data dengan gaya “bercerita”. 

Microsoft Excel

  • Aplikasi berbasis offline sehingga Sahabat Data DQLab harus mendownload software tersebut dan berbayar.

  • File tersimpan dalam drive laptop atau OneDrive.

  • Tidak dapat berkolaborasi, hanya bisa dibuka di 1 perangkat saja sehingga bersifat individualis.

Google Spreadsheet

  • Aplikasi berbasis online dapat diakses dimana saja dan kapan saja, kunci utamanya perangkat kamu terhubung dengan sinyal Wifi.

  • File tersimpan di Google Drive sehingga jejak digitalnya bersifat life time.

  • Dapat dibuka bersamaan di 2 perangkat atau lebih, memudahkan kamu untuk melakukan proses pengolahan data secara bersamaan.


3. Kelebihan Microsoft Excel atau Google Spreadsheet

excel

Adapun kelebihan menggunakan Microsoft excel antara lain; 1) Saat kamu menggunakan Micorosft Excel kamu akan mendapatkan fungsionalitas tingkat lanjut; 2) Di excel juga memiliki ruang penyimpanan tak terbatas;  3) Mampu melakukan eksekusi dengan cepat; 4) Microsoft excel juga berisi lebih banyak opsi untuk visualisasi data. 

Tak kalah dengan microsoft excel, google spreadsheet juga memiliki beberapa fitur unggulan seperti; 1) Karena google spreadsheet berbasis online maka jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan excel karena dapat digunakan dimana saja dan kapan saja, hanya bermodalkan wifi; 2) File akan tersimpan di Google Drive sehiingga mengurangi beban hard drive; 3) Dapat digunakan untuk berkolaborasi sehingga memudahkan kamu untuk melakukan proses pengolahan data secara tim.


4. Kekurangan Microsoft Excel atau Google Spreadsheet

Karena tidak ada yang sempurna, dibalik kelebihan yang dimiliki microsoft excel adapula kekurangannya antara lain; 1) Karena excel adalah salah satu produk microsoft sehingga tidak sifatnya berbayar; 2) Dan karena tidak berbasis cloud oleh karena itu membuat penyimpanan internal berat dan menambah beban kerja RAM; Lain halnya dengan kekurangan yang dimiliki oleh google spreadsheet antara lain; 1) Fitur yang dimiliki masih kurang banyak; 2) Memerlukan koneksi internet


excel


Di era disruptif teknologi tidak memiliki background STEM bukanlah halangan yang berarti bagi kamu untuk belajar dan menambah skill baru khususnya seputar Data Science dan Data Analyst. Karena skill yang mumpuni lebih dipertimbangkan daripada gelar, untuk itu mulai bangun skill dan portofolio data yang mengagumkan melalui Data Analyst Career Track bersama DQLab


Tidak hanya bahasa pemrograman saya lho yang penting dikuasai, ternyata tools Ms.Excel juga tak kalah penting untuk di kuasai terutama untuk kamu yang saat ini berprofesi sebagai Admin. Ingin ukur kompetensi excelmu? Yuk, coba mini quiz DQLab. Caranya mudah, signup sekarang di DQLab.id lalu pilih menu Quiz.


Nikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif untuk jago Excel bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Platinum Excel. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!