[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 32 Menit 26 Detik 

Belajar Excel Susah dan Ribet? Intip Kelebihan dan Fungsinya Yuk

Belajar Data Science di Rumah 08-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6d2e2cee997c05cf3d2e7c91900a2ef0_x_Thumbnail800.png

Excel merupakan software dari Microsoft yang bisa membantu kamu untuk mengolah data secara otomatis, dari mulai data yang menggunakan perhitungan dasar sampai penggunaan fungsi yang lebih kompleks. Software ini sangat membantu kamu untuk mengolah, menganalisis, meringkas data,melakukan perhitungan seperti aritmatika ataupun matematika, membuat catatan keuangan dan anggaran serta banyak manfaat lainnya.


Jika mendengar kata Excel, banyak diantara kita sering merasa bahwa software satu ini sulit atau ribet untuk dikuasai karena berhubungan dengan data dan angka. Padahal, Excel tidak “Seribet” itu loh sahabat data. 


Agar lebih memacu semangat sahabat data untuk mempelajari Excel, DQLab akan memberikan informasi seputar fungsi Excel yang pastinya sangat berguna di industri data! Yuk, langsung simak artikel dibawah ini!


1. Membantu Melakukan Berbagai Perhitungan dan Pengolahan Data

Selain berfungsi untuk melakukan perhitungan sederhana, Excel juga bisa membantu kamu untuk melakukan perhitungan statistik yang rumit. Ada beberapa rumus perhitungan yang disediakan seperti Math & Trig untuk perhitungan matematika dan trigonometri. Selain itu, Excel memiliki berbagai fungsi didalamnya yang mampu membantumu untuk melakukan analisis data seperti fungsi Vlookup dan IF. Ada berbagai fungsi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk data-data sederhana seperti SUM, Average, Count, Min, Max dan sebagainya. Penyajian data yang sudah diolah menggunakan Excel juga menjadi lebih akurat dan rapi.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memvisualisasikan Data Dengan Tabel, Grafik hingga Diagram

Fungsi kedua yang disediakan di Excel adalah membuat grafik, tabel hingga diagram dengan cepat. Kamu bisa melakukan pekerjaan visualisasi data secara lebih ringkas dan efisien apabila menguasai tahapan dalam membuat ketiga hal tersebut. Dengan menggunakan grafik, tabel maupun diagram, kamu bisa melakukan penyajian dan mempresentasikan data menggunakan tools tersebut agar lebih mudah dipahami orang lain. Ada berbagai jenis grafik yang bisa kamu gunakan seperti Pie Chart, Line Chart, Column Chart, Bar Chart, Area Chart, Scatter dan sebagainya. Sahabat data juga bisa menambahkan warna pada tabel, grafik maupun diagram agar hasil visualisasi data lebih menarik.


3. Membuat Kesimpulan dan Cleaning Data

Dengan Excel, sahabat data juga bisa menggunakan fungsi pivot dan grafik untuk membuat kesimpulan. Tabel pivot pada Excel dapat kamu gunakan membuat tabel ringkasan yang terdiri dari rata-rata, total atau perhitungan lainnya sesuai dengan fitur referensimu. Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur untuk menghapus nilai duplikat dari tabel. Nilai duplikat yang akan dihapus pada tabel berasal dari kolom yang telah kamu pilih. Caranya hanya dengan memilih minimal dua kolom kemudian pilih menu Select Data, Go to Data Ribbon dan Remove Duplicates. Secara otomatis, data pada dua kolom yang memiliki kombinasi yang sama akan terhapus.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Excel Ga “Seribet” Itu Kok

Belajar Excel Ribet dan Susah? Jawabannya engga kok sahabat data!

Penting banget untuk sahabat data yang ingin belajar Excel agar tetap konsisten dan membuat list tentang apa yang ingin dipelajari pada Excel. Dengan begitu, kamu bisa melakukan proses atau langkah yang tepat untuk belajar. Kunci dari menguasai Excel adalah berani mencoba dan tetap konsisten dalam belajar. Kamu bisa belajar melalui sumber-sumber dari internet atau mengikuti kursus data online seperti DQLab. Jangan takut merasa ketinggalan dengan mereka yang telah lebih dulu mencicipi fungsi dan menguasai Excel ya sahabat data! Saat belajar dengan konsisten dan mengikuti langkah yang tepat, pasti kamu akan mengatakan “Ternyata, Excel ga seribet itu kok!”. Semangat Belajar Sahabat data!


5. Yuk, Belajar Excel Secara Fun, Aplikatif dan Praktis Bersama DQLab!

Bagi kamu yang ingin memulai karir di industri data, perlu banget untuk mempersiapkan kemampuan serta skill yang dibutuhkan loh!


Yuk, persiapkan diri dengan belajar Excel  bersama DQLab. Proses belajar akan lebih seru dan praktis dengan modul yang tersedia! Ada Mini Quiz juga loh yang bisa kamu akses secara GRATIS! Tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab.id dan nikmati pembelajaran Excel secara fun, praktis dan aplikatif!




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!