#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 1 Jam 9 Menit 19 Detik

Belajar Excel untuk Pemrograman Mikro (VBA)

Belajar Data Science di Rumah 10-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-08-2023-09-09-094958_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu alat yang paling sering digunakan di dunia bisnis untuk mengolah data serta menyajikannya dalam bentuk tabel, grafik, dan laporan. Excel bisa dikatakan sebagai skill paling minimal yang dibutuhkan oleh hampir semua posisi di berbagai industri, terutama untuk posisi yang berkaitan dengan data.


Hal ini didukung juga oleh berbagai fitur dan fungsi yang tersedia di Excel. Sehingga sangat wajar jika hampir semua lowongan pekerjaan mensyaratkan calon kandidatnya menguasai Excel.


Selain fitur dan fungsi yang umum digunakan, sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan Excel untuk pemrograman mikro atau yang dikenal dengan istilah VBA. Akan tetapi, hingga saat ini masih banyak pengguna Excel yang tidak menyadari potensi besar yang tersedia untuk mengotomatisasi tugas-tugas mereka dan meningkatkan produktivitas melalui pemrograman mikro tersebut.


Dalam artikel ini, kita akan coba membahas mengenai Excel VBA tersebut, sehingga para pembaca bisa menyadari betapa pentingnya fitur ini. Yuk, simak pembahasannya!


1.Apa Itu Excel VBA?

Excel


Sebelum masuk lebih dalam, kita bisa memulai dengan penjelasan mengenai VBA dalam Excel. VBA merupakan singkatan dari Visual Basic for Applications. Secara umum, VBA ini adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk ditanamkan dalam aplikasi Microsoft Office, termasuk Excel.


Dengan adanya VBA, kita bisa membuat skrip dan makro yang dapat mengotomatisasi berbagai tugas dalam Excel. Dengan begitu, kita bisa menghemat waktu dan mengurangi risiko terjadinya human error.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Dasar-Dasar Excel VBA

Excel


Selain pemahaman tentang apa itu VBA, kita juga perlu untuk mengenal konsep dasar dari VBA tersebut. Diantaranya adalah:

  • Variabel. Variabel ini dapat digunakan untuk menyimpan data dalam kode VBA. Sehingga kita perlu memahami cara mendeklarasikan dan menggunakannya.

  • Pernyataan Kondisional. Pernyataan kondisional seperti IF...THEN...ELSE menjadi salah satu statement yang sering digunakan untuk mengontrol alur program berdasarkan kondisi tertentu.

  • Loop. Loop seperti FOR...NEXT bisa bermanfaat untuk mengulangi tindakan tertentu berulang kali tanpa harus menulis ulang kode nya, misalnya seperti memproses semua sel dalam suatu rentang.

  • Objek Excel. Kita juga perlu memahami tentang objek-objek yang ada dalam Excel, misalnya seperti cell, sheet, dan workbook. Kita akan sering berinteraksi dengan objek-objek ini dalam kode VBA.


3. Menggunakan VBA untuk Tugas Mikro

Penggunaan VBA dalam pekerjaan kita bisa memberikan banyak manfaat, serta bisa meningkatkan produktivitas kita ketika menggunakan Excel:

  • Otomatisasi Data. Kita bisa membuat script VBA untuk mengimpor, mengolah, dan memformat data secara otomatis.

  • Pembuatan Laporan. Selain itu, kita juga dapat membuat laporan yang rumit dengan cepat, bahkan dari data yang besar dengan memanfaatkan VBA.

  • Formulir Kustom. Kerap kali kita membutuhkan formulir yang di custom agar bisa mempermudah proses pengolahan data. Dengan menggunakan VBA, kita busa membuat formulir input custom dalam Excel dengan mudah.

  • Solusi Khusus. Kita juga bisa mendapatkan solusi khusus yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing, dimana hal tersebut tidak akan mungkin bisa didapatkan dengan tools bawaan Excel.


4. Sumber Belajar

Excel

Excel VBA menjadi salah satu hal yang harus dikuasai oleh para praktisi data sehingga bisa mempermudah pekerjaannya. Materi Excel VBA ini bisa dikatakan sebagai materi level advanced karena sudah mulai melibatkan programming.


Namun tenang saja, kita bisa memulai perjalanan belajar kita dengan memanfaatkan banyak sumber, diantaranya adalah:

  • Tutorial Video. Saat ini media sosial yang berisi video bisa dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran gratis. Kita bisa mendapatkan banyak tutorial video tentang VBA di platform seperti YouTube, Tiktok, ataupun platform video lainnya. 

  • Kursus Daring. Kita bisa memanfaatkan platform kursus daring seperti Udemy dan Coursera yang menawarkan kursus yang lengkap tentang Excel VBA.

  • Buku. Ada banyak buku yang tersedia yang mendalam tentang Excel VBA, mulai dari tingkat beginner hingga tingkat advanced.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :