SAVETEMBER HEMAT MAKSIMAL! DISC. 95%
Belajar Data 6 Bulan HANYA Rp. 149K!
0 Hari 1 Jam 26 Menit 37 Detik

Belajar Excel untuk Programming Topik Macro atau VBA

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7a7f3e1b-d269-4339-b6f2-644307126984-2023-07-28-110009_x_Thumbnail800.jpeg

Mungkin diantara kalian masih asing dengan istilah macro excel. Istilah ini memiliki hubungan dengan Visual Basic for Application atau biasa disingkat dengan VBA. Nah, VBA ini adalah sebuah programming code yang bisa dibaca oleh manusia dan bisa diubah hasilnya pada saat menggunakan excel macro. Ketika kalian menjalankan program macro excel, code inilah yang dibaca oleh excel untuk memutar ulang tindakan yang ingin kalian ketahui hasilnya. Nah, VBA inilah yang digunakan untuk menulis macro untuk mengotomatiskan tugas-tugas sederhana dan juga kompleks yang ada di excel.


Para pengguna excel biasanya melakukan pekerjaan yang sama berulang kali. Ada beberapa pekerjaan kompleks yang bisa dikerjakan secara berulang-ulang seperti upload data ke situs web. Dengan menggunakan VBA, macro ini bisa diprogram untuk mengotomatiskan tugas serupa dengan mudah. Jika kalian masih bingung dengan VBA ini yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Pengertian VBA

VBA adalah singkatan dari Visual Basic for Application. VBA ini adalah turunan dari bahasa visual basic yang sudah dikembangkan oleh microsoft. Visual basic adalah turunan bahasa pemrograman BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code) yang sudah dikembangkan pada tahun 1963. VBA ini didesain untuk bisa bekerja diatas aplikasi lain. Aplikasi lain ini adalah office excel itu sendiri. Sehingga VBA tidak akan bisa berjalan tanpa adanya Excel. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuka VBA dengan Visual Basic Editor

Langkah yang pertama adalah membuka VBE atau Visual Basic Editor. VBE ini adalah salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk menyusun kode-kode VBA. Untuk membuka VBE di excel ini ada beberapa macam cara yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertama adalah kalian dapat membuka Tab Developer - Group Code - lalu pilihlah visual basic.

  • Setelah membuka Tab tersebut kalian dapat klik kanan pada nama sheetnya dalam sheets tab lalu pilih view code.

  • Setelah kalian sudah membuka VBE, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


3. Membuat Macro Pertama

Jika kalian sudah muncul tampilan seperti gambar yang sebelumnya, maka tugas kalian selanjutnya adalah menuliskan kode “Sub MacroPertama” pada main code window lalu kalian tekan ENTER. Nanti program tersebut akan otomatis ketika kalian menekan tombol ENTER, di bawah kode yang kalian buat nanti akan muncul teks “End Sub”. Ketika ditengah kode yang sudah kalian buat tadi kalian dapat menambahkan tulisan kode macro lainnya seperti berikut ini:

Untuk Kode VBA nya seperti berikut ini:

Sub MacroPertama()

    MsgBox "Sedang belajar macro VBA"

End Sub


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Menjalankan Macro Pertama

Setelah kalian membuat kode VBA nya langkah selanjutnya adalah melihat atau menjalankan hasil dari kode VBA yang sudah dibuat. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Klik pada bagian manapun pada bagian MacroPertama kalian

  • Langkah kedua adalah memilih menu Run–Run Sub/UserFrom

  • Setelah kalian memilih menu Run tersebut akan muncul pop up seperti gambar di bawah ini:


Gabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel untuk nikmati pengalaman belajar intensif yang seru dan menyenangkan! 






Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :