FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 1 Menit 38 Detik 

Belajar Fungsi Concat SQL dengan Trik Cara Mudahnya

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d3665b22354289feb186794210b7a343_x_Thumbnail800.jpg

Halo semua, apakah kalian pernah mendengar profesi data analyst? Profesi data analyst belakangan ini memang menjadi salah satu profesi yang cukup populer dan banyak diminati. Untuk menjadi seorang data analyst, kalian perlu menguasai bidang pengolahan data dan pengaksesan data. Salah satu bahasa pemrogramannya yang digunakan adalah SQL. SQL memiliki beberapa fungsi yang dapat digunakan baik yang bersifat numerik dan non numerik, diantaranya adalah concat sql.


Data merupakan komponen penting dalam penelitian. Adakalanya data yang didapatkan belum sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebagai contoh, data yang didapatkan masih terpisah-pisah dalam kolom yang berbeda. Kemudian kita ingin data yang berbeda kolom itu menjadi satu kolom yang tergabung. Namun, akan sangat menyulitkan jika kita harus menggabungnya secara satu persatu apalagi dalam jumlah data yang besar. Oleh karena itu disinilah peran fungsi concat SQL, kita cukup menuliskan syntax untuk menggabungkan antara dua kolom menjadi satu kolom.


1. Fungsi dalam SQL

SQL memiliki beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengaksesan data. Fungsi merupakan sub program yang dapat digunakan untuk mengerjakan suatu perintah tertentu, atau untuk melakukan operasi data dalam database. Dalam SQL, fungsi terbagi menjadi dua yaitu fungsi skalar dan fungsi agregat. Fungsi skalar digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal dari suatu nilai input. Adapun nilai agregat digunakan untuk melakukan perhitungan pada sekelompok nilai dan kemudian mengembalikan nilai tunggal.

sql


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi Skalar

Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi skalar  digunakan untuk mengembalikan nilai tunggal dari suatu nilai input yang diberikan. Fungsi skalar sendiri terbagi menjadi dua yaitu fungsi skalar matematika dan fungsi skalar text. Fungsi skalar matematika digunakan untuk suatu nilai yang bersifat numerik. Begitu pula sebaliknya, fungsi skalar text digunakan untuk suatu nilai yang bersifat non numerik. Contoh fungsi skalar matematika adalah abs(), ceiling(), floor(), round(), sqrt(), mod(), exp(), dan lainnya. Adapun contoh fungsi skalar text adalah concat(), spill_part(), substr(), trim(), upper(), lower(), dll.

sql


3. Fungsi Concat

Fungsi concat adalah salah satu fungsi text atau string yang sering digunakan dalam SQL. Fungsi ini berguna untuk menggabungkan dua atau lebih karakter menjadi satu string. Secara umum dan sederhana, untuk menggunakan fungsi concat kita cukup mengetikkan syntax berikut ini. 

sql


4. Contoh Penggunaan Fungsi Concat

Setelah mengetahui jenis-jenis fungsi dalam SQL dan khususnya adalah fungsi concat, untuk lebih memahaminya kita akan menampilkan contoh data berikut yang diberi nama tabel students

sql

Selanjutnya kita akan menggabungkan kolom FirstName dan LastName menjadi satu kolom yang bernama Name, maka kita cukup menuliskan syntax berikut ini

sql

maka output yang dihasilkan adalah berikut 

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Bagaimana, setelah mempelajari salah satu contoh penggunaan fungsi SQL sangat mudah bukan? Untuk menjadi seorang praktisi data profesional, masih banyak lagi macam fungsi yang perlu dipelajari. 


Kita bisa langsung belajar SQL dari dasar dan mengenal berbagai fungsinya di DQLab. DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama terkait perekrutan profesi data analyst baik sebagai pekerja tetap atau sebagai informasi magang.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :