PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 12 Menit 5 Detik 

Belajar Fungsi LEFT JOIN SQL bareng DQLab, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/31427e69191daf63a722543314073d74_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan bahasa pemrograman yang berhubungan langsung dengan database relational. SQL yang merupakan singkatan dari Structured Query Language menjadi bahasa standar yang dapat digunakan untuk mengakses database.


Meskipun tools untuk mengakses database cukup banyak (yang disebabkan karena berbeda vendor), namun secara garis besar mereka tetap menggunakan bahasa komunikasi yang sama, yaitu SQL. Fun fact nya, kualifikasi yang diberikan oleh perusahaan untuk mengisi posisi data adalah harus memiliki pemahaman yang kuat akan bahasa ini.


Salah satu fungsi yang harus dikuasai dalam SQL adalah fungsi penggabungan atau join. Tidak jarang dalam pekerjaannya, seorang praktisi data membutuhkan lebih dari satu tabel agar bisa menjawab permasalahan yang ada. Nah, agar bisa menggunakan lebih dari satu tabel, maka dibutuhkanlah fungsi join ini. Salah satu fungsi join yang sering digunakan adalah LEFT JOIN.


Wah, apa lagi tuh? Dalam artikel ini, kita akan banyak membahas mengenai fungsi LEFT JOIN. Agar tidak penasaran, simak artikelnya yuk!


1. Fungsi Join SQL

sql

Apa sih join itu? Pada dasarnya, jika diartikan secara harfiah maka join akan berarti menggabungkan. Apa yang mau digabungkan? Nah, dalam hal ini kita sedang membicarakan tabel-tabel yang ada dalam database. Setiap tabel umumnya akan berisi tentang satu jenis data saja, misalnya hanya berisi tentang penjualan. Kemudian untuk data customer akan berada di tabel lainnya.


Nah, misalkan kita sedang ingin melihat customer yang paling banyak melakukan pembelian, maka kita harus menggabungkan kedua tabel tersebut terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan fungsi join, kita bisa menggabungkan tabel manapun, selama kedua tabel tersebut memiliki kata kunci yang sama.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. LEFT JOIN di SQL

sql

Sebenarnya, join yang ada di SQL bisa dibagi lagi menjadi beberapa beberapa kelompok, salah satunya adalah LEFT JOIN. Pembeda antara fungsi join yang ada adalah cara untuk menggabungkan datanya. Pada fungsi LEFT JOIN, kita akan menggabungkan data ke kiri (sesuai dengan namanya), dimana semua data dari tabel pertama akan diambil semua, sementara untuk data tabel kedua akan mengikuti data yang sama dengan tabel pertama.


Nah, agar lebih jelas, kamu harus membaca pembahasan mengenai contoh penggunaan fungsi left join yang akan dibahas setelah ini. Stay tune ya!


3. Contoh Penggunaan LEFT JOIN

Misalkan kita memiliki 2 table, yaitu table orders dan table customer. Untuk mencari customer mana yang melakukan pembelian yang terbanyak maka kita harus melakukan join table. Kali ini kita akan menggunakan LEFT JOIN dengan Customer ID sebagai kata kuncinya.

Table Orders:

sql

Table Customers:

sql

Kita bisa menggunakan query berikut ini:

SELECT Orders.OrderID, Customers.CustomerName
FROM Customers
LEFT JOIN Orders
ON Customers.CustomerID=Orders.CustomerID
ORDER BY Customers.CustomerName;

Sehingga hasil yang didapatkan adalah:

sql

Untuk data Customer ID 5, tidak ada data Customer Name nya sehingga karena ini menggunakan left join, maka data order ID akan tetap muncul, hanya saja untuk Customer Name yang tidak ada di tabel kedua akan diisi dengan Null.


4. Belajar JOIN Menggunakan Modul SQL DQLab

sql

Salah satu modul yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar fungsi JOIN di DQLab adalah modul yang berjudul œFundamental SQL Using INNER JOIN and UNION. Dalam modul ini kamu akan diajari cara menggabungkan relasi tabel tanpa menggunakan fungsi join.


Setelah itu, kamu juga akan diajari cara menggunakan fungsi JOIN khususnya INNER JOIN dan juga UNION. Tidak hanya materi saja, disini juga disediakan mini project untuk mengukur sudah sejauh mana hasil belajarmu.


Selain modul ini, kamu juga bisa mempelajari modul SQL lainnya yang disediakan oleh DQLab agar ilmumu tentang SQL semakin lengkap.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Selain fungsi Join, kamu bisa mulai mengeksplorasi hal-hal fundamental lainnya yang ada di SQL seperti penggunaan GROUP BY, ORDER BY, HAVING, dan masih banyak lagi. DQLab bisa menjadi pilihan tempat belajar SQL dan juga bahasa pemrograman lainnya. Ada banyak modul SQL yang disediakan oleh DQLab untuk member premium, mulai dari level beginner. 


Setiap materi akan disajikan menggunakan bahasa Indonesia, serta dikemas dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti. Selain itu, DQLab juga sering mengadakan webinar yang bertemakan Data Science, dan biasanya akan gratis untuk membernya. Tunggu apa lagi, yuk daftar dirimu menjadi member DQLab sekarang juga dan nikmati berbagai fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :