MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 18 Menit : 21 Detik

Mau Belajar Menjadi Data Scientist? Yuk Kenali Rolenya

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cb213ea046246db2270076ba222e9f63_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu dari berbagai cabang. Sebagian besar orang mengaitkan data science dengan analisis data, machine learning, transformasi data, dan lain sebagainya. Peran data scientist yang luas dan perbedaan tugas di satu perusahaan dengan perusahaan lain membuat perspektif orang mengenai data scientist berbeda-beda. Pada dasarnya, data scientist bisa dipelajari oleh siapa saja. Bahkan di era serba digital seperti saat ini, semua orang dari bermacam-macam background pendidikan dapat mempelajari data science tanpa harus keluar rumah. Kini hanya bermodalkan internet dan gadget, setiap orang dapat mengakses kursus data science dengan mudah dan praktis. Perkembangan teknologi pun mempengaruhi proses belajar, jika dulu kita membutuhkan buku fisik untuk belajar, saat ini hanya dengan membuka gadget kita bisa membaca buku apapun. 

Memasuki era revolusi industri 4.0 seperti saat ini, data merupakan komoditas utama yang bisa didapatkan secara cuma-cuma dari berbagai sumber. Kemajuan teknologi mendorong banyak perusahaan mulai memanfaatkan data untuk menunjang kinerja operasional dan karyawannya. Peningkatan produksi data ini menyebabkan berkembangnya satu profesi baru yaitu data scientist. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengekstrak kumpulan data baik yang terstruktur maupun yang tidak terstruktur menjadi informasi yang bermanfaat dan dapat mendorong pemilihan kebijakan yang harus diambil oleh perusahaan. Hal ini membuat banyak perusahaan mulai merekrut data scientist dan meningkatkan lapangan pekerjaan, bahkan perusahaan bersedia membayar mahal jasa para data scientist. Tak heran jika profesi ini mulai dilirik oleh banyak orang. Pertanyaannya, dengan job desk dan tanggung jawab yang besar, bagaimana cara belajar menjadi data scientist profesional? apa yang harus dilakukan jika seseorang ingin memulai karir menjadi data scientist? Kali ini DQLab akan memberikan tips bagaimana cara belajar menjadi data scientist. Penasaran? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Peran Data Scientist

Sebelum belajar bagaimana cara menjadi seorang data scientist, kamu harus mengenal dulu apa itu data scientist, role dan tanggung jawabnya. Tak kenal maka tak sayang, kan? Dasarnya, data scientist adalah gabungan cabang ilmu matematika, statistika, dan ilmu komputer. Data science sendiri merupakan ilmu mengenai pengembangan, eksplorasi dan turunan dari data. Ilmu ini berfokus pada penggunaan teknik matematika dan algoritma untuk memecahkan beberapa masalah bisnis yang paling analitis dan  kompleks. Data scientist memanfaatkan sekumpulan data mentah untuk mencari tahu informasi tersembunyi yang impactful bagi perusahaan. Selain itu, data scientist juga harus mengkomunikasikan temuan mereka secara lisan dan visual kepada direksi atau eksekutif perusahaan yang mungkin tidak memahami teori statistik. Jadi, data scientist harus menjadi komunikator yang handal. 

Seorang data scientist bekerja dengan berbagai macam data, mulai dari data terstruktur hingga data tidak terstruktur seperti data gambar, video, audio, dan lain sebagainya. Terkadang, data scientist juga bisa menggunakan dan mengekstrak data dari database perusahaan, menyiapkan data untuk berbagai analisis, membangun dan menguji model statistik, atau membuat laporan yang mencakup visualisasi data yang mudah dipahami. Secara garis besar, tahapan kerja yang dilakukan oleh seorang data scientist dimulai dengan pengumpulan data mempersiapkan data, melakukan analisis data eksplorasi (EDA), mengevaluasi dan menafsirkan hasil EDA, membuat model, menguji model, menerapkan model, dan yang terakhir pengoptimalan model. Meskipun peran dan pekerjaan seorang data scientist di setiap perusahaan berbeda, namun secara umum peran seorang data scientist adalah mengumpulkan data dalam jumlah besar dan mengubahnya agar dapat analisis, memecahkan masalah terkait bisnis menggunakan teknik dan alat berbasis data, menggunakan berbagai bahasa pemrograman untuk proses pengumpulan dan analisis data, mengidentifikasi pola dan tren data dan menawarkan rencana untuk melaksanakan perbaikan, analisis prediktif, berkontribusi pada arsitektur data mining, standar pemodelan, pelaporan dan metodologi analisis data, menciptakan algoritma baru untuk memecahkan masalah dan membangun alat analisis.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Belajar Memahami Pertanyaan dalam Bisnis dan Membuat Rencana Teknisnya

Setelah memahami role dan tanggung jawab seorang data scientist, saatnya kita menyelami bagaimana belajar menjadi data scientist. Langkah pertama, mulailah belajar dan membuat pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis. Contoh pertanyaan dalam dunia bisnis adalah

  • Apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan?

  • Apa yang harus kita lakukan dan metode apa yang bisa kita gunakan?

  • Bagaimana cara membuktikan metode tersebut?

  • Apakah kita harus menggunakan prediksi atau model lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?

Kamu bisa menggunakan beberapa pertanyaan tersebut sebagai rumusan masalah. Setelah berhasil membuat rumusan masalah, langkah selanjutnya adalah membuat rencana atau planning teknisnya. Berikut ini merupakan contoh rencana teknis yang bisa kamu tiru

  • Apakah datanya sudah tersedia dan seberapa bersih data tersebut?

  • Tools apa yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah ini?

  • Jika ada banyak teknik, maka teknik mana yang paling baik dan paling optimal?

Setelah belajar membuat rencana teknis, maka kamu sudah belajar setengah jalan menjadi seorang data scientist. 

3. Mulai Mengerjakan Project dan Belajar Mempresentasikan Hasilnya

Setelah belajar membuat rumusan masalah dan rencana teknisnya, sekarang saatnya untuk eksekusi. Kamu bisa mulai belajar menjadi data scientist dengan menerapkan teori yang telah kamu pelajari pada kasus nyata. Kamu bisa menggunakan data dari internet dan kamu aplikasikan ke software database seperti MySQL. Setelah bisa mengoperasikan software database, saatnya kamu mulai mempelajari software data science. Ada bermacam-macam software open source yang bisa kamu gunakan, misalnya R dan Python. Kedua software ini cukup powerful dan banyak digunakan oleh data scientist profesional. Kamu bisa mulai mengeksplorasi library dan packages yang telah disediakan oleh software tersebut. Setelah berhasil mengolah data, maka kamu bisa mulai belajar mempresentasikan hasil analisismu. Cara belajar paling mudah adalah dengan presentasi sendiri di depan kaca sehingga kamu tahu bagaimana mimik wajah dan gestur yang tepat untuk meyakinkan orang lain. Selain itu, kamu bisa mengajak teman terdekat sebagai audien saat kamu presentasi. Hal ini akan memupuk rasa percaya dirimu.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk, Mulai Belajar Data Science bersama DQLab secara GRATIS!

Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menguasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi! Sign up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab!

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  4. Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!


Penulis: Galuh Nurvinda Kurniawati

Editor: Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!